TANBIHUN ONLINE

Tips Agar Semangat Belajar

 Breaking News
  • May Day 2015 Buruh Wacanakan Pembentukan Partai Tanbihun.com- Pengusaha dan Buruh adalah dua sisi keping mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Buruh butuh pengusaha dan pengusaha butuh buruh. Tapi dalam perjalanan waktu sering buruh tidak setara dan...
  • Mary Jane Ditunda Eksekusinya, Bagaimana Penundaan Hukuman Ini Menurut Islam? Tanbihun.com- “Eksekusi Mary Jane ditunda” ujar Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana saat dihubungi, Rabu (29/4/2015). Keputusan ini diambil setelah Presiden Filipina menelpon Presiden Jokowi, bahwa perekrut Mary Jane telah menyerahkan diri...
  • Keistimewaan Senior Atas Yunior “Qod Yuujadu fil Mafdhuul Maa Laa Yuujadu Fil Faadhil” (Kadang ditemukan keistimewaan bagi yunior yang tidak ada bagi senior) Tanbihun.com- Kaidah ini yg digunakan menjawab ulama ketika ditanya: mengapa Isa...
  • Petunjuk Nabi saw Tentang Konflik Yaman (antara hijrah dan iqomah) Tanbihun.com- al iimaanu Yamaanun wal hikmatu Yamaniyyatun, Yaman adalah poros dan gambaran kuatnya iman dan hikmah.. Hingga Nabi saw pun menegaskannya Ditengah konflik perang “saudara seislam”, banyak ijtihad ulama dalam...
  • Kartini apa ‘Aisyah? Tanbihun.com- Jika Kartini dianggap mendobrak kejumudan berpikir wanita, Aisyah yg jauh-jauh hari melawan mainstream Jahiliah yang mendiskreditkan wanita. sampai beliau mengatakan: وقالت عائشة نعم النساء نساء الأنصار لم يمنعهن الحياء...
December 01
13:51 2009

Motivasi belajar setiap tidaklah sama, tergantung dari apa yang diinginkan orang yang bersangkutan. Tapi gimana yah cara agar semangat belajar nggak mengendur?

Sebenarnya stimulus motivasi belajar
Terdapat 2 faktor yang membuat seseorang dapat termotivasi untuk belajar, yaitu:

* Pertama, motivasi belajar berasal dari faktor internal. Motivasi ini terbentuk karena kesadaran diri atas pemahaman betapa pentingnya belajar untuk mengembangkan dirinya dan bekal untuk menjalani kehidupan.
* Kedua, motivasi belajar dari faktor eksternal, yaitu dapat berupa rangsangan dari orang lain, atau lingkungan sekitarnya yang dapat memengaruhi psikologis orang yang bersangkutan.

Tips-tips meningkatkan motivasi belajar
Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu, agar diri kita atau siapa pun juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapat termotivasi.

Yuk, ikuti tips-tips berikut untuk meningkatkan motivasi belajar kita:

Bergaul dengan orang yang giat belajar
Pernah dengar kan analogi orang yang berteman dengan tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita pun turut terciprat bau bakaran besi, dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita pun akan terciprat harumnya minyak wangi. Kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita

Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar.
Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah prestasi.

Belajar apapun
Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain lain-lainnya.

Belajar dari internet
Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Salah satu milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri. Sebagai contoh, jika ingin termotivasi untuk belajar bahasa Inggris, kita bisa masuk ke milis Free-English-Course@yahoogroups.com.

Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif
Di dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah merudung. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, dan sebaliknya.

Cari motivator
Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: teman, pacar, ataupun pasangan hidup. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahakan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi. Di ambil dari Bergaul.com

Artikel Terkait

36 Comments

  1. ponkliklik
    ponkliklik August 23, 07:49

    q ingin terus blajar.

    Reply to this comment
  2. baggos
    baggos September 25, 20:38

    belajarlah sampai mati,-sampai ajal menjemput,-

    Reply to this comment
  3. dzicky
    dzicky October 30, 10:21

    sangat bagusss untuk meningkatkan semangat BELAJAR………..
     

    Reply to this comment
  4. Faldi
    Faldi February 08, 14:48

    ku hanya ingin bisa mengerjakan setiap soal yang guru tugas kan pd ku……….

    Reply to this comment
  5. van-lie
    van-lie March 13, 21:39

    ku ingin meningkat kan prestasi ku

    Reply to this comment
  6. rizal
    rizal March 25, 20:22

    izin copas , artikelnya bgus2….

    Reply to this comment
  7. Yani Autopia
    Yani Autopia March 26, 20:52

    Artikel’a bagus, semoga semangat belajarku dpt kembali seperti dulu

    Reply to this comment
  8. upin
    upin April 12, 08:51

    aq ingin menguasai b.inggris apakah aq bisa?

    Reply to this comment
  9. esa fauziah
    esa fauziah April 29, 18:55

    permisi… selain itu ada lagi ga ???

    Reply to this comment
  10. Qurays
    Qurays May 20, 10:19

    Kan kita g pux facar .trus kalo tmanx g mendukung gmana???

    Reply to this comment
  11. Blogaul
    Blogaul July 30, 08:29

    Sangat bermanfaat sekali. Terima kasih sob..

    Reply to this comment
  12. Widya susanti
    Widya susanti August 09, 18:01

    Artikel xg bgus,,dg mmbca artikel ini mdah2.n semngat q utk bljar kmbli sperti dlu lge,,

    Reply to this comment
  13. huda
    huda September 01, 16:15

    semua akan hilang saat kita mati nanti.blajar penting tapi akhirat sangat penting.

    Reply to this comment
  14. bprasojo
    bprasojo September 08, 18:35

    tetp blajar untuk mnjadi mnusia yng brguna dan terbaik………………….

    Reply to this comment
  15. moch ilham cahya
    moch ilham cahya September 26, 20:25

    aku pingin tetap semangat belajar.

    Reply to this comment
  16. Nhurul UnyuUNYU JHA
    Nhurul UnyuUNYU JHA October 14, 21:54

    Makasich Xa..

    Reply to this comment
  17. sri wahyuni@
    sri wahyuni@ October 15, 18:10

    thanks,berguna banget for me

    Reply to this comment
  18. Arisetiawan
    Arisetiawan October 30, 14:34

    Thanks ea tips y smoga brmafaat dri sndri

    Reply to this comment
  19. askan
    askan November 12, 15:01

    Acung jempol aja lah

    Reply to this comment
  20. Immanuel sinaga
    Immanuel sinaga November 17, 06:55

    wah,,bagus juga tips nya ya
    saya ingin merubah pola belajar saya,, semakin lama saya semakin malas dan menurunnya tingkat belajar saya
    -__-

    Reply to this comment
  21. maulana
    maulana November 26, 05:16

    tips yang membatu sekali trima kasih pak.

    Reply to this comment
  22. fafa
    fafa December 06, 19:25

    bagus banget infonya

    Reply to this comment
  23. bayu
    bayu December 19, 06:26

    Bagaimana jika ketertarikanakan belajar mulai mengurang ?

    Reply to this comment
  24. Faisal
    Faisal December 22, 11:22

    ya lumayan lah buat nambah2 ilmu hehe
    terimakasih

    Reply to this comment
  25. sintiae
    sintiae January 12, 02:01

    Q ingin memetik bintang-bintang yang bertaburan dilangit dan mempersembahkannya untk orang yang q sayangi…….

    Reply to this comment
  26. :)
    :) April 09, 21:39

    Misalnya si A giat, lalu si B berusaha menjadi sahabat si A. agar si B itu bisa giat belajar.
    Pertanyaan saya ” Apakah nanti si A tetap giat atau malas????”

    Reply to this comment
    • Rifai Ahmad
      Rifai Ahmad Author April 10, 11:41

      dalam teori motivasi..dikenal motivasi internal dan eksternal..motivasi internal ini yg paling berpengaruh, sementara motivasi eksternal sedikit pengaruhnya…dan memilih teman itu tergolong dr motivasi eksternal..so tergantung apakah dg adanya kawan yg rajin tersebut, motivasi internalnya ikut terpacu ataukah tdk sama sekali…

      Reply to this comment
  27. Nuasnurasiiah
    Nuasnurasiiah September 25, 16:20

    Hmm kadang yang gak bisa dihilangkan yaitu rasa malas.a

    Reply to this comment
  28. Gilank
    Gilank November 22, 16:53

    Knpa aku slalu memikirkan hal2 aneh seperti.. Seperti apakah wujud rabb ku.. Dan seperti apakah wujud nabiku itu… Knp pkiran itu slalu ada di otakku… Adakah aku salah bila memikrkan itu???

    Reply to this comment
  29. dwierfanni
    dwierfanni January 20, 21:18

    semangat belajar (y)

    Reply to this comment

Write a Comment

Latest Comments

Maaf, link downloadnya koq kosong. keterangannya file deleted.. . ...