Fadhlilah Sya’ban Dalam Perspektif Hadist

Hosting Unlimited Indonesia


Tanbihun.com- Alhamdulillah sekarang sudah memasuki bulan Sya’ban. Dan sebentar lagi Bulan Ramadhon, bulan yang sangat mulia itu akan segera datang. Bulan Sya’ban disinyalir oleh para ulama memiliki banyak keutamaan. Mulai dari perintah memperbanyak puasa hingga malam nisfu Sya’ban.

Melihat banyaknya keutamaan-keutamaan Sya’ban yang ditulis oleh ulama dalam kitab-kitabnya, maka penulis merasa tergelitik untuk melihat otensitas keutamaan Sya’ban tersebut dalam perspektif hadits. Setelah mencoba menelaah beberapa kitab hadits, maka kami berkesimpulan bahwa hadits yang bercerita tentang fadhilah Sya’ban itu variatif, ada yang shohih, hasan, dhoif dan adapula yang maudhlu’. Berikut ini kami sampaikan beberapa hadits yang berkenaan dengan Sya’ban beserta takhrijnya.

1. fadhlu syahri sya’baana ‘ala saairisy syuhuuri ka fadhlii ‘ala saairil anbiyaa’i. wa fadhlur romadhoona ‘ala saairisy syuhuuri ka fadhlillahi ‘ala ibaadihi. ( Keutamaan bulan Sya’ban atas semua bulan adalah seperti keutamaanku atas seluruh Nabi, dan keutamaan Romadhon atas semua bulan seperti keutamaan Alloh atas hambaNya )

Hadits ini Maudhlu atau palsu sebab dalam rawinya ada nama As Saqthi yang menurut Ibnu Hajjar dihukumi sebagai pemalsu hadist ( Lihat Tabyinul ajab hal 25 )

2. Yarfa’ullohu a’mala ‘ibaadihi kullaha fi hadzasy syahri. ( Allah akan mengangkat semua amalan hambanya pada bulan ini ). Hadist ini shahih. Diriwayatkan oleh Nasai hadis nomor 2357, Imam Ahmad dalm musnadnya jilid 5 hlm 201 dan Imam baihaqi  Dalam Fadhoilul auqot dan dinyatakan Shahih.

3. Man Shoma tsalaatsata Ayyaamin min awwali sya’baana wa tsalatsatan min ausathihi wa tsalatsatan min akhiirihi, kataballohu lahu tsawaba sab’iina nabiyyan. ( Barang siapa puasa 3 hari diawal sya’ban, 3 hari ditengahnya dan 3 hari di akhitnya, maka ia akan memperoleh pahala 70 nabi ). Hadits ini palsu, karena tidak diketemukan sanadnya. Dan indeks kepalsuannya juga dapat diketahui dari adanya pahala yang luar biasa yaitu 70 Nabi dengan hanya melakukan amaliah yang biasa.

4. Man ahya lailatal ‘idaini wa lailatannishfi min sya’baana lam yamut qolbuhu hiina tamuutul quluub. ( barang siapa menghidupkan malam ied, dan malam nishfu sya’ban maka hatinya tidak akan mati ketika semua hati kelak menjadi mati ). Hadits ini Munkar. Sebab dalam sanadnya terdapat nama Isa  Bin Ibrahim al Hasyimi yang dihukumi matruk olehImam Nasai dan dihukumi Munkarul hadits oleh Imam Bukhori. Adapun amaliah nishfu sya’ban menjadi sunnah apabila menngunakan dalil hadits yang lain yang kualitasnya Hasan Li ghorihi dan itu akan kita bahas dalam bab tersendiri tentang nishfu sya’ban.

Sebenarnya masih hadits yang dhoif ataupun munkar bahkan maudhlu dalam fadhilah sya’ban, namun karena keterbatasan waktu maka pembahasan kami cukupkan dulu. Insya Alloh akan segera terbit tentang nishfu sya’ban dalam pandangan hadist.

Wallohu a’lam

10 Comments on Fadhlilah Sya’ban Dalam Perspektif Hadist

  1. sebenarnya masih banyak hadits yang shohih maupun yang dhoif berkaitan dg sya’ban..silahkan kalo ada yang mau menambahinya…sumonggo

  2. kok gak tuntas bos, kesimpulannya bagaimana nih?

    • @maspem, Insya Alloh akan dituntaskan ketika membahas nishfu sya’ban..klo antum mau menambahinya ,.dipersilahkan..

  3. Rintihan Gembel di Gerbang Taman Sya’ban
    Ya Allah, gembel yang lusuh ini berjalan gontai menuju gerbang taman Sya’ban. Ia ingin memasukinya agar desiran angin yang semerbak meranggas menerpa jiwanya, memekarkan kuncup hatinya, memantikkan cahaya dalam kalbunya.

    Juraganku, belakangan ini lidahku lebih lincah merangkai kata saat menumpahkan sambat di hadapan-Mu. Aku makin cengeng saat bermunajat di hadapanMu. Shalawat senantiasa meluncur dari bibirku. Suaraku parau karena pita di tenggorakanku nyaris tak pernah istirahat menggesek dentuman duka yang meluap dari relung dadaku.

    Gelayutanku, aku tidak tahu mengapa doa-doaku dan doa-doa yang kupesankan pada orang-orang lebih baik dariku seakan belum terjawab. Mungkin aku terlampau memaksa. Tapi yang membuatku beranggapan demikian ialah masalah-masalah itu kian menumpuk menghantam dinding jiwaku. Tidurku menjadi sangat pendek. Tawa sudah lama tak menghampiriku. Wajah polos anak-anakku juga tak mampu mengusir dukaku.

    Tambatan hatiku, depresi itu sedemikian berat dan dahsyat sehingga saat datang, semua yang indah menjadi acak, semua yang terang jadi buram, semua yang lembut jadi kasar. Bersihkan itu dari angkasa jiwa orang-orang yang melemparkan jangkar di tepianMu. Terimalah orang-orang yang labuhkan rakit di dermagaMu. Buktikan kekuasaan dan kasih-Mu dengan mengubah nasib mereka karena Engkau hanya menciptakan kebaikan dan keindahan.

    Pemilik wujudku, dada hambaMu yang sedang berkeluh di hadapanMu ini sangat sempit sehingga tentu tidak mampu menampung beban-beban yang amat berat dan besar itu. Restuilah jejiwa suci untuk berbagi rasa dan menghiburku dengan bantuan dan pancaran malakuti.

    Tumpuan harapanku, andai saja ada cara yang lebih tepat untuk memancing ibaMu, niscaya itu kulakukan. Tapi aku yakin doa-doa para makhluk terbaikMu adalah bahasa yang sesuai dengan hadiratMu. Karena itu, terimalah yang sedang berdiri sempoyongan tak kuasa mengetuk pintu-Mu.

    Penadah butir tangisku, maafkan hambaMu yang tak tahu diri ini. Izinkan bongkahan dosa dan dusta ini melumuri dirinya dengan madu kasihMu di bulan madu ini …

    Cintaku, kabulkan semua doa istri (suami), orangtua, keluarga, teman-teman dan semua yang sedang gelisah, sedang mengharapkan kiriman roh di rahminya, menanti lelaki yang menyerahkan kuntum kasih dan dan kado perlindungan, mengangankan rumah yang menjadi mihrabnya, mengais rezeki agar terhindar dari kekufuran dan semua yang berprasangka baik terhadapMu. (dicopy dari draft buku yg sdg disusun)

  4. Assalamu’alaikum wr. Wb.
    Marhaban yaa Ramadlan, kita sambut ramadlan dengan amalan di bulan Sya’ban. Puasa kelaar! Malam pun bersinar dalam taburan do’a dan pinta… anak manusia.
    buang jauh peraduan, tangguhkan hajad syahwat kita masuki Ramadlan yang mulia dalam keridlaan-Nya semata.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  5. izin share ya ustadz..
    ﺷﻜَﺮٍا ‎ﻛﺜﻴِﺮٍ‎ا

  6. Bunda Arien // 23 June 2013 at 9:06 pm // Reply

    waiting for you @ustadz to complete this post
    barokallah khair …

  7. Ijin shahe pa’ yai…!

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Facebook Designer

Leave a comment

Your email address will not be published.

*