Menguak Rahasia Hizib,wafaq,dan Ilmu Hikmah

Melanjutkan tulisan tentang Khoriqul adah ( perkara yang diluar kebiasaan ) karomah versus sihir.

Ada satu lagi yang termasuk Khoriqul adah, yaitu kelebihan yang diberikan Allah didasari dari laku riyadhoh atau membaca wirid tertentu dengan dosis yang ditentukan pula, ilmu ini sering disebut ; ilmu hikmah, maka ilmu ini bisa dicapai atau dimiliki oleh siapapun, tidak memerlukan bakat khusus, siapa yang memenuhi persyaratan dan melaksanakan tata-caranya, dia akan memperolehnya.

Ada yang berpendapat, bahwa ilmu hikmah itu bukan bagian dari tasawuf, meskipun ada ulama-ulama sufi yang memberikan ilmu hikmah, ilmu hikmah bisa berupa do’a atau wirid-wirid semacam hizib, asma atau berupa wifiqwafak ( rajah-rajah berupa angka maupun huruf hijaiyyah ).

Ulama-ulama yang menerangkan tentang ilmu hikmah ini semisal ; Syaikh Ali al-Buny dengan kitab man’baul hikmah yang masyhur, Abi hasan as-Syadzili dengan kitab Sirrul jalil yang membuat juga hizib nashor yang melegenda.

50 Comments on Menguak Rahasia Hizib,wafaq,dan Ilmu Hikmah

  1. Ada sebagian berpandangan bahwa hizib atau wafaq ini sebuah perilaku bid’ah, ada pula yang membolehkanya, sayangnya kedua kutub ini memiliki dasar kajian yang berbeda, lalu dimana yang benarnya

  2. ibn khasbullah // 19 Februari 2010 at 1:38 pm // Balas

    Dua kutub yang berseberangan itu sebenarnya bila mereka berhati dingin MEMPUNYAI SATU TITIK TEMU yakni:

    ” OJO ANDUWENI PENYONO YEN SAK LIYANE ALLAH IKU ANDUWENI ATSAR / KEKUATAN KANG HAQIQI ”
    = “Jangan punya keyakinan bahwa selain Allah itu memiliki kekuatan sejati yang menentukan”.

    Tatkala Nabi Musa menghidupkan orang mati terbunuh dengan cara dipukul dengan bagian (lidah/ buntut) sapi/ Al- Baqoroh, maka menjadi musyriklah bila seseorang percaya bahwa yang memiliki kekuatan menghidupkan adalah bagian BUNTUT/ LIDAH sapi atau kekuatan nabi Musa sendiri, sebagaimana yang dilakukan oleh nabi Isa menghidupkan orang mati dan banyak yang percaya bahwa itu adalah kekuatan nabi Isa sendiri, bukannya kekuatan Allah Yang Maha Menghidupkan dan Maha Mematikan yang diberikan kepada nabi Musa dan Isa….. Tatkala Nabi Musa membelah lautan dengan TONGKAT nya, maka menjadi musyriklah seseorang yang percaya bahwa tongkatnya itulah yang memiliki kekuatan membelah lautan…. Tatkala nabi Muhammad menyatakan bahwa “Habbah sauda'” itu obat dari segala penyakit kecuali kematian” – shohih, maka menjadi kafirlah seseorang yang percaya bahwa “HABBAH SAUDA’ itu memang memiliki kekuatan sendiri yang menyembuhkan, bukan khasiyat kekuatan dari Allah…… Ketika nabi Muhammad menyatakan bahwa “AIR ZAMZAM” itu mempunyai khasiyat sesuai apa niat peminumnya”- shohih, maka menjadi musyriklah seseorang yang mendewakan” air zamzam… Tatkala seseorang percaya bahwa opium dan heroin itu mempunyai sifat dan kekuatannya sendiri yang merusak tubuh dan jiwa, maka orang tersebut ada dalam bahaya kekafiran.
    Ketika seorang pasien mendatangi seorang dokter (atau dukun) dan diberi paracetamol, kemudian pasien itu percaya bahwa kesembuhannya karena PARACETAMOL atau karena sang dokter, maka menjadi rusaklah keimanan dia, kecuali kalau ia percaya bahwa ALLAH TELAH MELETAKKAN KHASIAT (Content) PENURUN PANAS pada paracetamol.

    Bila seorang meyakini bahwa Uranium. Plutonium, Radium dll memiliki Khasiyat (content) “GAIB” tak kelihatan mata yang dapat merusak tubuh dan dapat merangsang mutasi gen yang dapat menimbulkan Cancer, serta memiliki kekuatan “JIN ATOMIC” maka selama ia meyakini yang memberikan CONTENT/ khasiyat itu adalah Allah, maka itu tak menjadi masalah.
    Contoh- contoh diatas menjelaskan kepada kita bahwa Allah tidak mustahil menempatkan khasiyat dan content tertentu kepada benda- namun hati- hati jangan diyakini bahwa benda itulah yang memiliki kekuatan sendiri.
    Tatkala nabi Dawud berdo’a “Robbana afrigh alaina shobron watsabbit aqdaaman wan shurna alal qoumil kafiriin”, tentu saja dengan bahasa Ibrani (nabi Dawud keturunan Bani Israel yang berbahasa Ibrani)dan tentu terasa aneh ditelinga kita yang tak mengerti bahas Ibrani- seperti mantra saja-, maka do’a yang setara dengan itu DENGAN BAHASA APAPUN yang tujuannya hanya kepada Allah adalah terpuji dan do’a itu bernilai ibadah, KARENA DO’A TIDAK HARUS MEMAKAI BAHASA ARAB.

    Sebaliknya segala do’a WALAU PAKAI BAHASA ARAB, bila mengandung keyakinan KEKUATAN SELAIN ALLAH, maka do’a itu adalah DO’A YANG TERTOLAK.
    Hizib apapun yang dibaca dengan mengharap meyakini akan datangnya pertolongan Allah, maka itu baik.
    Hizib apapun yang diyakini PUNYA KEKUATAN SENDIRI, maka itu tertolak….

    Akhirnya, kami ingatkan pesan nabi tentang Hizb agar bagi para pengamal Hizib, jangan melalaikan Hizbnya;
    ‘An Umar bin al- Khottob Qoola, Qoola Rasulillahi SAW: “Man Naama ‘ala HIZBIHI minallail au min syai-in minhu faqoro’ahuu maa baina sholatil fajri washolatid dhuhri kutiba lahuu ka annamaa qoro’ahuu minal lail”. = Barang siapa ketiduran dari HIZB nya disuatu malam atau sebagian darinya kemudian ia membacanya diwaktu antara sholat subuh dan solat dhuhur, maka ia dituliskan seperti telah membaca hizb nya dimalam hari. Shohih, H.R. Muslim – Ryadhus sholihin bab Fil mukhafadhoh ‘alal a’maal .no,2 halaman 92.

  3. Kajiannya sangat menarik dan kayaknya kyai pengamal Hizib juga .

    1. Sebuah hadits,dari Imran bin Husain,Radhiyallahu Anhu,menuturkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam melihat seorang laki-laki terdapat di tangannya gelang kuningan,maka beliu bertanya :”apakah ini?Orang itu menjawab :”Penangkal sakit”.Nabi pun bersabda:”Lepaskan itu, karena dia hanya akan menambah kelemahan pada dirimu;soalnya kalau kamu mati sedang dia itu masih ada pada tubuhmu , kamu tidak akan beruntung selama lamanya” hadits riwayat imam ahmad.

    2.Dirwayatkan hadits marfu dari Abdullah bin Ukaim: Barangsiapa menggantungkan sesuatu barang (dengan anggapan bahwa barang itu bermanfaat atau dapat melindungi dirinya), niscaya Allah menjadikan dia selalu
    mengandalkan barang tersebut.(hadits riwayat Imam Ahmad dan at-Turmidzi).

    Kedua petikan hadits ini berkaitan dengan :
    1.Ruqyah;yaitu yang di sebut pula Azimah ini khusus diizinkan selama penggunannya bebas dari hal-hal syirik,soalnya Rasulullah telah memberi keringanan dalam hal ini .

    2.Tamimah :sesuatu yang di kalungkan di leher anak-anak sebagai penangkal atau pengusir penyakit,pengaruh jahat yang di sebabkan rasa dengki seseorang ,dst.

    3.Wadaah:sesuatu yang di ambil dari laut, menyerupai rumah kerang: menurut anggapan orang-orang Jahiliyah dapat digunakan sebagai penagkal penyakit .Termasuk dalam pengertian ini adalah jimat.

    4.Tiwalah:sesuatu yang dibuat dengan anggapan bahwa hal tersebut dapat membikin istri mencintai suami,atau seorang suami mencintai istrinya.

    Keempat hal ini menurut Ibnu Masud Radhiyallahu Anhu adalah perbuatan yang terlarang

    Gelang, benang dan sejenisnya tidak berguna untuk menolak atau mengusir sesuatu penyakit,bahkan berbahaya , karena Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda :<>

  4. ibn khasbullah // 22 Februari 2010 at 8:33 am // Balas

    Betul, tapi saya hanya mengamalkan HIZB MA’TSUUROOT, yakni semua bacaa’an YANG PERNAH DIBACA dan diajarkan Rasululloh.

  5. kata nya kitab karangan imam al buni itu kitab sesat.ap benar itu.& kitab ilmu hikmah itu juga kitap sesat yang tidak di ajarkan rasulullah saw.& menyimpang dari ajaran islam.mohon penjelasan ny ustadz.

  6. Muhamamad Usman : jangan semabarangan coment..ente ga bakalan tahu ilmu hikmah jika hanya nonton dan dengan sikap apriori…bagi ane semua bermanfa’at tergantung dari sisi mana kita menilainya. kalau ga suka ga usah mencela…itu diantara “Hikmah” yang diajarkan Nabi …

  7. yups aq setju pendpt loe sunthree, janganlh sembrng mencla orang lain bisa saja yang mencela ternyata lebih tercela.

  8. share yang sangat menarik kang,semoga bermanfaat buat kita semua….amin

  9. bagamaimana pendapat antum ttg kitab khazanatul asror dan al-wafaq

  10. semua kekuatan itu datangnya dari ALLAH SWT,, dan stiap ciptaan ALLAH itu diciptakan tidak sia-sia.. maka dari itu”RENUNGKANLAH” semua itu haknya ZAT yg MAHA KUASA ALLAH SWT kembali kepada keyakinan,,hati dan akal pikiran.

  11. mau tanya nich……

  12. segala sesuatu harus dengan ilmu nya…ibadah aja klo ga dengan ilmu nya ga di terima…tuch….jangan asal telan…pake filter dung……..sok teangan elmu na ja hukum na wajib…ker lalaki sareng awe we…..tina aisan nepi ka liang lahad….sanajan jauh ayanadi negri cina…

  13. ilmu merupakan akar yg paling dasar,,,klo nga ada ilmu kita pasti tersesat,,,dan jga mencari ilmu tu wajib,,,

  14. abdul kadir zaelani // 18 Desember 2011 at 9:15 pm // Balas

    aslm, maaf numpang berkomentar menurut pengalaman ana, kitab yang antum sebutkan seperti samsul ma’arif karya syaikh al-buni asli orang syiah ternyata hanya menjadikan dukun berkedok ustadz tidak lain amalan yg ada di dalam kitab itu hanya mendatangkan jin yg pada akhirnya membuat kita menjadi paranormal atau sebangsanya. Ada seorang ustadz,dia mengamalkan yg ada di kitab itu katanya bisa mendatangkan malaikat yg katanya bisa disuruh2 yg bernama abdur rohman padahal ustadz tersebut tidak tahu itu tipu daya jin. Dia mengaku2 sebagai malaikat padahal kita tahu sendiri pd riwayat2 yg mutawatir bahwa malaikat jibril tidak datang kepada nabi muhamad saw kecuali atas perintah allah swt bukan atas kehendak beliau. jadi ustadz tersebut dibohongi oleh jin yg mengaku sebagai malaikat abdur rohman, jadi kita sebaiknya sebagai umat islam utk menjauhi karya karya ulama perdukunan seperti itu

    • siapa yang ngomong Syech ahmad bin ali bin yusuf al buni itu syiáh… salah kaprah orang2 ini. kalo ngomong harus ada dasarnya jangan asal bicara. bikin masalah saja. orang kalau belum berilmu jangan banyak bicara.
      ini linknya syech ahmad al buni.http://vishnumurti.com/syeikh-ahmad-bin-ali-bin-yusuf-al-buni

      yang dimaksud itu al bani ahli wahabiyah si tukang cukur yang tidak hafal 10 hadist yang sanad dan matannya sampek ke rosulalloh, yang mengkritisi hadist2 tersebut dengan seenak udelnya… ini linknya jk tahu lebih banyak ya dikirm di blog ini ini fotonya kalo pengen tahu lebih lanjut cari di internet dan di kitab2 orang2 terdahulu .http://almaliki.blogspot.com/2011/03/menolak-kesangsian-yang-menjadi.html

    • Taufik Al-Bantani // 29 Mei 2012 at 1:19 pm // Balas

      Askm…dengan tidak mengurangi rasa hormat pada semuanya. bahwa Ulama pengarang kitab yang disebutkan diatas adalah ulama juhud kepada allah swt. jangan salah mengartikan arti ilmu hikmah, karena itu semua khasanah ilmu yang diberikan oleh allah melalui utusannya yaitu kangjeng nabi muhamad saw itu benar adanya,. dan benar apa yang dijalankan oleh para ulama berdasar pada sari’at nabi. tetapi beda dengan yang dijalankan jaman2 sekarang ini, banyak disalah gunakan…mengatas namakan apa saja. jadi tolng kalau ingin tahu dengan ini semua coba cari ilmunya dan tanya pada ulama2 insyaallah ada jawabannya….karna ilmu ini didalamnya bukan ilmu yang mengadalkan akal pikiran lagi…..wasalm taufik Al-bantani

  15. selalu menjadi perdebatan msalah seperti ini. klo mnurut yg ane tau c, klo ilmu hikmah itu bisa bkin yg punya ilmu semakin dekat dg ALLAH. Ilmu itu akan perlahan2 memperbaiki prilaku yg punya dan ibadahnya akan meningkat. Msalnya: dia akan merasa sangat menyesal jika melewatkan 1 shAlat fardu. Dia mrasa ALLAH selalu melihatnya jdi dia lbih bisa mengontrol prilakunya. :)
    So, saran ane “jgan blg gula itu manis jika anda blum pernah merasakan gula”. Klo percaya sma kta2 org jga percma kita g kahn tau klo dy membohongi kita. Agan-agan semua juga jangan percaya kata2 ane, tpi buktikan sendiri. Jika emg itu ilmu hikmah mka perubhannya positif, tpi klo hanya berkdok ilmu hikmah mka perubahannya negatif.
    Wassalam.

  16. anak SD membahas Pelajaran Kuliah mana nyambung yg ada mata pelajarannya yg disalahkan …. biasanya dikitab hikmat tsb terdapat kata ” jangan diajarkan kpd orang bodoh “

  17. betul tuh andyk. kata-kata jangan diajarkan kepada orang bodoh. menuduh syekh al buni syiah ahli shir. laa dianya siapa ? Jangan mengomentari buku professor kalau masih di Play group. mendingan diem gak usah komentar kalo gak ada ilmunya. sok sok pada ngarti ilmu tapi bego, baca ktab terjemahan sok sok ngerti aslinya. memang banyak beo lagi belajar ngomong.

  18. Ya Allah aku berlindung dari hal-hal yang demikian, dan lindungilah saudara-saudaraku yang seiman dari perbuatan yang demikia, mengapa tidak pakai HIJI BAE sih Allah yang paling sakti, paling kaya, paling pandai diatas segala-galanya semua dalam genggamannya, jauhilah hambamu ini dari perbuatan yg sedikit manfaatnya dosa nya lebih besar bahkan tak terampuni, yang sudah terlanjur teruskan saja biar nyemplung dalam azab yang sangat pedih, semua ayat bermanfaat Allah tidak membedakannya, bismillah saja bila yaqin Allahnya air kita katakan racun bisa jadi racun, mengapa kita membeda-bedakannya, karena kita bedakan maka hanya-ayat-ayat tertentu yang kita kultuskan rusaklah Iman kita, jauhilah sobat……………………………trima kasih

    • evafathony // 21 April 2012 at 9:56 pm // Balas

      ALLOH MAHA diatas MAHA tapi krn aku trima smua brita tentangMU YA ROB lewat guru yg dia dri gurunya dan begitu sterusnya jd amat sangat wajar ilmu ALLOH yg di titipkan kpd kekasih”NYA banyak dan bermacam bentuk smua di brikan oleh ALLOH untuk hambaNYA untuk di plajari sesuai printahNYa ”UTLUBUL ILMA MINAL MAHDI ILAL LAHDI’,,,,,,,,,

    • evafathony // 21 April 2012 at 10:13 pm // Balas

      ALLOH MAHA diatas MAHA tapi krn aku trima smua brita tentangMU YA ROB lewat guru yg dia dri gurunya dan begitu sterusnya jd amat sangat wajar ilmu ALLOH yg di titipkan kpd kekasih”NYA banyak dan bermacam bentuk smua di brikan oleh ALLOH untuk hambaNYA untuk di plajari sesuai printahNYa ”UTLUBUL ILMA MINAL MAHDI ILAL LAHDI’,,,,,,,,,
      ingat” di wajibkan lho kawan

  19. evafathony // 21 April 2012 at 9:38 pm // Balas

    gak ada yg salah dan baiknya kita blajar untuk mengenal biar mrasa &akhirnya tahu betapa smua ilmu itu bagus,,,,

  20. Sulitnya belajar ilmu hikmah…sampe kepala puyeng

  21. Klo Nt bukan org hikmah,jgn sekali2 ngebahas hikmah,bukan tempat nya.

  22. mau ikut belajar

    • ujangMETAL // 8 Juli 2012 at 10:28 am // Balas

      asslamualaikum..shbat..hehe
      Nimbrung ah..bwt qt2 yg awam pemula dlm ilmu
      Belajarlah ilmu scara tersusun..begini: ilmu Allah kan luas..ktahuilah
      Ada ilmu pokok
      Ada ilmu Cabang

      Mencari ilmu itu fardu.
      Pardu ain
      Pardu kifayah
      Dahulukan dlu yg pokok.1.ilmu tauhid.2.ilmu fikih(tata cara ibadah) alasannya PeNTING 1000X penting.fungsinya kelak agar qt bs memahami cabang2 ilmu berikutnya dlm islam dg mudah.mis.ilmu hikmah(ilmu Cabang).yg qt bhas skarang.
      Ingat yg qt cari Mardhotillah..srta rahmat Allah..itu smua hrus dgn ilmu.sumber ilmu itu Alqur’an.
      Satu hal jangan Bertikai saling menylisihi.dlu iblis dikutuk krna ksmbongan.trus Qt takan menanggung dosa orang laen.cari manfaat bwt qt,
      Qt cma skdar Usaha..smga brmanfaat.

  23. ass…sangat bermanfaat syekh, smg allah mrahmati anda. trm ksh

    clik MINYAK MISTIK

    • Allah berfirman…
      Jibril menyampaikan firman Allah kepada utusan Allah..
      Nabi muhammad mengajak dan mengamalkan kepada umat manusia..
      Hal2 lain selain Firman Allah dan Hadist nabi hanyalah buah dari hati dan pikiran kita semua..baik dan buruk hanya Allah yg Maha Tahu..termsuk omongan saya ini hanya semata2 dari hati dan pikiran saya, tidak ada satupun asalnya dr Allah..sebenar2 nya ilmu menurut saya hanya Firman Allah dan hadist nabi.ya Allah sesunggunhnya kami ini hanyalah berjalan di tempat yang gelap gulita..

      • SALAM UTK SEMUA SAUDARA SEBANGSA & SETANAH AIR INDONESIA.

        LA IQROHAFIDDIN : TDK ADA PAKSAAN DLM BERKEYAKINAN.
        DI QUR’AN TERDAPAT KISAH MANUSIA YG MEMILIKI ILMU HIKMAH DARI ALLAH, BELIAU BUKAN NABI & JUGA BUKAN ROSUL TETAPI BELIAU BESERTA KELUARGA TERCANTUM DLM QUR’AN. BELIAU ADALAH IMRON.

  24. HKMAH ADALAH SEGALA SESUATU ISI DIBALIK SEGALA SESUATU YANG NYATA.
    CONTOH : INTAN, MANUSIA HANYA TAU BAHWA INTAN ADALAH BATU PERMATA YG INDAH, KEKERASAN DLM SKLA MOSH 10 PALING KERAS DIANTARA SEMUA JENIS MINERAL, KRN BLUM TAU SALAH DLM PENGETAHUAN & PEMAHAMAN AKHIRNYA KEYAKINANNYA KELIRU, MANUSIA MENYATAKAN INTAN ADALAH PERMATA YG ABADI.
    TERNYATA SETELQH DIPELAJARI LEBIH LANJUT, HIKMAH DJDALAM INTAN ADALAH: INTAN TERSUSUN OLEH ZAT KARBON ( ARANG, ASAP PEMBAKARAN ) YG TERBENTUK DARI CARBON MAGMA ATAU LAVA YG MENGERAS TERJEPIT OLEH LAPISAN BUMI TERTEKAN DLM TEKANAN BESAR DLM WAKTU TERTENTU, INTAN TDK ABADI, JIKA DIPANASKAN DG SUHU TINGGI DLM WAKTU TERTENTU DPT ,TERBAKAR HABIS LENYAP KEMBALI MENJADI ASAP & ARANG.

    HIKMAH ADALQH MENGETAHUI SEGALA RAHASIA DARI SESUATU YG NYATA, SEHINGGA MANUSIA TDK MUDAH TERTIPU, TERGODA, OLEH BENTUK WARNA PENAMPAKAN

    • Lanjutan.
      ADA ISTILAH WAJAH RATU TAPI HATI ASU…!
      NYATANYA PENAMPILAN SEPERTI SEORANG RATU, TETAPI HIKAMAH DIBALIKNYA TERNYATA HATINYA BUSUK…!

      JIKA MANUSIA TDK MEMPELAJARI ILMU HIKMAH, MAKA HIDUPNYA SEPERTI ORG YG TDK BERNJAK DEWASA, MUDAH TERTIPU OLEH BENTUK, UKURAN, WARNA, DLL.
      SILAKAN MEMPELAJARI ILMU HIKMAH UTK KESELAMATAN DIRI KELUARGA

      • Selama itu baik dan karna Alloh..
        Dan bkn karna alibi,n logika para wahabiah yg ga tau apa2

        • orang jaman sekarang udah kaya mujtahid aja,berani menyalahkan ulama yang jelas-jelas sudah terbukti kebenarannya dan di akui oleh ulama lainnya.eeh sekarang ada yang bilang itu kitab sirik,,luar biasa kesombongannya.dengan modal jenggot panjang jidat hitam dan celana cingkrang,bikin kaco umat..merasa diri paling benar dengan memusrikan saudaranya sendiri, ini sangat menyakiti hati kaum muslimin khususnya di indonesia dengan menyebut ahlul bid’ah,padahal mereka tahu kalau yang mengamalkan yang menurut mereka bid’ah punya dasar yang kuat,dan mestinya mereka sadar bahwa kebenaran hanya milik Allah,

          • Ga semua para syekh kiyai itu bnar mereka juga manusia mereka juga seperti kita jdi kalau anda merasa kta syekh benar brrrt anda tdk punya pendirian zaman skrng apa2 hrrus d kaji oleh diri kita sendiri jangan menilai a atau b yang terpenting kita beribah yang bnar tawakal sudah

  25. gmana tata cara mengamalkn ilmu hikmah itu dan apa bacaan atau amalannya

  26. mohon penjelasan yang lengkap

  27. Saya yakin semua yg beragama muslim mempunyai simpenan (wafaq),,
    Karomah ayat ayat al,quran sangat besar kekuatan karomahnya,

  28. sumarman alfati // 19 Agustus 2013 at 11:44 am // Balas

    ilmu dan hikmah adalah milik alloh.hanya org2 yg terpilih yg mampu menjelskan hakikat dr pengertian keduanya.krn klo kita salah dlm menafsirinya akn berakibat fatal bg para pembaca.salah satu wujud dr ilmu alloh adalah alqur’an.silahkan baca,pelajari dan amalkan kandungan alqur’an.dalam alqur’an inilah kita akan menemukan banyak hikmah.tp carilah guru yg mumpuni dalam ilmu alqur’an sehingga kita tdk salah atau malah kesasar.

  29. Yuk, kita terus belajar sampai sebelum di depan liang lahat… Bukankah kita diciptakan dengan adanya perbedaan agar kita dapat berlomba dalam kebaikan.

  30. makanya sebelum Tau dan mencicipi ilmu hikmah minimal meneliti.jgn dulu maen bid’ah2 mulu..Ingat Yg paling takut itu Ulama..tidak mungkin ulama menyusun doa..bwt menyesatkan..kalo tak tau Diam saja..cm perkara Selera aja..klo pun sejelas2nya dalil disuguhkan klo dasarnya sudah antipati, ya mana mau percaya..tetap aja bilang bid’ah.gak diajarkan rosul Saw..memangnya kita Ketemu Rosul Saw gitu?qt gak bisa loncat ke masa silam ketemu juga tidak sm rosul Saw. kalo bukan jasa ulama..siapa lagi.?jasa siapa jasa Tiang listrik gitu?mimpi !Hizib itu doa khusus adpun Dikabul ato tidak yg Urusan Allah..qt cuma iktiar aja.

  31. Yang namanya Bid’ah itu hanya berlaku di dalam 5 rukun Islam saja, yaitu Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat, Haji. Di dalam Hizib itu ada do’a dan ayat Al-Qur’an. Kalau hizib itu bid’ah, berarti berdo’a dan membaca Al-Qur’an juga bid’ah? Hizib itu tujuannya berdo’a. Pikir dong?!

  32. Astaghfirullohal’adziim… mohon semua beristighfar…mohon semua jgn bertengkar…Wahai saudara2ku, percayalah bahwa akan banyak sekali yang bertepuk tangan karena kita saling bertengkar apalagi di forum umum seperti ini…Bukankah sesama muslim adalah saudara? Lebih baik marilah kita semua bersatu menghancurkan musuh2 kaum muslim yang jelas2 selalu menghina Alloh dan rasul kita…baik di dunia nyata, seperti israel maupun dunia maya. (banyak sekali, salah satunya adalah swaranonmuslim.blogspot.com)

  33. Assalamu alaikum
    Ijinkan saya menyampaikan sedikit pemahaman pribadi dengan didasarkan ilham yang atas ijinNya telah sampai ke dalam kalbu saya.
    Namun sebelumya saya mohon maaf jika ada beberapa rekan yang tidak sepaham dengan apa yang akan saya sampaikan, ini hanyalah semata pemahaman yang bisa saya pamami.
    Dan saya harap apa yang saya sampaikan tidak dibenturkan dengan hadist maupun ayat2 dalam Alqur’an, karena tingkat pemahaman saya sangatlah rendah dalam hal hadist maupun ayat2 Alqur’an.
    Yang selama ini saya jalani & pahami: Saya selalu membedakan antara ilmu akhirat & ilmu duniawi. Ilmu-ilmu yang diajarkan Nabi Muhammad saw semua bertujuan untuk keselamatan dunia & akhirat (saya menyebutnya sebagai ilmu akhirat), dimana apapun yang diajarkan beliau lebih dahulu dititik beratkan kepada Akhirat & diaplikasikan dalam kehidupan keduniawian. Alhasil ilmu yang diturunkan beliau akan membawa keselamatan di Akhirat & di dunia.
    Lalu bagaimana dengan ilmu duniawi? Contoh: Ilmu anti tembak, tahan pukul, membuat orang berniat jaha terpental.
    Semua itu adalah ilmu duniawi yang hanya akan menyelamatkan di dunia saja. Dengan ilmu tersebut bisa saja yang menpelajarinya akan mendapat pahala jika digunakan untuk kebaikan, tetapi juga sebaliknya akan mendapat dosa jika digunakan untuk kejahatan & kesombongan.
    Dan siapapun boleh-boleh saja mempelajarinya(menurut pemahaman saya) karena itu juga merupakan salah satu syareat dunia. Sama halnya saat Nabi Muhammad menegur sahabatnya yang tidak mengikat ontanya ketika hendak ditinggalkan diluar masjid.
    Nabi Muhammad “Mengapa tidak engkau ikat ontamu?”.
    Jawab sahabat “Aku tawakal kepada Allah”.
    Jawab Nabi Muhammad “Ikat dahulu ontamu, barulah bertawakal”
    Yang dapat saya maknai : Saya tidak pernah mencampur adukkan dalil bid’ah atau tidaknya suatu ilmu tanpa memilah terlebih dahulu ranah & peruntukannya.

  34. aslmk, akhi skalian, aku mngajak kita semua, mari kita berfikir dingin,,, ingatlah,, selama kita blum melihat saithan mati,, yakinlah, dia selalu menggoda kita

  35. semua datangx dri Allah.. perancng segala..sebab…& musabab..apa yg lebih pantas di sisix tanpa ketakwaan…

Leave a comment

Your email address will not be published.

*