Tanbihun Online

Sejarah Asal-usul Nama Majlis Ta’lim

Sejarah Asal-usul Nama Majlis Ta’lim

Sejarah Asal-usul Nama Majlis Ta’lim
April 01
21:00 2011

KH. Abdullah Syafi'ie

KH. Abdullah Syafi'ie saat diatas mimbar

Tanbihun – Konon KH. Abdullah Syafi’ie (1910-1985) orang pertama yang memperkenalkan istilah majlis ta’lim (sering ditulis ; majelis taklim). Beliau mengembangkan pengajian di masjid Al-Barkah yang beliu sebut dengan majlis ta’lim, baik untuk bapak-bapak maupun yang dikhusukan untuk ibu-ibu. Akhirnya Istilah majlis ta’lim menjadi trade mark dari pengajian-pengajian KH. Abdullah Syafi’ie. Sebelum itu orang kalau mau menghadiri pengajian tidak pernah menyebutnya pergi ke majlis ta’lim, tetapi lebih suka menyebutnya mau pergi ke pengajian.

Penamaan majlis ta’lim akhirnya melahirkan identitas tersendiri yang membedakan dengan pengajian umum biasa, yaitu sifatnya yang tetap dan berkesinambungan. Akhirnya terbukti bahwa kegiatan yang bersifat majlis ta’lim itu menjadi kebutuhan masyarakat Islam, baik dikota-kota yang sibuk maupun di desa-desa yang terpencil.(zid)

Dinukil dari buku : Strategi Dakwah di Lingkungan Majelis Taklim, Dra. Hj. Tutty Alawiyah AS

 

About Author

admin

admin

Syaikh Ahmad Rifa'i: Lumakuho siro kabeh nejo ing Allah,Tingkahe dangan lan abot sayah,Tingkahe sugih miskin gagah,Tuwin loro waras susah dalam manah. Follow @tanbihun_com

Related Articles

Hubungi Kami:

Admin1:
Admin2:
Admin3:
Admin4:
Admin5:
Admin6:

Home Office :
Jl.Napak Tilas No.2 Cepokomulyo Gemuh
Kendal Jawa Tengah 51356
Email: admin@tanbihun.com
Phone: +62 85781738844

Who's Online

67 visitors online now
Anda mungkin juga menyukaiclose

Switch to our mobile site