2:05 pm - Wednesday July 16, 2064

Tentang Hukum Walimah Dalam Pernikahan

Friday, 17 December 2010 18:19 | Fikih | 3 Comments | Read 1546 Times

Pasal 61 Tentang Hukum Walimah

Bahwa hukum sedekah walimah atas pengantin adalah sunnah, dan hukum menepati undangan walimah itu wajib ain, kecuali ada udzur, dan tidak wajib datang untuk makan dari makanan walimah.

Pasal 62 Tentang Uzur Walimah

Tidak wajib mendatangi sedekah walimah sebab diketahui terdapat udzur, malah kadang terjadi haram, karena di tempat tersebut terdapat salah satu munkar.

Adapaun sebagian halangan walimah ialah sebagai berikut:

1.      Terdapat arak untuk minum-minuman.

2.      Terdapat seperangkat alat musik.

3.      Terdapat wanita sama membuka aurat.

4.      Terdapat bentuk (rupan) binatang sempurna terletak di atas.

5.      Dan sebagainya.

Apabila ditempat (majelis) terdapat salah satu bentuk munkar tidak dihilangkan ketika hadir, maka tidaklah wajib menghadiri undangan itu. Tetapi haram bagi orang yang sengaja datang, karena datang ke tempat munkar hukumnya haram, kecuali ada kemampuan melarang munkar tersebut hingga hilang. Ketika datang mampu menghilangkan munkar, maka hadirnya ke majelis tersebut wajib.

(Al Bajuri: II/138).

Pasal 63 Tentang Haram Hadlir Dalam Majelis

Terhukum haram bagi seseorang datang dengan sengaja bila mengerti di tempat itu terdapat munkar seperti orang meminum arak, memakai pakaian haram, sutera (murni) dan cincin emas dan terdapat bentuk binatang yang terletak dia atas dan (atau) pagar, kalau memang tidak dihilangkan dengan kehadirannya. (Al Bajuri: II/128-129).

diambil dari Kitab Tabyinal Islah karya Syaikh Haji Ahmad Rifa’i

Share on :

About

Syaikh Ahmad Rifa'i: Lumakuho siro kabeh nejo ing Allah,Tingkahe dangan lan abot sayah,Tingkahe sugih miskin gagah,Tuwin loro waras susah dalam manah. Follow @tanbihun_com

 

EBOOK GRATIS UNTUK ANDA !

Artikel Gratis Langsung Ke Email Anda, Jangan Lupa Cek Email Anda Untuk Aktifasinya !

 
Tagged with: , ,

hukum walimah,hukum walimah nikah,Hukum walimah dalam pernikahan,fikih tentanguzur nya sholat,hikmah walimah dalam pernikahan

Anda mungkin juga menyukaiclose