TANBIHUN ONLINE

Pembagian Hukum Syara’

 Breaking News
  • Pengajian Bab Nikah ...
  • Video: Rebana Sifate Murid ...
  • Sesungguhnya Do’a-Do’a Yang Dipanjatkan Pada 5 Malam Ini Akan Di Kabulkan Oleh Alloh SWT Tanbihun.com- Selamat datang Bulan Mulia (haram) Rojab 1436 H. وقال الإمام الشافعي رضي الله عنه: “بلغنا أنه كان يقال: إن الدعاء يُستجاب في خمس ليال: في ليلة الجمعة، وليلة الأضحى،...
  • Inilah Do’a Malam 1 Rojab (Lengkap) Doa Syeikh Abdul Qodir Al-Jilani radhiyallaahu ‘anhu إِلَهِيْ تَعَرَّضَ لَكَ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ الْمُتَعَرِّضُوْنَ، وَقَصَدَكَ الْقَاصِدُوْنَ، وَأَمَّلَ فَضْلَكَ وَمَعْرُوْفَكَ الطَّالِبُوْنَ؛ وَلَكَ فِيْ هَذِهِ اللَّيْلَةِ نَفَحَاتٌ وَجَوَائِزُ، وَعَطَايَا وَمَوَاهِبُ، تَمُنُّ بِهَا...
  • Kisah Kang Santri (True Story Bag.2) TANBIHUN.COM- Setahun berselang aku pulang ke rumah. Kisahnya berawal ketika aku menelpon salah satu saudaraku di Jakarta, lalu saudaraku itu memberikan nomer telponku kepada ayahku Allohu yarhamuh. Girang luar biasa...
April 21
16:16 2011

Tanbihun – Pembagian hukum Syara’ ada tujuh macam, yaitu wajib,sunnah, haram, makruh, dan mubah. sebagaimana telah di jelaskan dalam makalah sebelumya dengan judul Devinisi Wajib,Sunnah,Haram,Makruh,dan Mubah. kelima bagian tersebut di namakan Ahkamul Khamsah.

Sedangkan dua perkara lainya yaitu :

  1. Shahih atau Shah ialah suatu perbuatan yang di kerjakan sesuai dengan tuntunan Syari’at, yakni memenuhi Standar Syarat dan Rukunya, serta tidak melanggar sifat sifat yang membatalkan.

  2. Bathal ialah suatu perbuatan yang di kerjakan tanpa memenuhi tuntunan Syari’at, di karenakan cacat Rukun maupun Syarat pekerja’anya tersebut.

 

Hukum-Hukum Wadla’

Ahkamul Khamsah adalah Hukum Taklif. jika masing masing hukum ini tetap menempati posisi dan status semula, akan tetapi ketika telah terjadi perubahan perubahan sesuai dengan sesuatu yang melatarbelakanginya, maka di sebut hukum Wadla’.

Pengertian hukum Wadla’ dapat di ketahui dengan tiga perkara :

  1. Sebab, ialah suatu perkara yang dapat menjadikan sebab terjadinya ketetapan suatu hukum, atau sebaliknya gugurnya suatu hukum. contohnya seperti hukum wajibnya Sholat Dzuhur di nisbatkan dengan masuknya waktu, yakni sebab bergesernya matahari.

  2. Syarat, ialah suatu perkara yang menjadi syarat terwujudnya suatu ketetapan hukum, atau sebaliknya hukum tersebut menjadi gugur karena Syarat tersebut tidak terpenuhi. contohnya seperti Berakal itu menjadi Syaratnya Sholat, Baligh itu menjadi Syarat kewajiban puasa dan seterusnya.

  3. Mani’, ialah suatu perkara yang menjadi terhalangnya suatu ketetapan hukum, atau sebaliknya menjadi ketetapan hukum, apabila halangan itu sudah tidak ada. seperti puasa romadhon bagi Perempuan menjadi tidak sah karena terhalang Haidh.

 

Tags
Share

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Latest Comments

Maaf, link downloadnya koq kosong. keterangannya file deleted.. . ...

ya ditunggu,semoga tidak lupa ..... hehehhe.... :) ...

menunggu sambungannya :) ...