Filsafat Islam Dan Pengaruhnya Terhadap Ilmu Pengetahuan

Hosting Unlimited Indonesia


al-kindiDari segi bahasa, Filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu gabungan dari kata Philo yang artinya cinta, dan Sofia yang artinya kebijaksanaan, atau pengetahuan yang mendalam. Jadi dilihat dari akar katanya, filsafat berarti ingin tahu dengan mendalam atau cinta terhadap kebijaksanaan.

Adapun makna filsafat menurut terminologi adalah berfikir secara sistematis, radikal dan universal, untuk mengetahui hakekat segala sersuatu yang ada, seperti hakekat alam, hakekat manusia, hakekat masyarakat, hakekat ilmu, hakekat pendidikan dan seterusnya. Dengan demikian maka muncullah apa yang disebut filsafat alam, filsafat manusia, filsafat ilmu dan sebagainya.

dalam pada itu perlu juga dijelaskan tentang ciri-ciri berfikir yang filosofis. Yaitu harus bersifat sistematis, maksudnya fikiran tersebut harus lurus, tidak melompat-lompat sehingga kesimpulan yang dihasilkan oleh pemikiran tersebut benar-benar dapat dimengerti. Kedua harus bersifat radikal, maksudnya harus sampai ke akar-akarnya sehingga tidak ada lagi yang tersisa untuk dipikirkan. Ketiga harus bersifat universal yaitu menyelurug, melihat hakekat sesuatu dari hubungannya dengan yang lain dan tidak dibatasi untuk kurun waktu tertentu.

Adapun pengertian Islam dari segi bahasa adalah selamat sentausa, berserah diri, patuh, tunduk dan taat. seseorang yang bersikap demikian disebut Muslim, yaitu orang yang telah menyatakan dirinya taat, menyerahkan diri, patuh dan tunduk kepada Alloh Swt.

Islam menurut terminologi adalah Agama yang ajaran-ajarannya diwahyukan oleh Alloh kepada manusia melalui nabi Muhammad sebagai Rasul Allah.

dari pengertian-pengertian di atas dapat diambil suatu kesimpulan bahwa Filsafat Islam adalah berfikir secara sistematis, radikal dan universal tentang hekekat segala sesuatu berdasarkan ajaran Islam. Singkatnya filsafat Islam itu adalah Filsafat yang berorientasi kepada Al Qur’an, mencari jawaban mengenai masalah-masalah asasi berdasarkan wahyu Allah.

Jadi ciri utama filsafat Islam adalah berfikir tentang segala sesuatu, dapat berfikir teratur, tidak cepat puas dalam penemuan sesuatu,selalu bertanya dan saling menghargai pendapt orang lain.

Filsafat adalah induknya segala ilmu, sebagai induk segala ilmu, maka filsafat mempengaruhi ilmu-ilmu lainnya, seperti ilmu fiqih, ilmu kalam, tafsir dan sebagainya. Berbicara mengenai hukum fiqih, maka fiqih sendiri bengandung arti mengerti dan memahami. Untuk memahami diperlukan pikiran dan penggunaan akal. Selain itu fiqih juga memakai ijtihad yang pada intinya adalah pemakaian akal untuk dalil-dalil yang bersifat dzonniy dan terhadap kasus-kasus hukum yang tidak jelas atau sama sekali tidak ada dasarnya baik dalam Al Qur’an maupun Al Hadits.

Demikian juga untuk menafsirkan Al Qur’an, menjelaskan hubungan manusia dengan Alloh dalam ilmu Tasawwuf, menjelaskan kandungan hadits, banyak sekali digunakan pemikiran. Dengan demikian filsafat sangat besar pengaruhnya terhadap ilmu pengetahuan.

4 Comments on Filsafat Islam Dan Pengaruhnya Terhadap Ilmu Pengetahuan

  1. asssalamualaikum bung rifa’i

    saya boleh bergabung to?
    saya hanya ingin menggaris bawahi
    ” Dengan demikian filsafat sangat besar pengaruhnya terhadap ilmu pengetahuan”.

    mohon dijelaskan,sebesar apakah pengaruh filsafat islam terhadap ilmu pengetahuan,ukuran dan alat ukur yang digunakan apa yang menyebabkan ada korelasi antara filsafat islam dan ilmu pengetahuan.
    sedangkan dibeberapa teori banyak yang bertentangan dengan filsafat islam,misalnya teori darwin,big bang,antrophology dan masih banyak teori-teori yang bertentangan dengan ilmu pengetahuan.
    dengan demikian saya menyimpulkan bahwa pernyataan bung rifa’i masih sebuah aksioma yang belum bisa dibuktikan secara teoritis maupun filsafat dan logika.

    demkian bung pandangan saya,harapna saya agar bung rifa’i bisa berfikir filosofis yang sudah bung rifa’i paparkan di atas,yaitu pencaria makna secara mendalam dan bijaksana,semuga tidak akan menjadikan salah paham,tapi jadi sebuah masukan yang bisa mendorong bung rifa’i untuk berfikir yang kebih kritis dan dinamis
    wassalam
    kayat

    • Rifai Ahmad // 21 June 2010 at 8:33 am // Reply

      @kayat, makasih masukannya mas….memang penelitian tentang itu belum saya liat. untuk merumuskan seberapa besar pengaruh sesuatu terhadap sesuatu hal, memang perlu dilakukan penelitian ilmiah. walopun secara standart ilmiah tdk masuk kriteria, akan tetapi pengaruh filsafat islam terhadap ilmu pengetahuan memang tdk dapat kita pungkiri….sekali lagi matur nuwun mas.

  2. kayat.
    alkindi, ibnu rus, imam Al-Ghozali mereka adalah filsuf islam.
    fisalfat timur yang didominasi oleh fislosuf muslim itu di kenal dengan ajaran misti. jadi jika kita berfikir tidak bisa menemukan itu diakaitakan dengan Tuhan. berbeda dengan eropa yang selalu merasionalkan sesuatu. jadi darwin adalah tokoh filosuf eropa….berbeda dengan filsafat timur

  3. filsafat merupakan salah satu induk dari ilmu pengetahuan dan ilmu mulsifat alamiah telah berkembang dengan pesat yang dikembangkan oleh ahli-ahli dan filosof kaum muslim.sebenarnya ilmu pengetahuan itu termasuk dalam filsafat tapi karna berbagai permasalahan dan gejala-gejala yang ada maka filsafat dan ilmu pengetahuan menjadi terpisah.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*