2:05 pm - Tuesday July 15, 6538

Arti Sebuah Keperawanan

Saturday, 16 July 2011 23:22 | Opini | 2 Comments | Read 1392 Times

KeamananTanbihun – Keperawanan bagi seorang gadis disebagian belahan dunia terutama di Indonesia masih dianggap penting, baik oleh para gadis itu sendiri, pria yang kelak menjadi suaminya, lingkungan atau pun keluarga. Meskipun dibeberapa negara barat, keperawanan sudah tidak penting lagi, sebab disana banyak orang yang baru menikah setelah mempunyai anak, bahkan ada yang sampai mempunyai cucu.

Lalu Apa Keperawanan Itu?

Secara terminologi keperawanan atau perawan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah : Belum pernah bersetubuh dengan laki-laki, masih murni (tentang anak perempuan).

Ada yang menghubungkan keperawanan ini  dengan selaput dara, maka perawan berarti gadis yang selaput daranya masih utuh, jika sudah robek,entah itu akibat bersetubuh atau karena hal lainnya, maka dia sudah tidak perawan lagi. dah masih banyak lagi definisi-definisi lainnya.

Yang Dijaga Apanya?

Jika merujuk pada definisi kedua, yakni keperawanan adalah terjaganya selaput dara, robek atau pecahnya selaput dara saat ini bukan lagi sesuatu yang menakutkan, karena secara medis sudah ada tegnologi yang mampu Menambal, mengganti atau mengembalikan selaput dara yang sudah terkoyak.

Tapi jika keperawanan diartikan gadis yang belum pernah bersetubuh, maka berapa kali pun operasi selaput dara, kalau dia sudah pernah berhubungan iintim, dia tetap bukan lagi seorang perawan.

Dampak Keperawanan Bagi Gadis

Demikian banyaknya definisi perawan, namun penulis lebih tertarik melihat dampak keperawanan bagi seorang gadis. Seperti disinggung diawal tulisan, bahwa virginitas atau keperwanan di masyarakat Indonesia masih dianggap sakral dan penting. Ia harus dijaga sampai tiba waktunya menikah.  Kehilangan keperawanan secara psikologis kadang berdampak negatif bagi seorang gadis.

Ada banyak kasus yang bisa kita cermati. Seorang gadis yang kehilangan keperawanannya cenderung berubah, dia bisa minder, murung dan sedih, yang lebih exstrem, dia merasa dirinya sudah tidak perlu lagi dijaga, karena hal yang paling berharga sudah hilang, entah karena akibat pergaulan bebas, pacaran yang kebablasan atau sebab lain. Ada yang berujar “sekalian saja lah, toh saya sudah tidak perawan lagi”. Patut disayangkan, seorang yang tadinya menjaga martabatnya mati-matian, hanya karena kegadisannya hilang, dia jadi lepas kendali.

 

Demikian hebatnya pengaruh keperawanan, sehingga ia layak untuk dijaga dengan keamanan extra ketat. Bagi yang sudah kehilangan sebelum waktunya, ini bukan alasan untuk mengendurkan penjagaan atas martabat seorang wanita. Jika kehilangan ini terjadi akibat kesalahan, janganlah memperparah kesalahan itu.(zid)

 

 

Share on :

About

Blogger yang selamanya jadi murid ... ... ... ...

 

EBOOK GRATIS UNTUK ANDA !

Artikel Gratis Langsung Ke Email Anda, Jangan Lupa Cek Email Anda Untuk Aktifasinya !

 
Tagged with: ,

arti keperawanan,arti sebuah keperawanan,definisi perawan,pengertian perawan,arti perawan,keamanan,arti sebuah perawan,arti keperawanan bagi wanita

Anda mungkin juga menyukaiclose