12:52 am - Friday October 24, 2014

Sholat Qobliyah Jum’at Bukan BID’AH…!!!

Wednesday, 1 September 2010 10:44 | Fikih | 6 Comments | Read 2045 Times

Tanbihun.com -Di Jakarta pada umumnya disetiap masjid ( minimal yang pernah penulis singgahi ) jamaahnya terpecah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah mereka yang mengerjakan sholat qobliyah Jum’at dan kelompok yang kedua adalah mereka yang mengingkarinya. Sebenarnya hal ini wajar dan tidak akan menimbulkan masalah apabila satu sama lain saling menghormati perbedaan ijtihad ini, namun yang terjadi adalah kelompok yang mengingkari ini selalu mengatakan bahwa kelompok yang mengerjakan sholat qobliyah Jum’at adalah sesat serta dicap sebagai ahlul bid’ah, karena (menurut mereka ) sholat qobliyah jum’at ini tidak ada dalilnya sama sekali. Bahkan seorang ustadz pernah dengan bangga mengatakan bahwa ia tidak pernah mendengar seorang ulama pun yang menganjurkan sholat qobliyah Jum’at. Tentunya bagi orang yang memiliki sedikit pengetahuan ungkapan seperti itu sungguh menggelikan karena pada kenyataannya banyak sekali ulama yang memasukkan sholat qobliyah Jum’at ini sebagai sholat sunnah diantaranya adalah Syaikhul Islam Zakariya Al Anshori, Syaikh Ibnu Hajjar Al Haytami, Imam Romli, Imam Nawawi dan masih banyak lagi ulama-ulama besar yang berpendapat sunnahnya sholat qobliyah jum’at ini.

Adapun dasar hukum yang dipergunakan oleh ulama tersebut di atas adalah sabda Nabi Muhammad Sholallohu alaihi wasalam yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majjah dalam sunannya. Sulaik Al Ghothofani datang, sementara Rasulullah ketika itu sedang berkhutbah, maka beliau bertanya kepadanya,” Apakah kamu sudah mengerjakan sholat sunnah dua rakaat sebelum kamu datang ? maka dia menjawab,” belum.” Kemudian beliau berkata kepadanya,” kerjakanlah dulu sholat dua rakaat dan persingkatlah dalam mengerjakannya. ( HR. Ibnu Majjah ).

Para ulama memahami kata Qobla an tajii’a ( sebelum kamu datang ) dengan Qobla an tadkhulal masjida ( sebelum kamu masuk masjid ). jadi berdasarkan hadis ini bahwa sholat yang dianjurkan Nabi kepada sulaik pastilah bukan sholat tahiyyatul masjid, sebab sholat tahiyyatul masjid hanya boleh dilakukan kalau seseorang sudah masuk ke dalam masjid, sementara yang Nabi tanyakan adalah apakah ia sudah sholat sebelum datang ke masjid. Hadis serupa juga di dapati dalam Shahih Bukhori dan Shahih Muslim, namun tanpa ada tambahan Qobla an tajii’a. Akan tetapi karena ketiga hadis ini sanadnya shahih, maka hadis Ibnu Majjah ini dianggap menjelaskan atau melengkapi hadis Bukhori maupun Muslim.

Bahkan Amiirul Mukminin fil hadis Al Imam Al Bukhori juga memberikan judul bab dalam kitab Shahihnya dengan,” Bab sholat sunnah setelah dan sebelum sholat Jum’at.” Dari sini maka tampak jelaslah bahwa imam Bukhoripun berpendapat bahwa sholat qobliyah Jum’at itu sunnah bukan BID”AH.

Memang betul, banyak juga ulama yang menggunakan redaksi hadis Sulaik Al Ghothofany ini sebagai dalil sholat sunnah tahiyyatul masjid namun tidak serta merta hal itu dapat menggugurkan pendapat ulama yang beristidlal dengan hadis tersebut untuk menyimpulkan ijtihad tentang kesunahan sholat qobliyah Jum’at. Jika hal-hal semacam ini dapat kita pahami dengan baik, maka insya Alloh akan tumbuh sikap tasamuh terhadap perbedaan. Bagi yang mau menjalankan sholat Qobliyah Jum’at silahkan, sebab ada dalilnya dan bagi yang mau meninggalkannya juga dipersilahkan karena toh hukumnya ” hanya” sunnah dan juga dilandasi hujjah yang kuat juga.

Maksud penulis mengangkat hal semacam ini bukanlah untuk memicu dan memperuncing perbedaan, namun justru ingin memberikan penyadaran kepada kaum muslimin agar saling menghormati perbedaan-perbedaan yang memiliki dalil dalam setiap lingkup masalah Ijtihadiyah.

Wallohu A’lam

Share on :

About

Syaikh Ahmad Rifa'i: Lumakuho siro kabeh nejo ing Allah,Tingkahe dangan lan abot sayah,Tingkahe sugih miskin gagah,Tuwin loro waras susah dalam manah. Follow @tanbihun_com

 

EBOOK GRATIS UNTUK ANDA !

Artikel Gratis Langsung Ke Email Anda, Jangan Lupa Cek Email Anda Untuk Aktifasinya !

 
Tagged with: ,

sholat qobliyah jumat,sholat sunnah qobliyah jumat,shalat qobliyah jumat

BACA JUGA!close