Berkat Zam-Zam, Rendra Berhenti Minum Alkohol

Hosting Unlimited Indonesia


Dilahirkan dalam keluarga Katolik, almarhum penyair sekaligus budayawan W.S Rendra di tengah perjalanan hidupnya memutuskan untuk menjadi mualaf. Ia pindah keyakinan pada 1971.

Menurut Rachel, salah satu anak Rendra ada dua versi cerita mengenai perpindahan keyakinan ayahnya. “Ini versi saya yah. Dia pernah cerita ke saya, katanya, waktu itu dia sedang di Parangtritis (salah satu pantai di Jogya, red), kemudian ada angin besar, dia langsung menunjuk tangannya ke atas. Nah di situ ia langsung membaca syahadat,” ungkap Rachel.

Pada versi lainnya diceritakan oleh Rachel, Rendra berpindah keyakinan karena menikah dengan ibunya (istri kedua, red), maka Rendra pun menjadi mualaf sejak saat itu. Rendra pun sempat menunaikan ibadah haji selepas memutuskan jadi mualaf. Saat itu ia berangkat ke tanah suci bersama Setiawan Djodi. Menurut penuturan Rachel, papanya ketika meminum air zam-zam yang dirasakan malah seperti minum wiski. Sejak saat itu Rendra pun tak pernah menyentuh minuman keras lagi.

Sejak menunaikan ibadah haji, perlahan tapi pasti Rendra menjadi sosok yang cukup religius. Bahkan selalu berpesan pada anak-anaknya untuk menunaikan sholat. “Dia benar-benar sholat sama meditasi. Semua anaknya pun dilatih untuk melakukan itu. Malah dia berpesan, ‘saat kita marah atau emosi, kamu harus meditasi’. Bahkan kalau ada yang susah tidur disuruh meditasi aja,” jelas Rachel. (kpl/hen/riz)

sumber : yahoo news/kapanlagi.com

2 Comments on Berkat Zam-Zam, Rendra Berhenti Minum Alkohol

  1. hemmm…manusia emang punya kisah spiritual masing2 kok……

  2. Semoga kita dapat mengambil hikmahnya sehubungan dengan adanya air zam zam itu.
    Baik makna yang tersurat maupun yang tersirat.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*