Sholat Dengan Pakaian Bergambar

Hosting Unlimited Indonesia


Seperti biasa pengajian fiqih yang aku bina selalu ramai pengunjung dan dibanjiri dengan pertanyaan-pertanyaan yang menggelitik namun tajam. Salah satunya ketika sedang membahas shifat sholat…tiba-tiba seorang bapak yang dari tadi melongo..( mungkin terkesima kali dengan uraian-uraianku atau malah ngga paham sama sekali..hehehe ) langsung tunjuk jari.Padahal termin pertanyaan masih 15 menit lagi makanya dengan halus akupun berkata,” Maaf pak, nanyanya ntar aja…habis pembahasan ya..biar enak !!!,” Kataku sambil tersenyum. ” Walah keburu lupa mas Ustadz..wong nanyanya gampang kok…” Protes bapak itu dengan lugu. ” Ya udah ..silahkan !!!” Jawabku ngalah.

” Gini pak…!!! saya pernah sholat di suatu masjid…eee..di depan saya ada orang pake kaos gambarnya cewek bule yang bajunya ngga genap…saya jadi ngga konsentrasi kan mas…emang gimana sih mas hukumnya orang sholat pake baju-baju bergambar kayak gitu..?’ tanya bapak itu kemudian.

“ehmmm…gini pak, sholat memakai pakaian yang bergambar, baik hewan ataupun manusia itu hukumnya sah, apabila pakaiannya tersebut suci dan menutup aurat, hanya saja fuqoha menghukumi makruh alias tidak disukai dan sebaiknya dihindari, lha kalo sampeyan pas sholat dibelakang orang yang memakai pakaian bergambar sebaiknya sampeyan pindah tempat. Udah paham pak..??? ” Tanyaku.

“Paham mas, tapi apa ada haditsnya..??? sergap bapak itu. Lagi-lagi aku tersenyum, semua mata jamaah tertuju padaku seolah sedang menunggu vonis dari hakim. ” Gini pak, ada hadits Nabi yang bisa dijadikan sebagai dalil akan makruhnya sholat memakai pakaian bergambar, yaitu hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah, beliau menuturkan bahwa nabi pernah hendak sholat, namun beliau melihat kelambu rumahnya ada gambar-gambarnya, maka beliau meminta kelambu itu diganti dengan yang polos, Aisyah bertanya,” memang kenapa ya Nabi ?” . Rasulullah menjawab,” Karena itu mengganggu sholatku.” Nahhh..berdasarkan hadits ini Imam Nawawi menghukumi makruh menghiasi masjid, sebab bisa mengganggu konsentrasi apalagi gambar hewan atau manusia dibaju pak, pasti lebih berat makruhnya sebab lebih  mengganggu konsentrasi orang yang sholat dibanding dengan gambar pohon-pohonan…bahkan menurut saya, kaligrafipun makruh ditaruh di masjid kalo memang bisa mengganggu orang yang sholat, ..!!”, gimana pak, sudah puas….?”.

” Puas mas, tapi hadits tersebut shohih ngga ? jangan-jangan hadits palsu lagi..!!!”

” hehehe….Insya Alloh Shahih mas..sebab hadits itu diriwayatkan oleh Imam Bukhori dalam Shahihnya kalau saya tidak silap di Juz 1.”

“Waaahhh…mas Ustadz…masih muda tapi wawasan agamanya mantaaap yaa…! sayang aku ga punya anak gadiss…coba kalo punya dah tak kasih semuanya…” Kata bapak itu disambut oleh tawa semua jamaah, mukakupun bersemu merah..hemmm begini ya nasib jadi bujangan..

” Kita lanjutkan ya paaakkk…!!! kataku dengan lantang.

” lanjuuuuuuutttt…..!!! jawab mereka serentak.

By. Ibnu Alif Ar Rifa’i

Leave a comment

Your email address will not be published.

*