Tanbihun Online

Berbakti Kepada Orang Tua & Guru

Berbakti Kepada Orang Tua & Guru

Berbakti Kepada Orang Tua & Guru
February 11
04:54 2011

Tanbihun.com – Dulu saat masih kanak-kanak, ketika ngaji kitab akhlaq lil banin (budi pekerti untuk anak-anak),ustadz pernah bercerita, “jaman dahulu kala, ada seorang anak yang sangat patuh kepada ibunya,anak itu bernama ahmad,usianya baru 12 tahun, selepas kepergian ayahnya yang wafat saat ahmad beranjak usia 3 tahun, praktis ahmad menjadi tulang punggung keluarganya, ia hidup bertiga dengan ibu dan adik perempuannya yang berusia 2 tahun dibawah ahmad.Ahmad sangat berbakti kepada ibunya,ia juga rajin belajar setiap sore disebuah madrasah. Di madrasah ahmad juga terbilang murid yang rajin dan sagat menghormati gurunya.

Suatu hari ibunya ahmad sakit, karena sakitnya sudah parah, sore itu ahmad dating ke madrasah, tapi tidak untuk belajar seperti biasanya, melainkan dia pamit kepada gurunya,hari itu dia ijin tidak masuk karena mau memeriksakan ibunya ke seorang tabib di kota.

Mendengar ibunya ahmad sakit, sehabis mengajar sang ustadz buru-buru ke rumah ahmad, namun nampaknya ustadz terlambat, ahmad sudah keluar dari rumahnya, mereka berpapasan ditengah jalan menuju rumah ahmad, sang ustadz ta’jub, dilihatnya ahmad menggendong ibunya, sementara adik perempuannya berjalan dibelakang sambil membawa segala keperluan ibunya. Ustadz memutuskan untuk menemani mereka berobat ke tabib.

Kota yang dituju dimana tabib itu berpraktek jauhnya kira-kira 5 kilo meter, dan harus menyeberangi sungai, hari itu hujan lebat baru saja usai, sungai meluap,tak ada perahu yang berani beroperasi, satu-satunya jembatan jaraknya 10 KM dari tempat penyeberangan itu. Ditengah-tengah kebingunan ahmad,adik dan ustadz, tiba-tiba ibunya ahmad mengeluh, ahmad segera mendudukan ibunya disebuah emperan gubuk dipinggir sungai,namun ibunya sudah keburu pingsan, ahmad sangat kwatir,apalagi ketika diraba dahinya, panasnya kembali naik.

“ustadz, tolong jaga adik saya ” ucap ahmad sambil bergegas menggendong ibunya sambil berjalan kearah sungai yang sedang meluap.

“kamu mau kemana?”

“saya harus segera sampai ditempat tabib,ibu sudah sangat parah sakitnya”

“sungainya masih banjir,belum ada perahu yang mau menyeberangkan kita”

“kalau menunggu banjir surut,saya kwatir ibu sduah tidak kuat”

“lha terus kamu mau lewat mana?”

“saya akan berjalan lewat sungai ini?”

“jangan nekad ahmad,tunggulah sebentar,semoga banjirnya segera surut”

“ustadz,jum’at kemarin kan ustadz pernah bilang,kalimat basmallah itu mengandung banyak manfaat, saya akan praktekkan”

Selesai berkata demikian, ahmad membaca basmallah 10 kali,lalu dengan percaya diri ahmad melenggang, berjalan diatas air sungi,subhanalloh !!!! ahmad dan ibunya tidak tenggelam,mereka seperti berjalan layaknya ditanah.

Diantara ta’jub,dan penasaran sang ustadz mencoba meniru ahmad, ia membaca basmallah 10 kali,terus kakinya dicelupkan ke sungai,maksudnya mau berjalan diatas air seperti ahmad,namun ternyata kakinya masuk kedalam air,ustadz tidak bisa berjaan diatas air seperti ahmad yang menggendong ibunya.

Ustadz benar-benar heran,padahal yang member tahu soal kelebihan-kelebihan basmallah,diantaranya,jika mau memulai suatu pekerjaan dahului dengan membaca basmallah,maka pekerjaan itu akan disempurnakan oleh Alloh. “Kenapa ahmad bisa,koq saya tidak?” begitu pertanyaan ustadz didalam hatinya.

Entah apa cerita semacam itu benar-benar ada,tapi yang pasti kalimat basmallah adalah sebuah kalimat yang menjadi ummul fatihah,mungkin bukan haya karena kalimat basmallah yang dibaca ahmad,tapi bisa saja itu ma’unah (pertolongan ALLOH) yang diberikan kepada ahmad karena baktinya kepada ibu dan gurunya. Wallahu a’lam (hanya Alloh yang lebih tahu).(zid)

Hikmah yang bisa dipetik :

  • Berbakti kepada orang tua dan guru akan membawa berkah,memudahkan urusan,dianugerahi nikmat yang lebih dari Alloh.

  • Seorang guru tidak selalu diatas muridnya,ilmu dan kelebihan itu merupakan anugerah,Alloh akan memberikan anugerah-Nya kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya.

  • Keyakinan (iman) adalah sumber kekuatan dan kebahagiaan.

Tags
Share

About Author

admin

admin

Syaikh Ahmad Rifa'i: Lumakuho siro kabeh nejo ing Allah,Tingkahe dangan lan abot sayah,Tingkahe sugih miskin gagah,Tuwin loro waras susah dalam manah. Follow @tanbihun_com

Related Articles

Hubungi Kami:

Admin1:
Admin2:
Admin3:
Admin4:
Admin5:
Admin6:

Home Office :
Jl.Napak Tilas No.2 Cepokomulyo Gemuh
Kendal Jawa Tengah 51356
Email: admin@tanbihun.com
Phone: +62 85781738844

Who's Online

66 visitors online now
Anda mungkin juga menyukaiclose

Switch to our mobile site