Menag Akan Pimpin Sidang Itsbat Penetapan Awal Ramadhan 2012 Pada Kamis,19 Juli 2012

keputusan depag puasa 2012

Sidang Penetapan Awal Puasa

Tanbihun.com- Menteri Agama Suryadharma Ali meminta Muhammadiyah agar hadir pada acara Sidang Istbat yang akan digelar pada Kamis (19/7/2012) sore untuk menentukan awal Ramadhan pada  tahun ini di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. Karena  itu, pihaknya berharap Muhammadiyah  dapat  mengutuskan perwakilan.“Pelaksanaan Sidang Istbat ini Kemenag akan mengundang perwakilan organisasi kemasyarakatan Islam, termasuk Muhammadiyah,” kata Suryadharma usai acara penyampaian hasil survei kepuasan jemaah haji Tahun 2011, di Gedung Badan Pusat Statisti (BPS), di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menolak mengirim utusannya ke Sidang Istbat, karena dinilai sidang tersebut tidak memberikan solusi soal atas perbedaan penanggalan awal Ramadhan yang terjadi selama ini. Muhammadiyah sendiri telah menetapkan awal Ramadhan 1433 Hijriah jatuh pada hari Jumat, tanggal 20 Juli 2012.  “Saya berharap Muhammadiyah hadir di Sidang Istbat. Persatuan dan kebersamaan itu lebih baik daripada perbedaan,” ujar Suryadharma.

Suryadharma mengatakan Sidang Istbat itu akan dilakukan rukyah untuk menentukan awal Ramadhan. Setelah mendapatkan laporan dari berbagai daerah mengenai rukyah, baru bisa disimpulkan kapan dimulainya puasa. Sementara itu, Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil mengatakan, pihak tetap mengundang Muhammadiyah untuk ikut Sidang Istbat. “Undangan sudah dilayangkan ke Muhammadiyah, sebagai anggota Badan Hisab dan Rukyah (BHR) Kemenag,” jelas Abdul Djamil. “Perkara mereka tidak datang, ya tidak apa-apa. Tetapi lebih baik datang untuk menunjukkan kekompakan Islam di Indonesia. Selama ini PP Muhammadiyah cukup aktif dalam mengikuti agenda-agenda di BHR. Termasuk sidang isbat. “Tahun lalu mereka ikut,” tegas dia.

Keengganan Muhammadiyah terjadi  karena adanya perbedaan criteria kondisi  penentuan awal  bulan qomariyah, karena  hanya Muhammadiyah yang menggunakan criteria WUJUDUL HILAL, dimana sebagian besar organisasi Islam lainnya menggunakan criteria Rukyat  (NU, dkk) atau Imkanur Rukyat (Persis dkk), sehingga Muhammadiyah merasa sendirian. (Lihat: Potensi Ikhtilaaf Penentuan Awal Bulan:Hisab Atau Rukyat Untuk Menentukan Awal Bulan Hijriyah

Sumber: Pos Kota

2 Comments on Menag Akan Pimpin Sidang Itsbat Penetapan Awal Ramadhan 2012 Pada Kamis,19 Juli 2012

  1. Muhammadiyah lebih memilih berselisih daripada bersatu.. setiap perselisihan itu sebaiknya dikembalikan kepada al Quran & As Sunnah dengan pemahaman Salaful Ummah..

  2. hamba Allah // 19 Juli 2012 at 6:15 pm // Balas

    Muhammadiyah sebaiknya datang, demi menjaga kekompakan umat muslim, perkara awal puasanya gak sama gak masalah, ttep kembali ke keyakinan masing2, yg salah yg gak puasa… Merdeka..

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Menag Akan Pimpin Sidang Itsbat Penetapan Awal Ramadhan, Sore Ini | Tanbihun Online

Leave a comment

Your email address will not be published.

*