Niat Puasa Sebulan Penuh,Niatnya Pada Malam Awal Ramadhan,Puasanya Sah Tidak?

Hosting Unlimited Indonesia


Tanbihun – Judulnya panjang banget ya? maksudnya, pada malam pertama (tanggal 1 ramadhan) kita niat puasa sebulan penuh,misalnya dalam hati niat “Aku berniat puasa sebulan penuh menunaikan kewajiban Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala “. Apakah niat yang demikian ini sah?

Sebelum itu kita harus tahu, bahwa niat berpuasa pada malam hari adalah wajib, karena termasuk rukun puasa, silahkan baca : Rukun Dan Batalnya Puasa. Dan tempatnya niat itu didalam hati. Maka tidak sah niat yang sebatas diucapkan dilisan sementara hatinya kosong. Niat juga tidak diharuskan dengan bahasa arab, dengan bahasa sehari-hari kita juga sudah sah.

Niat Harus Tiap-tiap Malamnya

Menurut qaul mu’tamad (pendapat yang kuat), niat puasa itu harus diniatkan pada tiap-tiap malam dibulan ramadhan. Sesuai sabda Nabi SAW :

ﻗﺎﻞ ﺭﺴﻮﻞ ﺍﻟﻟﻪ ﺼﻟﻰ ﺍﻟﻟﻪ ﻋﻟﻴﻪ ﻮﺴﻟﻢ : ﻤﻦ ﻟﻡ ﻴﺑﻴﺕ ﺍﻟﺼﻴﺎﻢ ﻗﺑﻞﺍﻟﻔﺠﺮ ﻔﻼ ﺼﻴﺎﻢ ﻟﻪ . ﺮﻭﺍﻩﺍﻟﺨﻤﺴﺔ

“Barang siapa yang tidak niat pada malam itu sebelum fajar, maka tidak ada puasa baginya”. (H.R. Imam yang lima).

Niat Puasa Cukup 1 Kali

Adapun pendapat yang membolehkan niat di malam awal ramadhan adalah pendapat Iman Ahmad Bin hanbal, seperti keterangan dalam kitab subulussalam II halaman 153 :

ﻗﺎﻞ ﺭﺴﻮﻞ ﺍﻟﻟﻪ ﺼﻟﻰ ﺍﻟﻟﻪ ﻋﻟﻴﻪ ﻮﺴﻟﻢ : ﻤﻦ ﻟﻡ ﻴﺑﻴﺕ ﺍﻟﺼﻴﺎﻢ ﻗﺑﻞﺍﻟﻔﺠﺮ ﻔﻼ ﺼﻴﺎﻢ ﻟﻪ . ﺮﻭﺍﻩﺍﻟﺨﻤﺴﺔ

ﻭﻟﻪ (ﺃﻱ ﻷﺤﻤﺪ) ﻗﻭﻞ ﺍﻨﻪ ﺇﺫﺍ ﻨﻭﻯ ﻤﻦ ﺃﻭﻝ ﺍﻟﺷﻬﺮ ﺘﺠﺰﺌﻪ ﻭﻘﻭﻯ ﻫﺫﺍ ﺍﻟﻗﻭﻞ ﺍﺑﻦ ﻋﻗﻴﻝ ﺑﺄﻨﻪ ﺼﻠﻰ ﺍﻠﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺴﻟﻡ ﻗﺎﻞ : ﻟﻜﻝ ﺍﻤﺮﺉ ﻤﺎ ﻧﻭﻰ ﻮﻫﺬﺍ ﻗﺪ ﻧﻮﻯ ﺠﻤﻴﻊ ﺍﻟﺸﻬﻭﺮ ﻮﻷﻦ ﺮﻤﺿﺎﻦ ﺑﻤﻧﺯﻟﺔ ﺍﻟﻌﺑﺎﺪﺓ ﺍﻟﻭﺍﺤﺓ

 وا الله اعلم

1 Comment on Niat Puasa Sebulan Penuh,Niatnya Pada Malam Awal Ramadhan,Puasanya Sah Tidak?

  1. ..Al-Allamah Shalih bin Fauzan Al-Fauzan hafidzahullahSoal Seringkali saya berpuasa tanpa niat sebelumnya pada permulaan puasa. Ataukah cukup dgn hanya berniat pada awal bulan ?Jawab Puasa dan amal-amal ibadah lainnnya harus dikerjakan dgn niat. Rasulullah shollallahu alaihi wa sallam bersabda Sesungguhnya amal-amal ibadah itu bergantung kepada niat.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*