Penyebab Menstruasi Berkepanjangan (Terlalu Lama) Dan Solusinya

Hosting Unlimited Indonesia


Ketika Menstruasi Berkepanjangan

kalender-menstruasiTanbihun.com- Ada saatnya menstruasi tak lagi kompromi, betapa gelisahnya ketika seorang wanita mengalami menstruasi tidak seperti biasanya. Bayangkan, ketika darah haid menetes (mengalir) melebihi bilangan minggu, bahkan lebih sebulan. Bagaimana kegundahannya ? Tanyakan rasanya …

Kata kunci: Menometrorrhagia, menorrhagia, metrorrhagia, Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB). Kode ICD.10 (International Statistical Classification of Diseases): N92: Menstruasi berlebihan dalam jumlah banyak, berulang dan tidak teratur. Tidak termasuk: postmenopausal bleeding (N.95.0) Varian: N.92.0-N.92.6

Seorang gadis SMU didampingi ibundanya, tertunduk malu ketika menceritakan bahwa menstruasinya berlangsung hampir 3 minggu. Tidak seperti biasa, yang rata-rata berlangsung sekitar 5-7 hari. Sebelumnya, si gadis mulai gelisah saat menstruasi tidak berhenti hingga menginjak minggu kedua. Curhat kepada teman sebaya tidak melegakan lantaran sama-sama tidak mengerti seluk beluk menstruasi. Seperti biasa, beragam anjuran diterima si gadis sebagai “usaha” menghentikan menstruasi yang kali ini tak mau kompromi.

Wanita muda kinyis-kinyis berusia sekitar 25 tahun mengeluh:
Menstruasi saya sudah 3 minggu lebih, hampir sebulan. Selama itu tidak berhubungan ( dengan suami, sampai-sampai tidak sholat :( (. Kami belum punya anak. Apakah ada kelainan kandungan misalnya tumor ? Apakah kandungan turun ? Apakah bisa punya anak ?

Jawaban singkat:

1. Belum tentu (sebagian besar tidak), sebaiknya tetap periksa.
2. Tidak. Kandungan tidak turun. Turun kemana ?
3. Bisa, jika keduanya subur dan atas ijin Tuhan YME

Ibu muda menggendong bayi masuk ruang praktek, lalu berujar:
Saya mengalami menstruasi 19 hari, kadang sedikit kadang banyak. Sebelumnya tidak pernah mengalami seperti ini. Sudah ke spesialis kandungan dan periksa USG (ultrasonografi), bilang dokter kandungan tidak ada kelainan. Waktu saya tanya, katanya gangguan keseimbangan …*lupa*. Dan saat saya tanya lagi apakah ada hubungannya dengan spiral, dokter kandungan mengatakan mungkin iya mungkin tidak. Kalau setelah minum obat masih perdarahan, rencananya kuret. Yang benar yang mana?

Jawaban singkat:

Benar semua. Memang demikianlah urutannya.

Seorang ibu berusia sekitar 55 tahun panik ketika menstruasi berkepanjangan hampir 6 minggu (wuih, 1,5 bulan) :( ( dan beliau mengatakan bahwa sebelumnya menstruasi tidak teratur, sedikit dan singkat. Setelah pengobatan masih perdarahan, dilakukan kuret oleh dokter spesialis kandungan sampai 2 kali. Kuret pertama menunjukkan hasil pemeriksaan patologi anatomi (pemeriksan mikroskopis) tidak didapatkan tanda-tanda keganasan. Ketika masih perdarahan, dilanjutkan dengan kuret kedua. Alhamdulillah, perdarahan berhenti.

Empat contoh kasus di atas menunjukkan bahwa menstruasi berkepanjangan bisa menimpa wanita mulai remaja (sudah menstruasi) hingga pre-menopause (menjelang berakhirnya masa menstruasi). Sekitar 20% bisa dialami oleh wanita remaja dan wanita muda, sedangkan 40% pada wanita paruh baya (usia lebih 40 tahun) *by Alien*

Obesitas (terlalu gemuk), pekerjaan berat dan stress diduga ikut berperan terjadinya menometrorrhagia (menstruasi berkepanjangan)

Gambaran Umum

Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB) adalah penyebab tersering terjadinya perdarahan rahim abnormal pada wanita di usia reproduksi. Diagnosa Dysfunctional Uterine Bleeding dapat ditegakkan bila tidak ditemukan kelainan organ.

PENGERTIAN

Dysfunctional uterine bleeding (DUP) atau perdarahan uterus disfungsional adalah perdarahan abnormal yang dapat terjadi di dalam siklus maupun di luar siklus menstruasi, karena gangguan fungsi mekanisme pengaturan hormon (otak-indung telur-rahim), tanpa kelainan organ.

SIKLUS NORMAL

Siklus menstruasi normal terjadi setiap 21-35 hari dan berlangsung sekitar 2-7 hari.
Pada saat menstruasi, jumlah darah yang hilang diperkirakan 35-150 ml, biasanya berjumlah banyak hingga hari kedua dan selanjutnya berkurang sampai menstruasi berakhir. *Nedra Dodds, MD, 2006*

BAGAIMANA TERJADINYA ?

Secara garis besar, kondisi di atas dapat terjadi pada siklus ovulasi (pengeluaran sel telur/ovum dari indung telur), tanpa ovulasi maupun keadaan lain, misalnya pada wanita premenopause (folikel persisten).
Sekitar 90% perdarahan uterus difungsional (perdarahan rahim) terjadi tanpa ovulasi (anovulation) dan 10% terjadi dalam siklus ovulasi.

Pada siklus ovulasi.

Perdarahan rahim yang bisa terjadi pada pertengahan menstruasi maupun bersamaan dengan waktu menstruasi. Perdarahan ini terjadi karena rendahnya kadar hormon estrogen, sementara hormon progesteron tetap terbentuk.

Pada siklus tanpa ovulasi (anovulation)

Perdarahan rahim yang sering terjadi pada masa pre-menopause dan masa reproduksi. Hal ini karena tidak terjadi ovulasi, sehingga kadar hormon estrogen berlebihan sedangkan hormon progesteron rendah. Akibatnya dinding rahim (endometrium) mengalami penebalan berlebihan (hiperplasi) tanpa diikuti penyangga (kaya pembuluh darah dan kelenjar) yang memadai. Nah, kondisi inilah penyebab terjadinya perdarahan rahim karena dinding rahim yang rapuh. Di lain pihak, perdarahan tidak terjadi bersamaan. Permukaan dinding rahim di satu bagian baru sembuh lantas diikuti perdarahan di permukaan lainnya. Jadilah perdarahan rahim berkepanjangan.

G E J A L A

Perdarahan rahim yang dapat terjadi tiap saat dalam siklus menstruasi. Jumlah perdarahan bisa sedikit-sedikit dan terus menerus atau banyak dan berulang.
Kejadian tersering pada menarche (atau menarke: masa awal seorang wanita mengalami menstruasi) atau masa pre-menopause.

FAKTOR PENYEBAB

Hingga saat ini penyebab pasti perdarahan rahim disfungsional (DUB) belum diketahui secara pasti. Beberapa kondisi yang dikaitkan dengan perdarahan rahim disfungsional, antara lain:

  • Kegemukan (obesitas)
  • Faktor kejiwaan
  • Alat kontrasepsi hormonal
  • Alat kontrasepsi dalam rahim (intra uterine devices)
  • Beberapa penyakit dihubungkan dengan perdarahan rahim (DUB), misalnya: trombositopenia (kekurangan trombosit atau faktor pembekuan darah), Kencing Manis (diabetus mellitus), dan lain-lain
  • Walaupun jarang, perdarahan rahim dapat terjadi karena: tumor organ reproduksi, kista ovarium (polycystic ovary disease), infeksi vagina, dan lain-lain.

D I A G N O S A

Untuk menegakkan diagnosa, langkah-langkahnya dalah sebagi berikut:

  • Wawancara atau anamnesa (sudah dibahas, masih ingat kan?).

Wawancara harus cermat nih. Pertanyaan yang perlu diajukan: kapan usia mulai menstruasi (menarche), siklus setelah mengalami menstruasi, jumlah dan lamanya menstruasi, dan … maaf, sambil menilai status emosinya. oleh karena itu, bagi wanita yang mengalaminya dianjurkan untuk menceritakan apa adanya. Wis to, jangan malu-malu.

  • Pemeriksaan (masih ingat juga kan, jenis-jenis pemeriksaan?) *kayak ujian aja* )

* Pemeriksaan umum. Ditujukan untuk mengetahui berbagai kemungkinan penyebab terjadinya perdarahan rahim.
* Pemeriksaan organ reproduksi (ginekologis)

Pada pemeriksaan khusus ini, ditujukan untuk:

* Menyingkirkan kemungkinan kelainan organ sebagai penyebab perdarahan abnormal, misalnya: perlukaan, polip leher rahim, infeksi, abortus, tumor, dan lain-lain.
* Menegakkan diagnosa dengan kuret (gadis TIDAK lho)

P E N G O B A T A N

Setelah menegakkan diagnosa (diagnosis?, mohon koreksi) dan setelah menyingkirkan berbagai kemungkinan kelainan organ, teryata tidak ditemukan penyakit lainnya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan prinsip-prinsip pengobatan sebagai berikut:

  1. Menghentikan perdarahan.
  2. Mengatur menstruasi agar kembali normal
  3. Transfusi jika kadar hemoglobin (Hb) kurang dari 8 gr%.

1. Menghentikan perdarahan

Langkah-langkah upaya menghentikan perdarahan adalah sebagai berikut:

Kuret (curettage).

Hanya untuk wanita yang sudah menikah. Tidak bagi gadis dan tidak bagi wanita menikah tapi “belum sempat dicicipi”. *halah, mesum* (begini lho, misalnya sudah dijadwalkan menikah, ndilalah sebelum menikah koq ya datang menstruasi dan berkepanjangan. Apa ya rela dikerok pakai sendok istimewa eh kuret ding)

O b a t (medikamentosa)

1. Golongan estrogen.
Pada umumnya dipakai estrogen alamiah, misalnya: estradiol valerat (nama generik) yang relatif menguntungkan karena tidak membebani kinerja liver dan tidak menimbulkan gangguan pembekuan darah. Jenis lain, misalnya: etinil estradiol, tapi obat ini dapat menimbulkan gangguan fungsi liver.

Dosis dan cara pemberian:

* Estrogen konyugasi (estradiol valerat): 2,5 mg diminum selama 7-10 hari.
* Benzoas estradiol: 20 mg disuntikkan intramuskuler. (melalui bokong)
* Jika perdarahannya banyak, dianjurkan nginap di RS (opname), dan diberikan Estrogen konyugasi (estradiol valerat): 25 mg secara intravenus (suntikan lewat selang infus) perlahan-lahan (10-15 menit), dapat diulang tiap 3-4 jam. Tidak boleh lebih 4 kali sehari.

2. Obat Kombinasi
Obat golongan ini diberikan secara bertahap bila perdarahannya banyak, yakni 4×1 tablet selama 7-10 hari, kemudian dilanjutkan dengan dosis 1×1 tablet selama 3 hingga 6 siklus. *wuih, lamanya*

3. Golongan progesteron

Obat untuk jenis ini, antara lain:

* Medroksi progesteron asetat (MPA): 10-20 mg per hari, diminum selama 7-10 hari.
* Norethisteron: 3×1 tablet, diminum selama 7-10 hari.

2. Mengatur menstruasi agar kembali normal

Setelah perdarahan berhenti, langkah selanjutnya adalah pengobatan untuk mengatur siklus menstruasi, misalnya dengan pemberian:

  • Golongan progesteron: 2×1 tablet diminum selama 10 hari. Minum obat dimulai pada hari ke 14-15 menstruasi.
  • Transfusi jika kadar hemoglobin kurang dari 8 gr%.

Yang ini, mau tidak mau nginap di Rumah Sakit atau klinik. Oya, hampir ketinggalan, sekedar diketahui, sekantong darah (250 cc) diperkirakan dapat menaikkan kadar hemoglobin (Hb) 0,75 gr%. Ini berarti, jika kadar Hb ingin dinaikkan menjadi 10 gr% maka kira-kira perlu sekitar 4 kantong darah.

PRAKIRAAN HASIL PENGOBATAN (Prognosis)

Hasil pengobatan bergantung kepada proses perjalanan penyakit (patofisiologi)

* Penegakan diagnosa yang tepat dan regulasi hormonal secara dini dapat memberikan angka kesembuhan hingga 90 %.
* Pada wanita muda, yang sebagian besar terjadi dalam siklus anovulasi, dapat diobati dengan hasil baik, or sukses.

Istilah seputar perdarahan abnormal

Beberapa istilah penting terkait Perdarahan abnormal rahim, antara lain:

  • Menorrhagi: perdarahan rahim lebih 7 hari atau jumlah perdarahan yang berlebihan (lebih dari 80 ml per hari)
  • Metrorrhagia: perdarahan rahim (biasanya dalam jumlah normal) yang terjadi dengan interval waktu tidak teratur atau lebih panjang.
  • Menometrorrhagia: perdarahan rahim yang berlebihan dalam jumlah dan lamanya perdarahan, dapat terjadi dalam periode menstruasi maupun di antara periode menstruasi.
  • Intermenstrual bleeding (spotting): perdarahan rahim yang bervariasi dalam hal jumlahnya (biasanya sedikit) pada periode menstruasi.
  • Polymenorrhea: menstruasi yang terjadi dengan interval kurang dari 21 hari.
  • Olygomenorrhea: menstruasi yang terjadi dengan interval antara 35 hari hingga 6 bulan.
  • Estrogen: hormon reproduksi wanita, yang selama siklus menstruasi menghasilkan lingkungan yang sesuai untuk fertilisasi, implantasi dan pemberian zat makanan pada permulaan embrio.
  • Progesteron: hormon yang berfungsi mempersiapkan rahim untuk menerima dan mengembangkan sel telur.

PERMASALAHAN

Mengingat perdarahan rahim bagi wanita muslim berkaitan erat dengan masalah peribadatan, khususnya dalam hal fiqih (hukum), maka perlu keterlibatan berbagai pihak terutama kalangan medis dan ahli fiqih untuk membahasnya. Perlu diingat bahwa pembahasan fiqih akan memunculkan khilafiyah (perbedaan pendapat), terkait soal waktu suci. Maksudnya, “waktu” (kapan sih?) seorang wanita dengan perdarahan rahim sudah dianggap wajib melaksanakan ibadah kendati yang bersangkutan masih mengalami perdarahan.

Sengaja penulis mengangkat masalah ini agar kita dapat saling memahami jika terjadi perbedaan soal masa suci (waktu mandi wajib). Bukankah hal ini adakalanya ditanyakan pasien ? Monggo dibahas.

Bagaimana soal berhubungan intim ? Silahkan dibahas juga ya …

Kepada segenap pembaca wanita (pria juga), silahkan berbagi pengalaman dan pengetahuan. Monggo tanya jawab sendiri.

Penulis akan menyaksikan jalannya talkshow online diskusi sebagai peserta saja.

Selamat berbagi, semoga bermanfaat.

Bacaan:

* Pedoman Diagnosis dan Terapi Lab Ilmu Kebidanan dan Kandungan, RSUD dr. Soetomo, Surabaya
* Dysfunctional Uterine Bleeding (DUB), Nedra Dodds. MD, Emory Adventist Hospital, 2006

Catatan penting:

* Penulisan obat, dosis dan cara pemberian, dimaksudkan sebagai sharing informasi dan sedikit tambahan pengetahuan. Bukan untuk mengobati diri sendiri.
* Jika mengalami masalah semacam ini (moga tidak), dianjurkan konsultasi dan memeriksakan diri kepada dokter setempat atau dokter ahli kandungan (jika ada).

Sumber

43 Comments on Penyebab Menstruasi Berkepanjangan (Terlalu Lama) Dan Solusinya

  1. Wah seram sekali ya. Saya punya teman yang selama bertahun-tahun mengalami menstruasi lebih dari 15 hari. Sekarang ia divonis terkena kanker rahim :(. Seandainya dia segera berobat ke dokter…mungkin ceritanya akan lain.

  2. Saya nadia, saya sudah haid hampir 1th, pasca melahirkan ank prtama n pasang KB spiral.apakah haid hampir 1th itu di sebabkan dr spiral?dan apa efek haid selama 1th?

    • AYU FEBRIANNA // 24 April 2013 at 9:33 am // Reply

      saya ayu,sy sudah tdk kb slama 9 bln krna sy kebanyakan hormon kta dokter sy tdk bleh kb maka dr itu sy tdk kb tp ternyata haid sy suadah mencapai 9 bln kadang banyak kadang dikit menurut anda sya hrs bagaimana kuret tau bagaimn

    • Sebaiknya Ibu Nadia konsultasi ke dokter ahli

  3. sitiikhoeruroh // 26 April 2013 at 8:31 pm // Reply

    kalau haid berkepanjangan misal nih 15 hari tapi darah kotor yang keluar cuma dikit apa itu juga bermasalah???

  4. Saya 1 bulan terakhir ini mengalami haid tanpa berhenti sampai sekarang. . . . .apakah hal ini perlu d khawatirkan??
    Dan apa penyebab haid saya terlalu lama?

    • Sy jg mengalami hal yg sama mens selama 1 bln lbh dn blm beehenti jg. Qra2 apa saja usaha yg sudah anda lakukan? Skrg sdh berhenti ato blm?

  5. Malem bu,,,

    Gini saya mau tanya,
    Istri saya setelah melahirkan sampek sekarang masih menstruasi terus menerus setiap hari?
    Setelah melahirkan istri saya langsung KB,tp masih haid,terus sekarang tidak KB tetep saja masih HAID.
    Sudah hampir 9bulan masih haid terus menerus.
    Mohon penjelasannya,,,

    Terima kasih,,,

  6. Saya jg mengalami haid yg berkepanjangan hampir 9 bulan ampe sekarang sejak pakai KB suntik.
    Sudah ke 3 dokter kandungan hasilnya semuanya sama, kandungan bagus ga da masalah,
    Darah keluar terus bukan karena KB tapi karena fisik yg terlalu capek (padahal saya ga merasa capek).
    Katanya KBnya harus tetap dijalankan saja.
    Sejak bulan April nyoba ga suntik KB (mungkin aja bisa berhenti), tapi ternyata masih aja keluar.
    Jadi bingung harus gimana….?

    • Halipatussadiah // 15 July 2013 at 6:11 pm // Reply

      dalam beberapa bulan ini saya haid tidak terlalu lancar,setelah hari pertama, 2-3 hari kemudian baru keluar darah haid agak banyak namun masih dalam jumlah hari yang normal(7-8 hari). tetapi bulan ini saya mendapat haid agak lama dari biasanya lebih dari 7 hari, kenapa ya….?

  7. Saya sudah haid hampir 3 minggu tanpa berhenti sampai sekarang 4 bulan yang lalu saya juga pernah mengalami ini stelah ke dokter diberi obat selama 20 hari kemudian sembuh,skarang seperti ini lagi, bagaimana ya??

  8. bagaimana kalo menstruasi terus menerus dan kadang darah menggumpal,dan kalopun sembuh paling hanya sekitar 1 sampe 2 minggu saja.

    • Sy sdh menikah rp blm diberi momongan. Baru kali ini mensteuasi sampai lebih daei 1 bln, darah yg keluar bnyk bgt dan menggumpal. Periksa k dokter diberi obt tp blm berhenti jg. Dah usaha sampai k alternatif tp blm berhenti jg. Apa yg harua sy lalukan selain bersabar dan menunggu keajaiban dr Allah agar bisa berhenti?

  9. Saya berusia 17 tahun. Pada bulan ini sahaja saya
    sudah 2 kali saya datang haid. Yang pertama selama
    lebih 15hari. Dan selang 6. Hari ia kembali lagi dengan
    warna coklat2.. Jadi bagaimana ya? Saya takut untuk berjumpa doktar. Dan apakah saya normal.seperti.remaja lain.? Saya harap dibalas
    Pertanyanan saya.. :'(

  10. saya mengalami menstrurasi selama 1 bulan lebih.
    tapi 10 bulan setelah saya memakai alat kontrasepsi susuk saya tidak mesturasi. dan kebulan 11 haidnya datang lagi tapi setelah haid kembali sampai sekarang ngak berhenti2. perasaan saya biasa2 ajah terkadang sakit pinggang itupun udah sering saya alami selama ini klau saat saya lagi dapat bulan. pertanyaan saya :
    1. apakah itu tidak berbahaya bagi kesehatan saya ?
    2. bagaimana untuk menghentikan darah itu agar tidak keluar lagi.
    3. apa efeknya untuk hari kedepan.
    terima kasih saya sangat mengharapkan jawabannya.

  11. Risha Ciees Cokelate // 9 September 2013 at 7:23 pm // Reply

    Saya punya teman , dy mengalami mensturasi lebih dari 1 minggu …
    Sampai sekarang ini , dy masih mengalami haid tanpa berhenti. . Apakah hal ini perlu d khawatirkan ?
    Dan apa penyebab haid teman saya yg terlalu lama itu ?

  12. saya mempunyai saudara perempuan yang mengalami haid hampir 7 bulan pasca melahirkan
    dia menggunkan KB suntik
    apakah itu semua adalah dampak efek suntik kb tersebut ?

  13. Maaf saya mau tanya,sebelumnya saya hmpr 1th tdk suntik KB, kemudian suntik 1bln.setelah hbs wktu masa KB saya mengalami menstruasi tdk teratur selang 2 minggu sdaya menstruasi,selesai selang 1 minggu kembali menstuasi..yg saya tanyakan apakah karena pengaruh KB atau kecapean saja,atau mungkin yang lain…trimakasih

  14. Wah saya juga mengalami itu…sudah setahun ini saya haid dalam jangka waktu yang lama. Jadi hari 1-5 haidnya banyak sekali. trus hari ke 6-9 mulai sedikit. Hari 9-11 bersih. Hari ke 12-ke 15 keluar lagi tapi coklat. Dan itu sudah berlangsung selama setahun ini. Ada yang bisa kasih saran

    • Sama kaya saya mba nitta . Saya juga mens sempat bersih 3 hari . Dan keluar lagi coklat sampe sekaranh udah 2 mingguan .

  15. saya sudah haid 2 bulan . saya gelisah takut ada gangguan di dalam , atau hanya faktor kecapean . karna saya aktif beraktifitas

  16. saya haid hampir 1 bln, saya menggunakan KB 1 bulan.tapi haid saya selalu banyak tidak pernah berhenti.saya harus bagamana ya?

  17. Frischa Tina // 7 December 2013 at 11:54 pm // Reply

    Sy ibu 24 tahun.baru melahirkan 5 bukan lalu.kemudian sy pake kb suntik yg 3 bulan.1 bulan setelah kb g mens, tp 2 bulan setelahnya mens terus smpe skrg uda 3 bulan blom berhenti mensnya.priksa ke sokter katanya efek kb emang gt.trus yg mw saya tanyakan, gmn caranya sy sholat?soalnya sy bingung cr bedain antara darah haid dan bukan.

  18. dok saya ibu satu orang anak,,
    pasca melahir kan 2bulan say ikut kb suntik 3blan,, nmun setelah 1bulan berjalan dan menstruasi saya tidak berenti,, apa saya perlu pindah kb atau brenti kb suntik,, terimakasih

  19. Saya haid sudah 2mgg ϑªή saya sudak ke dokter kandungan , saya d’beri obat mefinal 3×1,transamin 3×1 ϑªή yg putih 2×1 setiap jam 7 . Tp setelah minum obat itu badan saya sakit semua, lemas apa itu Ώğgåk cocok obat nya … Θªή saya hentikan minum obat nya ϑªή saat ini haid nya makin banyak . Harus bagai mana ???? Atau saya minum lagi obat nya …

    • SAYA DATANG BLAN 2 KALI SEBULAN TP YG K 2 KAli nya ni lama habis nya,klu darah nya cma 4 hari tp yg coklat nya ini lama kli bersih nya,gimana solusi nya buk

  20. dengan herbal gak bisa y

    • usia saya 25 thn blm menikah,siklus menstruasi tidak menentu sampai bberbulan2 darah yg kelur pun gk menentu kdang bnyk kdang sdikit,sudah mencoba pengobatan kedokter bahkan smpt USG tidak ada mslah,stlah berobat ke dokter umum n dokter kandungan sempat berhenti ttpi bbrp bulan kembali sperti itu lagi,saya bingung sbnarnya apa yg terjadi dlm diri saya?saya takut saya tidk bisa punya anak.
      terima kasih mohon untuk jwbnya..

  21. Saya 24 th dan tidak kb. Saya haid biasanya teratur.tapi bulan ini saya haid hanya 5 hari, dan sudah benar benar bersih selama 3 hari .lalu saya berhubungan dengan suami saya. Memang sempat terasa sakit di bagian perut.lalu ke esokan harinya sya haid lagi ..sudah 2 minggu lamanya .sebenenya saya kawatir sekali.yang mau saya tanyakan
    1. Apakah darah haid ? Setelah 3 hari saya bersih
    2. Apakah ini pendarahan karena hubungan intim yang menyebabkan luka ? Mohon info ya …

  22. astri giovani // 26 April 2014 at 2:54 pm // Reply

    saya udh haid selama 3minggu.cuma darahnya sedikit.udh gtu putingpayudara saya sakit banget.kira2 saya kenapa y??takut punya penyakitmyg serius

  23. saya mens sdh 18hari. udh kedokter kandungan tp ktnya pengaruh hormon dari kb suntik.. udh minum obtny tp blm jg berhenti..

  24. nur ismayanti // 4 June 2014 at 12:53 pm // Reply

    Saya yanti umur 23 tahun mmpunyai anak 1 umur 2 tahun.saat ini saya mengalami menstruasi lbh dr 20 hari,haid sebelumnya kadang lbh 10 hari tapi tidak lancar..apakah ini pengaruh dari kb suntik..saya menggunakan kb suntik mulai anak saya berumur 2 bln.dan kb yg lalu adalah yang terahir rencana mau brhnti kb..tapi kok malah darah keluar terus..kenapa ya..saya belum periksa,mau cari tau dulu kmungkinan2nya.

  25. Bulan mei kmrn tgl 20 saya haid sampe tgl25.. Stelah itu saya haid lg tgl 4juni..sampai hr ini blm berhnti.tp tdk seperti biasa’y,,darah yg keluar bnyak bgt.klw saya buang air kcl drh’y kluar seperti gumpalan/hati.sy sampe lms dan kpla pusing.mhn penjlsn’y..trims

  26. ANGGI JULIA // 29 June 2014 at 5:10 pm // Reply

    saya mau tanya…kenapa adk saya setelah melahirkan mendapatkan men berkepanjangan..sdh hampir 5 bln stlh melahirkan.
    dia juga kb suntik 3 bln 1 x..di tanya sama bidan,kata bidan itu karna pengaruh kb??apa itu benar??
    tapi tetap dalam kekhawatiran..terima kasih…
    mohon bantuannya ya…

  27. ngak au

  28. Saya sonya, umur 25, anak saya 2, sebelumnya saya tidak pernah kb tapi sewaktu umur 23 saya punya riwayat keguguran 2kali …setelah anak ke 2 saya umur 2tahun saya memutuskan untu Kb..KB yg pertama suntik 3 bulan efeknya 1 bulan tidak haid dan 2 buan saya ngeflek..lalu saya memutuskan untuk ganti KB suntik 1 bulan efeknya flek saya berhenti dan haid normal tapi semenjam April kemarin saya memutuskan untuk berhenti KB dan dari terakhir saya berhenti KB saya tidak haid2x selama 3bulan..sampe2x saya dan suami saya parno karna sudah 3bulan tidak haid..lalu akhirnya selama 3bulan tidak haid saya haid juga tgl14 juni kemarin..dan dari tgl 14 baru berhenti tgl 3 juli kemarin..jadi saya haid selama 19hari..dan baru berhenti 6 hari saya kembali haid..saya kembali haid dari tgl 9juli hingga sekarang..dah haidnya itu cenderung banyak tapi kadang coklat kadang juga sedikit..
    .jadi yg mau saya tanyakan apakah haid saya normal?
    Karna jujur saa saya jadi paranoid karna takut ada apa” dengan diri saya..
    Mohon jawabannya..
    Trim

  29. umur saya 37 th, udh beberapa bulan ini (3blnan) haid setelah hari 4 dikit2 sampai lebih dari 1 minggu. saya pernah ke dokter, kalo minum obt jadi normal tapi kalo ga minum obat jadi gini dok? Mohon sarannya. Terima kasih

  30. bella nadya ulfa // 15 August 2014 at 7:29 pm // Reply

    permisi..
    nama saya bella .. saya berusia 18tahun. seorang mhasiswa dan brat bdan saya 73 kg..
    begini, saya mengalami haid 2x dlam sebulan . misalny tgl 28 juni – 3juli .. trus tgl 21 juli ny aku haid lg.. itu knpa y ?? ini udh brlangsung kira2 3blan trkhir ini,,,
    yg aku bca dri blog2,, bisa jdi krena obesitas , stress .. tdur tidak tratur, ketidakseimbangan hormon…
    kyak ny bnr sih soalny ak klo kuliah ska begadang krna slalu bnyak tgas..
    gmna donk solusi ny?? mhon di blas y

  31. saya mau tanya,bulan ini saya haid 1 mgg selang beberapa hari haid 1 hr terus berhenti skg haid lagi,apakah seperti ini pengaruh kb/kecapek’an?

  32. Haid sy beberapa bulan ini jg sampe 15 hari, bulan lalu konsultasi ke bidan diberi obat penyeimbang hormon, kemdudian berhenti, bulan ini konsultasi ke dokter juga diberi penyeimbang hormon. Menurut mereka sy capek (walau kdng nggak dirasa) dan hormon “apa” itu kurang. yg penting sesudah 15 hari mandi besar lalu laksanakan kewajiban. Berusaha dan berdoa agar sembuh.

  33. widya yustania // 25 September 2014 at 6:28 am // Reply

    tman sya,ada yg menstruasi berkepanjangan sampai 1 bulan,,,dan darahnya berhenti hanya 1 minggu,cra pengobatan seperti itu gmna ya bu? mhon penjelasan serta cra mengobatinya

  34. Saya udah hampir 1 bulan ini haid berkepanjangan. Haidnya berwarna coklat kadang hitam dan kadang darah segar. 2 hari haid selang 2 hari datang lagi. Suami jadi komplain. Kira2 ada obat herbalnya g ya? Saya takut dengan medis.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*