Dosa Besar Ke-9: Menjadi Saksi Palsu

KESAKSIAN PALSU

Kitab Ri’ayah Al-Himmah Jilid 2 Bab Dosa-dosa Besar

Tanbihun.com – Dosa besar nomor 9 dari 44 Sebagian Dosa-dosa besar yang disebutkan oleh Syaikh Ahmad Rifa’i dalam kitab Ri’ayah Al-Himmah jilid 2 adalah KESAKSIAN PALSU. “Kaping songo dadi saksi goroh lisane” (dosa besar ke sembilan yaitu menjadi saksi palsu). Saksi palsu atau kesaksian palsu menjadi masalah besar yang akan menghambat proses keadilan dan menghalangi kebenaran.

Rosulullah SAW bersabda:

أَلاَ أُنَبِّئُكُم بِأَكْبَرِ الْكَبَائِرِ؟ ثَلاَثًا قُلْنَا : بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ : أَلأِشْرَاكُ بِاللَّهِ، وَعُقُوقُ الْوَالِدَيْنِ، وَكَانَ مُتَّكِئًا فَجَلَسَ فَقَالَ: أَلاَ وَقَوْلُ الزُّورِ، وَشَهَادَةُ الزُّوُرِ، فَمَازَالَ يُكَرِّرُهَا حَتَّى قُلْنَا : لَيْتَهُ سَكَتَ

Maukah aku beritahukan kepadamu sebesar-besar dosa yang paling besar, tiga kali (beliau ulangi). Sahabat berkata, ‘Baiklah, ya Rasulullah’, bersabda Nabi. “Menyekutukan Allah, dan durhaka kepada kedua orang tua, serta camkanlah, dan saksi palsu dan perkataan bohong”. Maka Nabi selalu megulangi, Dan persaksian palsu“, sehingga kami berkata, “semoga Nabi diam” [Hadits Riwayat Bukhari 3/151-152 -Fathul Baari 5/261 No. 2654, dan Muslim 87]

Pengulangan peringatan bahaya saksi palsu oleh Rosulullah SAW mengisyaratkan betapa berbahayanya kesaksian palsu, ia bisa menjadi perantara tercabutnya hak-hak orang benar yang lemah.

Semoga kita dijauhkan dari dosa-dosa yang hanya menyengsarakan diri sendiri dan orang lain.amiin.(zid)

 

Baca juga:

Aneka Dosa Besar Dan Dosa Kufur

Dosa Besar Ke-8: Menuduh Zina Orang Baik

Dosa Besar Ke-7: Taruhan Atau Judi

Dosa Besar Ke-6: Mencuri atau Korupsi

Dosa Besar Ke-5:Makan Harta Riba

Dosa Besar Ke-4: Memakan Harta Anak Yatim

Dosa Besar Ke-3: Khamer (Minuman Keras )

Dosa Besar Ke-2: Zina,Homoseksual dan Lesbian

Dosa Besar Ke-1: Membunuh Orang Islam

1 Comment on Dosa Besar Ke-9: Menjadi Saksi Palsu

  1. Sy ingin blajr ilmu , agama, trlbih , ingin bljar ilmu menenagkan hati, dan brsabr dr amarah dan cobaan. Tp skrg sush mncri guru agama. .

Leave a comment

Your email address will not be published.

*