TANBIHUN ONLINE

Arti Sebuah Keperawanan

 Breaking News
  • May Day 2015 Buruh Wacanakan Pembentukan Partai Tanbihun.com- Pengusaha dan Buruh adalah dua sisi keping mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Buruh butuh pengusaha dan pengusaha butuh buruh. Tapi dalam perjalanan waktu sering buruh tidak setara dan...
  • Mary Jane Ditunda Eksekusinya, Bagaimana Penundaan Hukuman Ini Menurut Islam? Tanbihun.com- “Eksekusi Mary Jane ditunda” ujar Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana saat dihubungi, Rabu (29/4/2015). Keputusan ini diambil setelah Presiden Filipina menelpon Presiden Jokowi, bahwa perekrut Mary Jane telah menyerahkan diri...
  • Keistimewaan Senior Atas Yunior “Qod Yuujadu fil Mafdhuul Maa Laa Yuujadu Fil Faadhil” (Kadang ditemukan keistimewaan bagi yunior yang tidak ada bagi senior) Tanbihun.com- Kaidah ini yg digunakan menjawab ulama ketika ditanya: mengapa Isa...
  • Petunjuk Nabi saw Tentang Konflik Yaman (antara hijrah dan iqomah) Tanbihun.com- al iimaanu Yamaanun wal hikmatu Yamaniyyatun, Yaman adalah poros dan gambaran kuatnya iman dan hikmah.. Hingga Nabi saw pun menegaskannya Ditengah konflik perang “saudara seislam”, banyak ijtihad ulama dalam...
  • Kartini apa ‘Aisyah? Tanbihun.com- Jika Kartini dianggap mendobrak kejumudan berpikir wanita, Aisyah yg jauh-jauh hari melawan mainstream Jahiliah yang mendiskreditkan wanita. sampai beliau mengatakan: وقالت عائشة نعم النساء نساء الأنصار لم يمنعهن الحياء...
July 16
23:22 2011

KeamananTanbihun – Keperawanan bagi seorang gadis disebagian belahan dunia terutama di Indonesia masih dianggap penting, baik oleh para gadis itu sendiri, pria yang kelak menjadi suaminya, lingkungan atau pun keluarga. Meskipun dibeberapa negara barat, keperawanan sudah tidak penting lagi, sebab disana banyak orang yang baru menikah setelah mempunyai anak, bahkan ada yang sampai mempunyai cucu.

Lalu Apa Keperawanan Itu?

Secara terminologi keperawanan atau perawan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah : Belum pernah bersetubuh dengan laki-laki, masih murni (tentang anak perempuan).

Ada yang menghubungkan keperawanan ini  dengan selaput dara, maka perawan berarti gadis yang selaput daranya masih utuh, jika sudah robek,entah itu akibat bersetubuh atau karena hal lainnya, maka dia sudah tidak perawan lagi. dah masih banyak lagi definisi-definisi lainnya.

Yang Dijaga Apanya?

Jika merujuk pada definisi kedua, yakni keperawanan adalah terjaganya selaput dara, robek atau pecahnya selaput dara saat ini bukan lagi sesuatu yang menakutkan, karena secara medis sudah ada tegnologi yang mampu Menambal, mengganti atau mengembalikan selaput dara yang sudah terkoyak.

Tapi jika keperawanan diartikan gadis yang belum pernah bersetubuh, maka berapa kali pun operasi selaput dara, kalau dia sudah pernah berhubungan iintim, dia tetap bukan lagi seorang perawan.

Dampak Keperawanan Bagi Gadis

Demikian banyaknya definisi perawan, namun penulis lebih tertarik melihat dampak keperawanan bagi seorang gadis. Seperti disinggung diawal tulisan, bahwa virginitas atau keperwanan di masyarakat Indonesia masih dianggap sakral dan penting. Ia harus dijaga sampai tiba waktunya menikah.  Kehilangan keperawanan secara psikologis kadang berdampak negatif bagi seorang gadis.

Ada banyak kasus yang bisa kita cermati. Seorang gadis yang kehilangan keperawanannya cenderung berubah, dia bisa minder, murung dan sedih, yang lebih exstrem, dia merasa dirinya sudah tidak perlu lagi dijaga, karena hal yang paling berharga sudah hilang, entah karena akibat pergaulan bebas, pacaran yang kebablasan atau sebab lain. Ada yang berujar “sekalian saja lah, toh saya sudah tidak perawan lagi”. Patut disayangkan, seorang yang tadinya menjaga martabatnya mati-matian, hanya karena kegadisannya hilang, dia jadi lepas kendali.

 

Demikian hebatnya pengaruh keperawanan, sehingga ia layak untuk dijaga dengan keamanan extra ketat. Bagi yang sudah kehilangan sebelum waktunya, ini bukan alasan untuk mengendurkan penjagaan atas martabat seorang wanita. Jika kehilangan ini terjadi akibat kesalahan, janganlah memperparah kesalahan itu.(zid)

 

 

Artikel Terkait

2 Comments

  1. ubaidillah muchsan
    ubaidillah muchsan July 17, 02:30

    keep your virgin
    (kesucian rahim)

    Reply to this comment
  2. maspem
    maspem July 19, 11:45

    bukan hanya bagi “orang indonesia” saja itu Gan..
    kan larangan berzina ituh untuk semua manusia. gag tibur gag barat. gag dulu gag nanti.

    Reply to this comment

Write a Comment

Latest Comments

Semoga allah me ridhoi saya untuk mengamalkan jurus jurus itu, thangks ...

disebut juga ketujuh benua...setahu saya hanya 5 benua.. ...

mongolia kalah juga ...