TANBIHUN ONLINE

Rahasia Do’a 999% Mustajab

 Breaking News
  • May Day 2015 Buruh Wacanakan Pembentukan Partai Tanbihun.com- Pengusaha dan Buruh adalah dua sisi keping mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Buruh butuh pengusaha dan pengusaha butuh buruh. Tapi dalam perjalanan waktu sering buruh tidak setara dan...
  • Mary Jane Ditunda Eksekusinya, Bagaimana Penundaan Hukuman Ini Menurut Islam? Tanbihun.com- “Eksekusi Mary Jane ditunda” ujar Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana saat dihubungi, Rabu (29/4/2015). Keputusan ini diambil setelah Presiden Filipina menelpon Presiden Jokowi, bahwa perekrut Mary Jane telah menyerahkan diri...
  • Keistimewaan Senior Atas Yunior “Qod Yuujadu fil Mafdhuul Maa Laa Yuujadu Fil Faadhil” (Kadang ditemukan keistimewaan bagi yunior yang tidak ada bagi senior) Tanbihun.com- Kaidah ini yg digunakan menjawab ulama ketika ditanya: mengapa Isa...
  • Petunjuk Nabi saw Tentang Konflik Yaman (antara hijrah dan iqomah) Tanbihun.com- al iimaanu Yamaanun wal hikmatu Yamaniyyatun, Yaman adalah poros dan gambaran kuatnya iman dan hikmah.. Hingga Nabi saw pun menegaskannya Ditengah konflik perang “saudara seislam”, banyak ijtihad ulama dalam...
  • Kartini apa ‘Aisyah? Tanbihun.com- Jika Kartini dianggap mendobrak kejumudan berpikir wanita, Aisyah yg jauh-jauh hari melawan mainstream Jahiliah yang mendiskreditkan wanita. sampai beliau mengatakan: وقالت عائشة نعم النساء نساء الأنصار لم يمنعهن الحياء...
May 12
18:36 2009

do'a ampuhTabihun.com – Do’a atau berdo’a tidak asing lagi bagi telinga kita. Hampir semua agama dan kepercayaan mengajarkan kepada pengikutnya untuk senantiasa bedo’a. sebab do’a adalah pengingat ketika keberhasilan dapat diraih,maka kita sadar itu merupakan karunia Alloh, jika kegagalan yang datang, maka do’a sebagai benteng dari putus asa, karena dari situ kita tahu betapa lemahnya kita,tanpa pertolongan-Nya mustahil kita mampu menjalani hidup ini.

Sebagian orang menggap do’a sebagai “pesugihan” yang halal, mungkin anda sudah mencari do’a manjur,do’a paling mujarab,do’a paling ampuh, atau juga mendatangi tempat berdo’a yang maqbul, mungkin juga sudah menyempatkan waktu untuk memasuki waktu mustajabnya do’a.

Pernahkah kita merasa kalau do’a kita ditolak oleh Alloh?

Berbagai do’a sudah dilantunkan, bermacam cara bahkan tidak jarang kita meluangkan waktu, mencari saat dan tempat yang konon mustajab untuk berdo’a, namun semua itu nyaris tidak membawa hasil, bahkan yang lebih tragis, nikmat yang kita harapkan malah laknat yang datang. Kehidupan yang layak, rejeki yang melimpah,isteri yang cantik,kendaraan mewah selalu kita panjatkan agar itu berpihak pada kita, namun bukannya mendekat, malah menjauh.

Rahasia do’a makbul

Setelah bertahun-tahun terombang-ambung diantara harapan dan putus asa, kadang pertanyaan- pertanyaan datang bertubi-tubi. Kenapa Alloh masih enggan mengabulkan do’aku? Apa salahku? Kurang apalagi? Puasa sudah,berdo’a sudah,beramal sudah, tapi koq masih begini saja.

Ada 3 tahapan yang harus kita lakukan agar do’a kita maqbul, bahkan dijamin pasti insya Alloh manjur ;

1. Syukur

Mungkin kita bertanya, hidup saja susah apa yang mau disyukuri? Inilah kesalahan kita. Coba kita renumgkan ! andai kita mempunyai anak, anak kita minta mobil-mobilan, karena kita sayang kita kasih, tapi anak itu lupa membawa pulang mainannya ketika bermain dengan kawan-kawannya. Hilanglah mainan itu. Keesokan harinya dia merengek minta dibelikan lagi,kita pun membelikannya, dan kejadian pertama terulang lagi. Lantas jika anak kita itu minta lagi apa jawab kita? Apa akan langsung membelikannya? Tentu kita akan marah bukan?

Memang Alloh tidak seperti kita, namun kita hendaknya tahu diri, bagaimana Alloh akan mengabulkan do’a kita jika nikmat yang sudah ada saja tidak pernah disyukuri, ini namanya tidak tahu berterima kasih.

Dan yang paling penting adalah ; do’a itu bisa di ijabah atau ditolak oleh Alloh, tapi syukur pasti akan diterima ( bagaimana syukur yang benar? akan dilanjutkan dalam tulisan berikutnya , insya Alloh).

Jika kita bersyukur, maka Alloh akan menambahi anugerah-Nya kepada kita tanpa kita minta sekalipun. Alloh berfirman ; “Jika kamu menghitung-menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan dapat menentukan jumlahnya (menghitungnya). Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.” QS. An Nahl : 18.

2. Malu

Sepantasnya kita malu, mungkin kita tidak diberi harta lebih, tapi kita masih diberi akal, tangan, kaki dan yang lebih penting kita masih hidup, tapi kenikmatan2 itu sekan tidak berarti apa-apa bagi kita, kita mendefinisikan nikmat itu hanya berupa harta,tahta,wanita.

3. Istighfar

mohonlah ampun kepada Alloh, atas kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan dengan sebenar-benarnya.

Insya Alloh dengan di awali dan dilandasi 3 hal tersebut do’a kita akan di kabulkan oleh Alloh. Dengan catatan semua itu dilakukan dengan benar tanpa direkayasa.

Baca Juga:

 

Artikel Terkait

0 Comments

  1. chamid
    chamid May 12, 23:00

    Deal !!

    Reply to this comment
    • putri
      putri December 11, 14:59

      pak, saya ada masalah dg suami saya. saya dulu pernah meminjamkan uang kpd saudara tp saya tidak ngmng sama suami saya hingga akhirnya suami saya tahu, klo saya pernah meminjamkan uang sebesar 5jt kepada saudara saya, suami saya marah sampai mau menceraikan saya. sebenarnya saya tidak bermaksud melancangi suami saya, niat saya cm mau menolong katanya mau buat usaha pak setelah 1bln atau 2bln uangnya mau dibalikin ternyata sampai 1th uangnya blm dibalikin, gmn ya pak jln keluarnya padahal saya sudah berusaha menagih hutang sama saudara saya dan saya minta kasihkan doa supaya orang-orang yang berhutang sama saya bisa cepat mengembalikan uang saya.  sebelumnya terima kasih pak.
       

      Reply to this comment
      • dea
        dea February 23, 05:30

        intinya sabar lan nerimo …………….

        Reply to this comment
      • yans
        yans March 06, 09:49

        ass. wr.wb
        pak kiai saya pengin kaya orang lain yang sukses,badan sehat, istri sholehah,anak sholeh/sholehah, mobil mewah, rumah mewah dan punya tetangga yang baik. apakah keinginan saya berlebihan?mohon pencerahan?

        Reply to this comment
      • Abdul rochim
        Abdul rochim April 03, 00:41

        Assalmualykum pk yai..saya mhon saran pk yai: saya tlah berbisnis sma mertua,ternyata saya tlah di rugikan sepihak dibohongi puluhan juta:mungkin mdal masuk belum ada !/4 nya smpai skrang mdal tdk kmbali sdh saya ikhlaskn tpi klu pas kehimpit kdang kesal ingi mmaki2 mertua msalhnya mdal sya di pakai berbuat hura2 ma,af untuk maksiat oleh mrtua sya,mau mki2 mrtua tpi saya tkut klu saya nnti dilaknat oleh mrtua bgaimnakah yg haru sya lkukan mhon do,a dan jlan keluarnya agr sya bsa menyelesaikn msalh sma mrtua ini pak yai..?

        Reply to this comment
        • admin
          admin Author April 03, 09:30

          Wa’laikumussalam
          Saran saya;kalau bisa dikhlaskan,kalau belum bisa dan berharap dikembalikan.silahkan mertua diajak dialog.tapi dalam banyak kasus pinjam-meminjam,apalagi yang minjam org tua,patokannya dalah “apakah kemungkinan uang itu dikembalikan ada?bisa dilihat dari kemampuan+i’tiqad mengembalikan,jika kedua hal ini tidak kita lihat,sebaiknya mulailah berusaha mengikhlaskan atau melupakannya,kalau tidak anda akan dimakan SAKIT HATI,dan ini menjadi beban tersendiri.

          wassalam….

          Reply to this comment
    • u'ull
      u'ull February 13, 12:58

      gimana caranya agar pacar say mau melepas saya.diya itu tidak mau sy putus2.

      Reply to this comment
  2. widodo mranggen
    widodo mranggen July 02, 22:21

    semoga input2 nya biosa membawa kita kepada ketenangan hati dan jiwa.
    semoga tetap beraklakul karimah

    Reply to this comment
  3. gladys
    gladys July 14, 12:36

    tambahan do’a do’a nya dong….
    saya seorang istri yang ditinggal bekerja oleh suami ke luar negeri,saya minta masukkan do’a untuk suami saya supaya dimudahkan jalannya mencari rejeki bagi anak&istri,dan saya supaya tenang,lahir&bathin…

    Reply to this comment
    • em.yazid
      em.yazid July 14, 12:44

      @gladys, Coba amalkan sholat dhuha+do’anya, dan ditambahi do’a sesuai hajat, dengan bahasa yang anda pahami,karena berdo’a tidak harus dengan bahasa arab.

      Semoga keluarga anda menjadi sakinah,mawaddah wa rahmah. Amin

      Reply to this comment
    • roni
      roni October 07, 21:07

      hai gladis salam kenal

      Reply to this comment
  4. Darmanto
    Darmanto August 02, 18:19

    Terima kasih atas ilmunya,semoga Alloh SWT membalas kebaikan Saudara

    Reply to this comment
  5. edyll
    edyll August 16, 04:15

    terima kasih,semoga apa yang ada di artikel bisa Saya kerjakan sebagai intropeksi diri aminn.

    Reply to this comment
  6. denobonk
    denobonk February 22, 11:12

    Bpk… sy saat ini sedang digugat cerai oleh istri sy tp sy tdk mau menceraikannya krn mencitai istri & anak sy, dan tdk mau mengecewakan Allah SWT, istri sy sdh minggat & ybs memusuhi sy… Adakah amalan yg hrs sy lakukan agar istri sy bisa berbalik pikir untuk menarik gugatannya? sy kasihan melihat anak sy perempuan depresi berat, sy ingin belajar menata kembali rumah tangga sy.. trima kasih

    Reply to this comment
    • admin
      admin February 23, 15:30

      @denobonk,
      Sebelumnya saya ikut prihatin dengan cobaan yang sedang anda&keluarga hadapi.
      yang terpenting sebelum berdo’a adalah mohon ampun kepada Alloh SWT, tengah malam adalah waktu yang baik untuk menyampaikan segala hajat, berdo’alah dengan bahasa yang anda pahami, Alloh Maha mengerti.
      sedikit saran, setiap letupan masalah pasti ada pemicunya, tidak terkecuali dlm Rumah Tangga, coba bermusyawarahlah dulu dengan isteri, anak merupakan salah satu alasan kuat untuk merekatkan kembali anyaman yang sempat terkoyak.
      yang terakhir, perbanyak membaca shalawat Nabi, semoga keluarga anda akan kembali utuh & mendapatkan rahamah serta berkah dari Alloh SWT. amin

      Reply to this comment
  7. fanny
    fanny March 24, 20:18

    bagaimana caranya agar saya tidak menjadi orang yang kuatir atas apa yang saya mohokan kepada allah terutama soal rizki

    Reply to this comment
    • em.yazid
      em.yazid March 25, 23:08

      @fanny,
      barengi do’a dengan usaha maksimal dan yakinlah bahwa Allah Maha Kaya,Maha Pemberi, tak satupun makhluk didunia ini yang tidak dikasih rizki.
      Dan bersyukur atas apa yang sudah dikaruniakan,niscaya rizki itu akan membuahkan keberkahan pada diri kita&keluarga,akhirnya berujung pada ketenangan.
      salam tanbihun

      Reply to this comment
  8. Devi
    Devi April 03, 09:10

    umur suami 1,5thn lagi mau 40th, saya jalan 35 thn.Tp suami sekarang kasar sama saya dan anak2…suka marah2…kalo diingatkan sholat marah…tidak menunjukkan rasa sayang terhadap saya dan anak2….adakah amalannya agar suami lembut tutur kata dan makin dekat dengan Allah, sholatnya rajin dan bisa menjadi contoh yg baik bagi anak2 saya. Sampai saat ini 3 anak saya sering bertengkar dan ibu saya yg sudah sendiri tinggal dgn saya…sekarang juga suka marah2…saya merasa dirumah tangga saya tidak ada keharmonisan.Dan dalam memenuhi pendidikan anak2, semua saya sendiri yg memenuhinya, suami tidak mau tau apa kebutuhan mereka.Adakah solusinya untuk saya?Amalan apa yg bisa saya baca?

    Reply to this comment
    • Lilis S Tambak
      Lilis S Tambak April 04, 05:46

      @Devi,

      Mbak Devi sekedar berbagi pengalaman,kita di jadikan sebagai perempuan sudah saatnya berperan aktif dalam keluarga kalau zaman dulu perempuan hanya bertugas sebagai KONCO WINGKING (masak,macak,manak)falsafah jawa itu sekarang sudah tidak relevan lagi di zaman sekarang.

      Konflik dalam keluarga adalah hal yang wajar sepanjang kita dapat menyelesaikan masalah itu .Sebab kalau dalam keluarga itu monoton artinya tanpa ada masalah kita tidak akan dewasa.Dan boleh jadi konflik dalam keluarga adalah sebagai bumbu penyedap keharmonisan.

      – What does the water without sugar taste?
      + It tastes unsweetened.

      _ Bagaimanakah rasanya air tanpa gula?
      + Rasanya tawar.

      Setidaknya itulah contoh kecil yang dapat kita pahami.Dan itulah pengalaman saya hingga saat ini,tapi saya bersyukur suami saya orangnya rajin sholat bahkan sering mengingatkan saya untuk sholat malam.

      Saya pernah konflik sama suami namun saya redam agar tidak terdengar oleh tetangga apalagi terdengar oleh banyak orang .
      Pada saat yang tepat saya berkunjung ke salah seorang kyai saya sampaikan semua masalah kepada beliu,hingga pada akhirnya saya di beri sebuah wirid yang harus saya amalkan walaupun saya tidak tahu artinya.Saya hanya percaya apa yang di berikan kyai adalah sebagai perantara untuk bisa keluar dari sebuah masalah.Sehingga sampai saat ini kalau setiap ada masalah saya selalu membaca wirid itu.

      YA LATHIIF 3 kali….ULTHUF BII KAMA TUHIBBU WA TARDHO.

      Kalimat ini kata kyai di baca 25 kali setiap habis sholat fardhu dan 21 kali sehabis sholat malam di saat di butuhkan (setiap ada masalah dengan suami).

      Hanya allah yang tahu setiap masalah hambanya mudah-mudahan mbah devi cepat mendapat pertolongan dari allah bisa menata kembali hubungan keluarga hingga lebih baik dari sebelumnya.

      A MAN BECOMES LEARNED BY ASKING QUESTIONS…………………..PATI

      Reply to this comment
    • agus miswandi
      agus miswandi September 14, 20:19

      As.Ww.Wb….ikut nimbrung.Mba devi…dulu aku pernah bgt sm istri saya.semakin aku disuruh sholat,aku semakin jengkel….marah..dan benci.tp istriku..sabar dan sabar.istriku selalu sholat dan mendoa kan suaminya,agar dekat sama Alloh.Alhamdulillah….aku sekarang tau.semua itu jgn di paksakan.tp beri contoh yg baik.berdoa dan berdoa….

      Reply to this comment
  9. rudi
    rudi April 03, 22:56

    ass wrwb,
    saya ingin memohon bantuan, saya saat ini gundh karena masalah hutang. yang berhutang adalah klient saya dan saat ini malah marah marah dan memaki seakan saya yang paling salah karena sampai saat ini sebelum dia membayar saya, sebagian pekerjaan yang dipesan ke saya saya tunda pengirimnnya. Semua ucapan yang keluar dari dia (perempuan) kotor dan bau. Saya berusaha menjawab dengan sabar dan selalu mengingatkan kalau dia masih belum menyelesaikan tagihannya. Setiap saat saya dan keluarga di maki dengan kata2 kotor dan tidak bertanggunga jawab. Adakah amalan yang dapat saya baca agar dia menydari kekelirunnya serta mau menyelesaikan tagihannya dengan secepatnya dan sebaik baiknya. Terima kasih

    Reply to this comment
  10. ibn khasbullah
    ibn khasbullah April 05, 13:10

    Saya turut prihatin dengan apa yang sedang dialami oleh ibu Devi. Komentar ibu lilis sungguh tepat dan sangat membantu. Saya ingin juga membawakan sebuah pepatah: “Smooth seas do not make skillful sailor”= Laut yang tenang tak akan menciptakan nakhoda yang mumpuni”. Do’a ibu lilis juga sangat tepat, karena hanya Kepada Dia yang Maha lembut, kita memohon agar Allah menjadikan suaminya menjadi lebut dan sayang kepada kita. Akhirnya jangan lupa juga lakukan SELF CORECTION (Muhasabah), adakah yang perlu diperbaiki dari perilaku diri kita sendiri. Sudah sesuaikah perilaku kita? Sudah layakkah ucapan dan bahasa kita? sudah memadaikah sikap kita?……..
    Kami semua juga berdo’a agar masalah ibu Devi segera sirna. Amin.

    Reply to this comment
  11. eko hendarto
    eko hendarto May 14, 02:24

    assalamu’alaikum

    Pak Kiai, saya baru saja kena tipu puluhan juta pak.. astaghfirullah..
    apakah ada pak doa untuk penipu supaya sadar dan taubat.. maaf melenceng dari topik,,

    terimakasih banyak kiai

    wassalamu’alaikum

    Reply to this comment
  12. ibn khasbullah
    ibn khasbullah May 14, 10:18

    Subhaanalloh!
    Hati anda begitu putih dan bersih. Kebanyakan seseorang yang mengalami nasib seperti anda meminta diberikan do’a agar mereka para penzalim dihukum Allah. Tentu saja permintaan mereka saya tolak. Semoga keikhlasan dan kebersihan serta kesabaran anda akan menyebabkan musibah yang menimpa anda berbalik dan diganti oleh Allah dengan kemuliaan, kebahagiaan dan kesehatan serta kekayaan lahir dan bathin, dan kiranya harta anda yang hilang bernilai shodaqoh sesuai dengan beberapa makna hadist Nabi SAW. Membandingkan firman Allah:” Wala-in shobartum lahua khoirun lis shoobirin= dan jika kalian bersabar, maka tentu kesabaran itu lebih baik bagi kalian” , dan firmannya:”Fa’fu ‘anhum wastaghfirlahum = dan maafkanlah mereka serta mohonkanlah ampun untuk mereka”.. serta menilik do’a Nabi tatkala beliau dianiaya oleh kaumnya:”Allohummahdi qoumii fa innahum laa ya’lamuun= Ya alloh tunjukilah kaumku, sesungguhnya mereka belum mengerti tentang kebenaran”, maka do’a anda adalah: “Allohummahdi- Wa’fu- waghfir li Fulan wa fulan (sebut nama2 nya), fa-innahum laa ya’lamuun..”
    dimulai dengan membaca Sholawat kepada baginda Nabi dan ditutup dengan kalimat” Walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin”…….Mabruuk insyaAlloh.

    Reply to this comment
  13. eko hendarto
    eko hendarto May 17, 07:05

    Terimakasih banyak sebelumnya.. klo boleh post saya yang diatas dihapus aja kyai..
    wassalam

    Reply to this comment
  14. ibn khasbullah
    ibn khasbullah May 17, 08:25

    Sebaiknya tidak usah dihapus, agar manjadi i’tibar bagi orang lain, karena kesucian hati dan jiwa itu perlu keteladanan dam bisa ada dimana- mana dan berada dihati siapapun yang mendapatkan anugerah dan diberkati Allah.

    Reply to this comment
  15. sugih
    sugih May 17, 21:09

    mf pak ustad nama saya sugih umur 28 thn ”saya pnya kluhan masalah usaha padahal saya sudah bekerja di salah satu perusahaan asing milik orang japan..tapi anehnya tiap kali gajian uang saya slalu tdk cukup untuk biaya 1 bulan..gak tahu napa ko saya selalu ingin menghabiskan uang gajian saya.trus tadinya saya gk pernah pnya hutang ko sekarang aku jadi punya utang sampe belasan juta..dan uangnya gk tahu kemana habis gak karuan”’ padahal sbelum saya bekerja di perusahaan tersebut saya selalu punya uang..gak pernah sampe pinjem sana sini buat biaya sehari hari.dalam hati saya selalu bertanya tanya apakah saya harus keluar dari perusahaan tsb?.. apa yang harus saya lakukan ?
    dan minta doanya supaya saya kembali seperti dulu…apakah saya tidak mensyukuri nikmat yang telah ALLOH SWT berikan..tapi dalam perasaan saya selalu bersyukur apa yang lelah ALLOH berikan….sampe saat ini saya bingung harus berbuat apa???dalam hal apa yang perlu saya perbaiki supaya saya bisa berkecukupan dalam masalah biaya sehari hari..padahal saya masih lajang…terimakasih sebelumnya..saya mohon bantuannya/?

    Reply to this comment
  16. ibn khasbullah
    ibn khasbullah May 18, 13:20

    Mas Sugih yang semoga di”sugih”kan batin nya oleh Allah. Anda sekarang sedang mengalami masalah yang dalam bahasa keren nya disebut “Financial management’s problem”, masalah tata cara pengelolaan keuangan. Masalah ini banyak dialami oleh para pekerja “lajang”, bahkan sebagian besarnya mengalami hal yang sama. Mereka mulai punya uang, namun tidak mampu mengelolanya dengan baik. Banyak dari mereka yang bertanya tentang masalah yang sama kepada kami/admin, maka jawaban kami kepada mereka hampir senada:” Wahai anak muda, kalau kalian sudah mampu BAYAR SPP (sandang, pangan, papan) untuk istri, hendaklah kalian segera menikah!”. Carilah istri yang baik dan saleh (syukur- syukur cantik), biarlah mereka yang mengelola keuangan.Insyaallah secara naluriyah mereka lebih ahli dibanding anda. Bayangkan, uang Rp. 30.000 untuk orang lajang seperti anda tidak ada nilainya. Ke Mc Donald saja pasti nggak cukup. Tapi kalau dipegang istri yang baik, Rp. 30.000 untuk makan berdua insyaallaoh cukup:

    Untuk beras 1 liter = Rp 4.000
    Daun sayur = Rp 4.000
    Telur 1 kg = Rp 12.000
    Tahu tempe = Rp 5.000
    Gula = Rp 5.000
    Total = Rp 30.000
    Jadi kalau gaji anda satu juta (UMR), untuk makan berdua cukup (walau mepet).Masih bisa nabung Rp.100.000/ bln. Kami yakin anda gajinya jauh diatas satu juta! Jangan lupa setiap mau makan anda berdo’a agar kehidupan anda diberkahi dan diberikan kecukupan: “Alloohumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa waqinaa adzaaban naar”.

    Jangan lupa bergaullah dengan orang saleh, agar hatinya tenang, tidak hura- hura.

    Alhamdulillah, banyak dari mereka yang pernah mengeluh kepada kami,kini telah memiliki rumah walau harus mencicil dan barang berharga lain serta keluarga yang bahagia……
    Selamat mencari jodoh yang salehah!

    Reply to this comment
  17. Mochamad
    Mochamad June 24, 01:05

    ass wr wb,pak kiyai tolong saya,saat ini istriku kabur dari rumah,dan ini yang ketiga kalinya,dan istri saya orangnya keras kepala,sukar dinasehati ,saya minta tolong bapak gimana mengembalikan istri saya dengan wirid apa pak ,agar istri saya bisa pulang dan tidak keras kepala.

    Reply to this comment
  18. holilah
    holilah June 25, 17:49

    ass, saya sedang menghadapi cobaan yang sangat berat rumah yang saya tempati mau dilelang BTN karena ga sanggup bayar saya sudah berdoa tetapi sampai saat ini ga ada jalan keluarnya saya memohon Allah mengabulkan doa saya , saya sudah berusaha punya warnet tapi warnet saya selalu sepi ,saya mohon bantuan doa apa yang pantas saya panjatkan karna saya sudah menjalankan puasa sunah,sholat malam mohon jawabannya.

    Reply to this comment
  19. ibn khasbullah
    ibn khasbullah June 28, 11:16

    Mas Mochamad,

    kami ikut prihatin dengan apa yang anda alami. Tetaplah yakin akan karunia Allah. Ambillah air wudhu dengan sempurna, sholatlah dua rokaat, dan setelah itu bacalah do’a ini berulang- ulang:
    ” Innalladziina farodho alaikal qur’aana larooodduuka ilaa ma’aad”. Kemudian lakukanlah MUHASABAH/ instrospeksi diri: Apakah selama ini aku terlalu mendomonasi? apakah selama ini aku terlalu ingin mengatur dan menguasai? apakah selama ini aku terlalu keras dan nyinyir (maaf) dalam memberikan nasehat? apakah…..
    Insyaalloh kedepannya anda akan menemukan kehidupan yang lebih manis. amiin.

    Untuk Ibu/ Sdr Holilah.

    Saya khawatir anda juga mengalami Financial management problem sebagaimana dialami mas Sugih.
    Kalau anda dapat mengambil BTN, maka hampir dapat dipastikan anda kini sedang (pernah) bekerja, tapi setelah gaji dipotong- sana sini, menjadi tak cukup sehingga lupa/ tak bisa bayar angsuran BTN.
    Atau anda mungkin memiliki beberapa kartu kredit yang digunakan dengan tidak terukur? Kalau ya anda dapat menghubungi bank bersangkutan dan anda katakan anda tak mampu bayar dan minta di dep.

    Sudahkah anda mencoba berdagang makanan matang? Makanan matang untungnya 200%. Bila ada lebih tak terjual bisa dinikmati keluarga. Keluarga aya pernah mengalami keadaan dimana ayah saya mengalami kesulitan financial. Ibu segera turun tangan dan berdagang makanan matang. Hasilnya cukup untuk kebutuhan minimal sehari- hari keluarga sambil menunggu ayah bangkit dari keterpurukan. Ingat tatkala kolonel Sanders dari Kentucky, US mencoba untuk berdagang ayam goreng setelah dia pensiun dari dinas militer dan tetap harus menghidupi keluarga. Setelah 1009 kali gagal dan dihina dimana- mana tapi terus berjuang tak kenal lelah akhirnya dia meraih sukses, bahkan kini dagangannnya mendunia dengan merek KFC (Kentucky Fried Chicken)nya itu.

    Pepatah mengatakan:

    Berdo’a tanpa berusaha adalah bukti kemalasan
    Berikhtiyar tanpa berdo’a adalah bukti kesombongan
    Berikhtiyar disertai doa adalah pangkal keberhasilan.

    Reply to this comment
  20. devi
    devi July 04, 16:18

    ass.wr.wb
    pak kyai saya sekarang sangat seddiiih sekali.. karna ayah saya sekarang jadi berubah , ayah saya kasar sama saya dan adik saya .. karna mungkin ini beban ato masalah krisis ekonomi karna ekonomi keluarga saya kini menjadi turun.. p.kyai tolong apakah ada do’a yang paling manjur agar ayah saya bisa tabah dan sabar menjalani semua ini dan mengikhlaskannya ,,

    Reply to this comment
    • em.yazid
      em.yazid July 05, 19:32

      @devi,
      wa’alaikumussalam
      saya turut prihatin dengan cobaan yang sedang keluarga anda hadapi.
      sering kali masalah ekonomi menjadi beban berat dan sangat berpengaruh terhadap mental serta emosi seseorang,dia jadi mudah marah, sensitif banget,hal-hal yang tadinya sepele akan mudah membuatnya tersinggung.
      cobalah untuk menerima keadaan ayah anda,jangan melakukan sesuatu yang dapat menyinggung perasaan beliau.
      do’akan ayah anda sehabis shalat fardhu/sunnah, sebenarnya banyak do’a2 yang bisa dibaca,bacalah surah alfatihah dan shalawat Nabi diakhiri permohonan kepada Allah SWT, semoga ayah bisa sabar & ridho dengan keadaan yang sekarang dan tetap tegar, semangat merajut kembali cita2 demi keluarga tercinta.
      semoga ujian yang Allah berikan kepada keluarga anda segera berakhir dengan hikmah dan kemenangan bagi keluarga anda. amin

      Reply to this comment
  21. SENA
    SENA July 25, 22:00

    ass pa kyai ,sy sedang dalam masalah terbelit hutang,karena saya alhamdulillah buka pabrik,tp saya saat ini sedang dlm masalah jalan saya seakan2 tertutup,mgkn karena kesombongan sy,dosa2 saya selama ini .saat ini sy sangat ingin memohon ampun kepada ALLAH SWT.tolong kasih saran kepada saya doa atau apapun supaya ALLAH menolong saya .tq

    Reply to this comment
  22. ibn khasbullah
    ibn khasbullah July 26, 09:35

    Ada seninya “melihat peluang”, dan ada seninya “mengubah masalah menjadi kesempatan emas”.

    Seseorang kadang melihat peluang dihinggapi “Aji mumpung”. Mumpung ada kesempatan kredit “murah yang tak murah” dari Bank, langsung disamber tanpa pikir panjang. Maka dilakukanlah investasi yang seharusnya belum waktunya investasi. Maka terjadilah aliran “Hot Money” yang menyebabkan investor pusing tujuh keliling karena yang mereka hitung biasanya hanya nilai harga mesin tanpa menghitung MODAL KERJA. Padahal modal kerja itu nilainya bisa 3- 5 kali harga mesin. Coba pernahkah anda pikir saat tambah mesin, berapa modal yang diperlukan agar mesin itu jalan? Berapa modal bahan baku yang harus dipersiapkan digudang bahan? Berapa nilai barang jadi yang harus ngendon di gudang sebelum dikirim? Berapa lama barang itu dalam proses delivery? Berapa lama barang tersebut ditempat Customer sebelum dibayar? dll- dll. Kemudian seseorang yang akan melakukan investasi harus yakin dulu “market ” yang ada. Jangan MENAMBAH investasi sebelum yakin ada market. Jangan mencari market setelah punya mesin. Barang sudah jadi dan menumpuk, baru cari kesana kemari siapa yang mau membelinya. Karena itu jangan kaget kalau banyak sekali pengusaha yang GAGAL dan bangkrut justru setelah menambah investasinya, padahal sebelumnya mereka cukup maju.

    Baiklah, sekarang anda sudah punya pabrik, tapi terbelit hutang.
    Alhamdulillah anda sekarang telah melakukan muhasabah terhadap kemungkinan dosa- dosa yang pernah anda lakukan. Itu sangat baik. Itulah mungkin rahasia Allah untuk mengingatkan anda.

    Hutang- hutang yang membelit anda jadikanlah sebagai PEMACU agar anda berusaha lebih keras dari sebelumnya. Kurangi pengeluaran yang tak perlu, seperti kebiasaan jajan di warung, jalan- jalan ke mall atau bahkan kurangi langganan majalah surat kabar anda.

    Maaf saya agak berpanjang- panjang sedikit karena saya melihat beberapa teman mengalami hal yang sama dengan anda….

    Berdo’alah sebagaimana do’a yang diajarkan Rasululloh kepada Abu Dzar Al- Ghiffari. Kata Rasululloh:” Hai Abu Dzar, maukah kamu saya ajari kalimat yang bila kamu baca, akan hilanglah kesedihan kamu dan akan rontoklah hutang- hutang kamu? Abu Dzar menjawab: Tentu ya Rasul. Rasululloh bersabda:
    “Ucapkanlah: Allohumma inni a’uudzubika minal Hammi wal hazan, wa a’uudzubika minal ‘Ajzi wal Kasal, Wa a’uudzubika minal jubni wal bukhli.Wa a’uudzubika min gholabati dain wa qohrir rijaal” Hadist Shohih. = (Ya Alloh, aku berlindung kepada Mu dari Rasa sedih dan gundah, dan aku berlindung kepada Mu dari rasa tak berdaya dan malas, dan aku berlindung kepada Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung dari TERLILIT HUTANG dan pemaksaan kehendak seorang laki- laki).

    Reply to this comment
  23. widi
    widi August 07, 13:55

    saya saat ini sedang terlilit hutang yang jumlahnya 60 juta, adakah rekan2 yang dapat membantu doa u saya. semoga doa anda usaya akan berbalik kebaikn anda.

    Reply to this comment
    • merky
      merky May 03, 15:02

      shubhanallah…..
      saya juga lagi mengalami hal serupa,
      intinya tetap usaha bekerja keras,maksimalkan semua kemampuan kita,dan berdo’a slalu mohon diberi kemudahan2….

      Reply to this comment
  24. mr jay
    mr jay August 10, 16:13

    sobat saya juga sedang terlilit hutang ada ga ya bisa membantu, thanks ya sebelumnya dan salam aciton

    Reply to this comment
  25. davina
    davina September 14, 00:43

    Assw wrwb, Pak kyai yth, saat ini saya sedang ikhtiar dengan membuka toko yang menjual makanan (kue2 dan snack), saya mohon bantuan kiranya doa apa yang mustajab agar toko saya maju dan mendatangkan rezeki yang bermanfaat bagi saya dan keluarga, mengingat saya sdh 2 kali gagal, (waktu itu saya buka rumah makan, modalnya sdh habis2an tapi tdk balik sama sekali), beberapa teman pernah mengajak saya untuk mngunjungi “org pintar”,karena kalo usaha itu hrs`ada pegangan katanya tidak boleh kosong, Astaghfirullah…saya takut krn mengejar harta dunia saya kehilangan harta akhirat… naudzubillah… tp saya juga khawatir kalo usaha saya kali ini mengalami kegagalan… mohon bantuannya pak kyai… jazakillah khairan khatsira…

    Reply to this comment
    • admin@Tanbihun
      admin@Tanbihun Author September 14, 16:59

      Wa’alaikumussalam wr wb,
      amalkanlah shalat dhuha dan bacalah surah alwaqi’ah sehabis shalat isya’, kalau memungkinkan sehabis shalat 5 waktu maupun sunnah membaca ayat ” hasbunallah wa ni’mal wakil ” sebanyak 150/450 kali diteruskan dengan do’a ” ya ghoniyyu ya hamidu, ya mubdi’u ya mu’idu, ya rohiimu ya wadudu waghninii bi halalika ‘an haromika, wa bitho’atika ‘an maksiatika, wa bi fadhlika ‘an man siwaka.
      Pegangan orang mukmin adalah do’a, sebagaimana yang diajarkan rasul dan ulama shalafus shalih. kalau ada yang kurang paham bisa ditanyakan ke email : admin@tanbihun.com
      yang saya sebutkan ini hanya salah satu contoh do’a.

      Reply to this comment
      • davina
        davina September 15, 09:25

        Syukron ustadz, mohon doa nya juga agar usaha saya berjalan lancar dan manfaat, amin

        Reply to this comment
  26. ruspandi
    ruspandi September 17, 16:05

    jangan putus asa atas kegagalan,obat yg plg mujarab adalah doa.oke..

    Reply to this comment
  27. Ediey
    Ediey September 21, 21:17

    mas apakah saya salah jika memohon agar pacar saya kembali kpd saya………….
    dan apakah doa yg mas ajarkn diats itu dpt membantu mslah sya…………
    thanks………..

    Reply to this comment
    • admin@Tanbihun
      admin@Tanbihun Author September 21, 21:27

      Tergantung niat anda,kalau niatnya pacarnya mau diajak meniti sunnah rasul (menikah) insya Allah bagus.Karena definisi pacar itu masih relatif.
      Insya Allah apa yg ditulis diatas bisa untuk semua permohonan.
      Semoga hajat kita di ridhoi Allah SWT

      Reply to this comment
      • Ediey
        Ediey September 22, 20:44

        sya udh srius bgt ma dia mas………
        mlah udh q ajk tunngan dan dia mau……….
        tp dia mlah ngungkit msa llu krn dlu q prnh nyktin dia dan pcran ma tmnx…………
        dia bilang kjdian tu tkt trulang lg………
        kra2 dg do’a d ats bsa mmbuat dy percya g klo q srius ma dy………..

        Reply to this comment
        • yazid
          yazid September 22, 20:52

          do’a itu adalah bentuk permohonan pertolongan sekaligus kepasrahan kepada Allah, tentu akan lebih efektif kalau kita menyulam kembali kepercayaan yg pernah terkoyak dengan usaha nyata,wanita lebih percaya dengan tindakan nyata, coba anda tunjukkan rasa penyesalan anda yg pernah mengkhianatinya, kemudian rasa tulus dan serius anda dengan perhatian yang lebih daripada sebelumnya.
          satu lagi ” bahasa wanita adalah bahasa perasaan bukan akal ” maka dekatilah dengan membawa perasaan, pakailah pendekatan emosional bukan dengan janji.
          semoga pertolongan Allah selalu mengiringi orang2 yang merindukan tetap istiqomah dijalan-Nya.

          Reply to this comment
    • Itten
      Itten June 27, 23:32

      Tinggalin Aja Mas Cewek Ndak Satu di dunia … kita cowok Dan Harus Jadi Cowok

      Reply to this comment
  28. Ediey
    Ediey September 22, 21:12

    sya udh cba sgla cra tp dia g mau prcy……
    dy msh branggapan q sama spt dlu……..
    tp yg msh sya bgung dy blang klo msh syg ma q tp dia g bsa kmbli sma q lg………
    mnrut anda sbnrx prsaan dai gmn sma q…….

    Reply to this comment
    • yazid
      yazid September 22, 21:39

      kalau dia memang mau serius menjalin hubungan dengan anda(menikah),maka ketika anda mengkhianatinya, lalu anda berjanji tidak akan mengulanginya lagi. tentu dia akan mempertegas,” apakah kamu benar-benar akan berubah mas?”, tapi kalau dia sudah memvonis anda dengan mengatakan ” kamu masih seperti yang dulu !” ini pertanda kalau dia sudah setengah hati atau bahkan sudah mati rasa untuk melanjutkan hubungan ini. yang tersisa tinggal rasa sayang.

      itu cara halus ketika wanita menolak ajakan kita untuk membina sebuah hubungan. sebaiknya anda mulai mempersiapkan skenario yang terburuk ini, sambil terus berusaha meyakinkannya. coba tanyakan sekali lagi, ” apa yang membuatnya tidak mau?” kalau dia bilang ” kamu masih belum berubah “? anda balik tanya ” tolong kasih tahu, bagaimana cara saya membuktikan kalau saya benar2 sudah berubah?

      Reply to this comment
  29. Ediey
    Ediey September 23, 11:41

    sya sudh prnh mnanyakan hal itu dan jawaban dia adalah dia masih trauma dg kjadian yg dlu……..
    dia mngatakan kalau dlu sya bsa mlakukan hal itu tdk ada bdanya dg skrg, dengan kta lain dia mngira sya akan mlakukan hal yg sma sperti dlu……….
    sya sudh jlaskan klau sya sudh brubah tp dia ttp tydk prcy…….
    dia bilang dia terllu tkut sya akan menghianatinya lg n akan khilngan sya kmbli………
    tp 1 hal yg sllu dia katakan pada sya klau sya brni blikan lg dg mntan sya yg tmnnya dia itu dia tdk akan pernh mau knl lg sma sya……….
    kmdian yg sya bgung lg dia msh blg sma tmn2nya klau sya ini msh ttp pcarnya……….
    apakah mnrut anda sya msh punya harapan utk kmbali lg sma dia karena sya pkir dg smua hal itu dia sbnarnya jg msh syang sma sya………..????????
    tlg tnggapannya mas………..

    Reply to this comment
    • yazid
      yazid September 23, 13:24

      Wanita memang makhluk yang kadang sangat “misterius”. menggeleng belum tentu tidak mau,mengangguk belum tentu menandakan mau, dia pandai menyembunyikan perasaan yg sebenarnya. sayang anda belum menjawab pertanyaan saya . coba tanyakan padanya ” tolong kasih tahu, bagaimana cara saya membuktikan kalau saya benar2 sudah berubah?”
      saya tunggu jawaban dari anda !

      Reply to this comment
  30. Ediey
    Ediey September 23, 19:43

    akan saya coba tanyakan tentang hal itu mas……….
    do’akan saya semoga hasilnya menggembirakan……….

    Reply to this comment
  31. wilda mansyur
    wilda mansyur September 24, 12:01

    sy ingin bertanya;hubungan sy dengan ayah sy skrg sedang tidak baik karena ibu sy melarang sy untuk berhubungan dgn ayah sy(maklum ibu sy sakit hati dgn ayah sy karena ayah sy tdk pernah menafkahi sy dan kakak sy serta ibu sy)dan ditambah propokasi saudara tiri sy kpd ayah sy untuk membenci sy dsn keluarga sy.padahal dlm hati sy slalu ingin berbaikan dgn ayah sy,tp ayah sy terlanjur sakit hati kpd sy dan tdk mau lg berhubungan dgn sy,padahal tahun lalu sy sudah kerumahnya untk minta maaf,tp dia mendiami sy.sy merasa hal itu menghalangi doa2 sy didengar oleh Allah SWT.apakah benar demikian pak kyai?

    Reply to this comment
    • yazid
      yazid September 24, 12:24

      setiap kita pasti pernah berbuat salah, tapi kita jangan memperparahnya. kewajiban kita adalah meminta maaf dan mema’afkan. adapun ortu yg belum mau membuka pintu ma’afnya,bukan penghalang bagi anak untuk menunaikan “birrul walidaini” berbakti kepada ke2 orang tua.
      kalau kita menyadari kesalahan dan sudah meminta maaf, kemudian bergaul dengan ortu dengan dengan penuh hormat dan kasih sayang, insya Allah tidak akan menjadi “hijab” bagi do’a kita.sambil terus do’akan agar bapak dibuka hatinya oleh Allah untuk berbaikan lagi dengan anda.
      bacalah alfatihah dan shalawata nabi,selepas shalat,niatkan semoga Allah membuka hati beliau untuk anda dan keluarga.

      Reply to this comment
  32. Ediey
    Ediey September 25, 21:04

    assalamu’alaikum………
    untuk mas yazid……..
    maaf mas masih mengganggu waktunya……..
    saya belum tanyakan tentang pertanyaan mas yang itu, tapi saya coba nanya sama dia tentang perasaan dia yang sebenarnya kepada saya………
    dan jawabannya adalah ternyata sebenarnya dia juga masih sayang sama saya dan juga kepada orang tua saya padahal ibu saya kurang suka sama dia karena ibu saya tidak ingin kuliah saya jadi terganggu…….
    tapi tanya lagi sama dia kalau dia memang sayang sama saya kenapa kita tidak bisa bersma lagi seperti dulu……….
    dan jawaban dia hanya singkat saja “ada something”……
    saya coba tanyakan akan hal itu tapi dia tidak mau jawab padahal saya sudah ungkapin semua kesalahan sya kepadanya dan berjanji tidaka akan saya ulangi lagi, tapi dia tetap tdk mau jawab……….
    menurut mas sebenarnya dia bagaimana sma saya dan apakah menurut mas kami dapat bersama lagi spt dlu………
    tlg tanggapannya mas………..

    Reply to this comment
    • yazid
      yazid September 25, 21:56

      Paling tidak Ada 3 kemungkinan :
      1. Dia sedang menguji anda. sampai sejauh mana keseriusan anda. ini dia lakukan karena anda pernah mengkhianatinya.

      2. Dia dendam pada anda, dengan cara inilah dia “membalasnya”. menggantung anda sedemikian rupa.(semoga yang ini saya salah).

      3. Dia memang sudah tidak mengharapkan hubungan kalian berlanjut. istilahnya ” cukup sampai disini “.

      Note :
      Sekarang keputusan ditagan anda,semua ada konsekwensinya. resiko menerka-nerka ya begini ini, tapi paling tidak anda harus memikirkannya masak2.
      Kalau dia memang bersikukuh tidak mau menjelaskan “sesuatu” yang dia maksud. coba anda bilang ” terima kasih kamu telah jujur,terima kasih juga atas semua kebaikan yang kamu berikan padaku,kini jelas dimataku kalau kamu memang sudah tak mengharapkanku lagi”.

      Memang tidak mudah melakukan ini, tp kalau terus saja begini,tanpa penyelesaian yang jelas,bisa2 apa yang dikwatirkan ibu anda akan terjadi, kehilangan org yang kita sayangi memang sangat2 menyakitkan, tapi jangan perparah itu dengan membiarkan diri tertelan kebingunan, tenggelam diantara dilema.

      Jangan Lupa lakukan shalat istijharah !
      Satu pesan saya:

      ” kadang sebelum bertemu dengan jodoh, kita bertemu dulu dengan org yg salah (bkn jodoh)”.

      Reply to this comment
  33. Ediey
    Ediey September 26, 14:19

    terima kasih mas atas saran dan tanggapannya……….
    tapi bukan hanya saya saja yang merasakan bahwa dia adalah jodoh saya………
    setelah saya tanya sama dia, diapun merasakan hal yang demikian namun saya belum mengajaknya balikan……..
    karena saya tidak mau hubungan yang saya jalani ini terjadi dengan keterpaksaan………..
    saya ingin dia kembali kepada saya dengan membawa rasa sayang dia yg dlu begitu besar untuk saya………
    saya ingin memberikannya waktu untuk berfikir………
    karena orangnya memang tidak suka dipaksa……….

    Reply to this comment
    • puti anggraini
      puti anggraini September 28, 00:20

      maut, rezeki dan jodoh itu rahasia Allah. tidak ada satu makhluk pun yg tahu kapan itu berlaku/terjadi. Janganlah saudara biarkan hati dikuasai oleh nafsu dan perkataan setan. belum tentu perasaan jodoh itu datangnya dari Allah, bisa saja dari setan karena saudara terlalu di sibukkan oleh perasaan cinta duniawi bukan cinta karena Allah.
      saran saya:
      1.lebih baik masalah jodoh saudara di serahkan pada Allah dengan sholat malam dan doa/zikir, seperti yang pernah di bilang mas yazid.Mintalah petunjuk pada Allah karena sebaik2nya petunjuk datangnya dari Allah.

      2. sekaranglah waktunya saudara dapat membalas jasa dan menyenangkan orang tua. Berikanlah rasa bangga pada orang tua saudara dengan mempersembahkan ijazah sarjana saudara.Sebab kalau sudah nikah saudara tidak akan bisa 100% bisa membahagiakan ortu krn saudara dah punya tanggung jawab yg lain.

      3. sesuatu yang retak itu susah untuk kembali sempurna seperti semula.kalau saudara bersikeras mau kembali sama pacar saudara, jangan berharap/memaksakan keinginan dia akan sayang seperti dulu. terimalah dia apa adanya dengan segala kekurangan dan ketidak percayaan dia pada saudara.

      HIDUP BUKAN UNTUK MENGEMIS SAUDARA TAPI UNTUK BERJUANG. KEIKHLASAN AKAN MEMBAWA KEMENANGAN.

      Reply to this comment
  34. Wilda mansyur
    Wilda mansyur September 27, 14:40

    saya ingin bertanya….adakah doa yg mustajab untuk membuat hati kita untuk selalu iklas dalam memberi,soalnya saya sering memberi tapi dalam hati saya merasa memikirkan terus pemberian saya itu kepada orang lain,jadi tidak iklas gitu…sya mohon bantuannya untuk mengatasi penyakit hati saya ini….terima kasih….

    Reply to this comment
    • yazid
      yazid October 01, 22:50

      وَطَهِرِ الْقَلْبَ وَصَحِحِ النِّيَّةْ وَابْتَغِ بِاالْأَسْبَابِ لَاالْأَمْنِيَة

      ” Lan nucekna sira ing ati kebatinan

      Ngupaya ilmu syara neja ing pangeran

      Rasikna aja reged haram riyaan

      Iku regede ati dosa rinesikan

      Lan angesahna sira ing ati niat

      Karana Allah amrih munfaat akherat

      Ngalindunga ing Allah saking sasar lepat

      Gegeyongan ing Allah kanugerahan rahmat

      Lan amriha sira kelawan amal ngelakoni

      Sekehe sababe becik arep di dalani

      Tan hasil angen-angen belaka dienggoni

      Balik wajib ikhlas ati ditemeni

      Dan sucikanlah batin hatimu

      Mencari ilmu syariat menuju kepada Tuhan

      Bersihkanlah jangan sampai kotor oleh riya yang haram

      Yaitu, kotornya dosa hati dibersihkan

      Dan sahihkanlah niatmu

      Hanya untuk Allah supaya manfaat akherat

      Berlindunglah kepada Allah dari kesesatan dan kesalahan

      Berpegangan kepada Allah supaya dianugerahi rahmat

      Dan berusahalah untuk melakukan

      Beberapa sebab kebaikan harus dilakukan

      Tak kan berhasil kalau hanya berangan-angan

      Hati harus ikhlas sepenuhnya “

      Reply to this comment
  35. ibn khasbullah
    ibn khasbullah October 02, 12:38

    Perkenankanlah saya menambahkan:

    1.Bacalah selalu do’a Umar bin Al- Khottob:

    “Allahumma ij’al ‘amalii kullahaa shoolihan, waj’alhu liwajhika khoolishon, wala taj’al li – ahadin fiihi syai-an”

    = Ya Allah jadikanlah amal perbuatanku semuanya adalah amal sholih, jadikan pula amalku itu IKHLAS karenaMu, dan jangan jadikan amalku itu sedikitpun karena seseorang (selain Mu)”.

    2, Banyaklah membaca kisah- kisah orang saleh yang mengabdi kepada Allah dengan Ikhlas, agar kita termotivasi karenanya.

    3. Bandingkan amaliyah kita dengan melihat mereka yang sanggup ber- amal lebih baik dari kita, jangan membandingkan dengan mereka yang sedikit ber-amal.

    4. Berlatihlah terus menerus untuk berbuat ikhlas (Excersize/ riyadhoh), karena sebagaimana anggota tubuh lahiriyah kita yang butuh excercise, anggota tubuh batin kita juga butuh berlatih dan melakukan excersice. Sehari kita berlatih mengangkat beban satu kilo nanti suatu saat kita bisa mengangkat beban 100 kilo.

    Bila kita sekarang belum 100% ikhlas, tak mengapa karena dengan terus berlatih ikhlas, ikhlash kita akan meningkat, dari 0%..10%…20%…dan terus naik sampai 90% ikhlas atau bahkan 100% ikhlas.InsyaAlloh.

    Reply to this comment
  36. Reren
    Reren October 02, 14:04

    Alhamdulillah sy bisa mendapat pelajaran dr sini, semoga media ini bisa terus membawa manfaat…amiien..

    Reply to this comment
  37. imas
    imas October 04, 09:18

    assalamu’alaikum………
    untuk mas yazid……..
    maaf mas saya mengganggu waktunya. mohon bantuannya untuk memberikan doa mustajab untuk saya yang terlilit hutang.

    Reply to this comment
    • yazid
      yazid October 05, 16:02

      Wa’alaikumussalam
      sebelumnya maaf, apa yang dimaksud dengan ” doa mustajab untuk saya yang terlilit hutang “?
      kalau yg anda maksud do’a yang bisa menyelesaikan hutang piutang dengan cara-cara “ajaib” saya tidak tahu.
      menurut saya: hutang adalah perkara lahir yang perlu penanganan(usaha) lahir, do’a merupakan wujud permohonan kepada Allah untuk memudahkan langkah usaha guna membayar hutang tersebut.makanya do’a apapun bentuknya asal tidak bertentangan dengan syari’at islam akan nyambung dengan permintaan kita. do’a juga tidak harus pakai bahasa arab, yg penting kita paham dg apa yg kita ucapkan. Namun demikian sebagian ulama(ahli hikmah) memang ada yang memberikan suatu amlan(do’a untuk hal2 khusus).
      Untuk sebuah amalan khusus, anda harus bertemu langsung dengan orang yang memberi ijazah (ijin) untuk mengamalkannya. silahkan anda hubungi ustadz/kyai (yang memang memahami hal2 yg berhubungan dg do’a ) yang dekat dengan rumah anda.

      semoga bermanfaat.

      Reply to this comment
  38. Ediey
    Ediey October 06, 12:26

    kepada puti anggraini………
    terima kasih teman atas saran anda…….
    kini pikiran saya lebih terbuka lagi untuk menerima semuanya dengan lapang dada……….
    saya percya bahwa rencana Allah SWT itu pasti menyenangkan dan terbaik untuk kita……..
    sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak untuk saudara yazid dan puti anggraini……..

    Reply to this comment
    • yazid
      yazid October 06, 12:46

      Alhamdulillah….
      semoga apa yang kita sudah alami menjadi pelajaran dan kita bisa mengambil hikmahnya.

      Reply to this comment
  39. agustin
    agustin October 06, 17:41

    saya adl remaja yg dr smp mempelajari ikhlas itu bagaimana tp kadang sbg muslimah yang sebenarnya menciptakan ilmu ikhlas itu amat sulit kadang juga menjlani ilmu ikhlas itu dgn terpaksa n berat ht,kadang jg sy merasa sakit jk mencoba ikhlas

    Reply to this comment
  40. ibn khasbullah
    ibn khasbullah October 08, 09:11

    Menurut Abdullah bin Abbas, Sabar (TAHAN UJI) itu ada 3 tingkatan:

    1.Tahan uji tatkala melakukan kebaikan- APAPUN KESULITAN dan TANTANGANNYA. Nilainya 300 derajat.

    2.Tahan uji tatkala menjauhi larangan- APAPUN GODAANNYA dan RAYUANNYA. nilainya 600 derajat.

    3.Tahan uji tatkala menghadapi musibah dan ujian Allah. Nilai pahalanya 900 derajat.

    Nah, tatkala anda belajar berbuat ikhlas- yang berarti sedang berusaha meninggalkan RIYA’ yang dilarang Allah, salah satu godaan dan kendalanya adalah sebagaimana yang anda rasakan. Apabila anda tahan uji (sabar)tetap berusaha ikhlas, insya Allah anda akan mendapatkan NILAI KEPANGKATAN 600 derajat disisi Allah.Amiin.

    Reply to this comment
  41. Wilda mansyur
    Wilda mansyur October 12, 10:08

    saya mau bertanya…apakah berhubunga intim dengan suami pada saat haid itu dosa besar?
    dan apakah pada saat kita mencoba lebih mendekatkan diri pada Allah ujiannya semakin banyak?karena dulu pada saat sy jauh dengan Allah hidup saya terasa mudah…tp jika saya mencoba untuk mendekatkan diri pada Allah maka hidup saya serasa sulit….tolong penjelasnnay ustas….

    Reply to this comment
  42. Benere Kang Diluru
    Benere Kang Diluru October 12, 11:37

    Ma’af Kang Wilda.. Saya bukan Ustadz, tapi saya mencoba menjawab pertanya’an anda, Memang benar menggauli Istri dalam keada’an haid itu hukumnya haram,pelakunya di ganjar Dosa Besar.jangankan menggauli, membuka aurat isteri(dalam keadaan haid) antara lutut dan pusar itu hukumnya Haram..
    dalam satu hadist Qudsy Allah mengatakan..Jika HambaKU berupaya mendekatkan diri PadaKU satu jengkal,maka AKU akan menyambutnya Satu langkah..
    dari hadist di atas dapat di artikan Bahwa Allah selalu terbuka dan dengan senang hati Menerima HambaNYA yang Kembali padaNYA.. ketika bumu serasa menyempit di karenakan persoalan hidup,dan jiwa serasa tertekan oleh beban berat kehidupan yang harus anda pikul, menyerulah YA ALLAH!!!.setiap ucapan yang baik, do’a yang tulus, rintihan yang jujurair mata yang menetes penuh keihlasan, dan semua keluhan yang menggundah gulanakan hati adalah hanya pantas di tujukan keHadiratNYA..

    Reply to this comment
    • Wilda mansyur
      Wilda mansyur October 14, 10:33

      Astagfirullah….jd selama ini aku telah melakukan dosa besar…karena saya pernah bersetubuh dengan suami saya dalam keadaan haid,apakah Allah murka pd saya??????sekarang alhamdulillah saya sudah lebih istiqomah dalam menjalankan ibadah sya…dan saya merasa sudah agak berkurang bebannya..walaupun masih banyak permasalahan dalam hidup saya..tp saya mencoba untuk ikhlas menjalani semuanya,,dan hasilnya Alhamdulillah…pikiran sudah agak terang,dam selalu merasa tentram….

      Reply to this comment
  43. Hanata
    Hanata November 28, 23:38

    Pak saya sudah 2th lebih menikah tapi belum dikarunai anak, minta di doakan supaya cepat punya anak dan doanya

    Reply to this comment
  44. ibn khasbullah
    ibn khasbullah December 02, 09:16

    Sdr/Sdri Hanata:

    Kami ikut berdo’a untuk anda sekeluarga agar cepat mendapat mendapatkan anugerah Allah yang anda dambakan.
    Berusahalah terus tanpa kenal lelah. Bukankah keluarga Imron, Keluarga Nabi Zakaria dan keluarga Nabi Ibrohim tak pernah putus asa berdo’a, memohon kepada Allah selama lebih 50 tahun lamanya sebelum akhirnya dikabulkan oleh Allah? Bacalah berulang- ulang do’a mereka dikeheningan malam:

    ” Robbi hab lii min ladunka waliyyaa”= Ya Allah,karunialah kami keturunan dari anugerah Mu”. (Lihat Q.S. Maryam 1~ dst).

    Periksalah ke dokter dan para ahli, mintalah advis dan petunjuk dari mereka.

    Hindarilah makanan2 yang menyebabkan anti fertility, misalnya jamu sambiloto, sebaiknya dihentikan dulu. Kegemaran akan kucing dan hewan piaraan juga sebaiknya dihentikan karena ada kemungkinan terinfeksi TOXOPLASMA yang hidup di media bulu kucing dan dapat menyebabkan keguguran, dll,Lihat artikel2 tentang hal tersebut diatas.

    Kami yakin, jeda 2 tahun tidak usah menjadikan anda khawatir, karena saya punya teman, setelah 15 tahun baru punya anak.
    Yakinlah akan karunia Allah. Semoga.

    Reply to this comment
  45. Fauzi
    Fauzi December 11, 16:14

    Pak Kyai Saya mau share ….

    Saya Punya pimpinan sedikit galak, n mental saya lemah.
    Jadi saya mau nanya, ada gk doa supaya menguatkan mental & melembutkan hati seseorang ????

    terima kasih, atas perhatiannya.

    by : Fauzi R Hrp

    Reply to this comment
  46. Galang
    Galang January 03, 10:47

    Assalamualaikum wr wb
    Pak Ustadz saya mohon petunjuk doa dan dzikir apa yang harus saya amalkan agar saya bisa melewati cobaan yang bertubi-tubi dan terus-menerus yang saya alami sekarang ini yang saya rasakan begitu berat. Mulai dari bapak saya yang sakit bertahun-tahun dan akhirnya meninggal, kemudian adik saya yang mengalami gangguan jiwa yg sdh bertahun-tahun, dan saat ini ibu saya mulai sakit-sakitan, dan tidak sampai disitu, beberapa minggu yg lalu paman dari istri saya tabrakan dan terus meninggal ditempat kemudian 5 hari yg lalu nenek dari istri saya juga meninggal. Masalah lain berawal dari kesalah pahaman maka harmonisasi di lingkngan keluarga seakan memudar dan dikeluarga kami seakan tidak ingin untuk salaing bertemu. :(
    mohon petunjuk dan bimbingannya….
    Terimakasih
    wassalam

    Reply to this comment
  47. ibn khasbullah
    ibn khasbullah January 04, 06:36

    Untuk mas Fauzi:

    Beruntunglah seorang yang dapat bersahabat dengan tekanan.
    Seseorang yang tahan uji menghadapi tekanan dan dapat memanfaatkan dan memanage nya biasanya akan sukses dikemudian hari. Bukankah Nabi Muhammad, Imam Bukhory, Imam Syafi’i dan banyak orang besar lainnya yang sukses karena mereka “bersahabat dengan tekanan?” Bukankah bangsa Indonesia cenderung malas (maaf, self correctie) karena hidup ditanah yang gemah ripah loh jinawi, thukul kang sarwo tinandur dan hidup dengan sedikit tekanan? Coba negara- negara dengan 4 musim dan tekanan taifun serta cuaca extrim, tanpa kerja keras mempersiapkan sesuatunya untuk musim dingin, mereka bisa mati kedinginan dan kelaparan, karena itu cenderung mereka lebih ulet karena tekanan hidup!
    Bersabarlah: فصبر جميل
    Siapkan mental anda untuk “mendapatkan vitamin tekanan” tatkala akan menghadap bos, dengan wajah yang lebih ceria seraya berdoa: “Ya- Lathif- Ya- Lathif- Ya- Lathif” secara ber- ulang- ulang.Semoga sukses!!!.

    Untuk mas Galang:

    Rasulullah bersabda: “Idza ahabballohu qouman Ibtalaahu” = Apabila Allah mencintai suatu kaum, maka Allah akan mengujinya. Bukankah Nabi- nabi dan para kekasih Allah semuanya diuji dengan ujian YANG AMAT berat?
    Mungkin ujian ujian yang sedang mas Galang terima insyaalloh UJIAN KENAIKAN TINGKAT. Bukankah Allah berfirman:
    ” وإذابتلى إبراهيم ربه بكلمات فأتمهن …”
    قال إنى جاعلك للناس إماما

    Tatkala Ibrohim telah selesai menjalani semua ujian Allah, maka Allahpun MENGANGKAT BELIAU MENJADI PEMIMPIN UMMAT MANUSIA…. mudah- mudahan demikian juga yang insyaallah sedang terjadi pada mas Galang dan keluarga. Amiin.
    Bacalah terus do’a ma’tsurot ini:
    حَسْبُنَا الله وَنِعْمَ الْوَكِيلْ نِعْمَ الْمَوْلىَ وَنِعْمَ النَّصِيرْ
    InsyaAlloh.

    Reply to this comment
  48. ichsan
    ichsan January 05, 00:05

    ass,berbagai upaya dah usaha di dalam mencari rizqi sudah saya lakukan tp slalu kegagalan yg terjadi,hingga istri akhirnya membantu tepatnya dia sekarang bekerja di luar negri, tapi hati ini slalu di hantui rasa bersalah, seorang suami yg seharusnya memenuhi kebutuhan rumah tangga tapi kini tiada daya. mohon doa agar saya ikhlas melepas kepergian istri di dalam meraih masa depan

    Reply to this comment
    • em.yazid
      em.yazid January 05, 19:55

      wa’alaikumussalam,
      kadang hidup memang tidak banyak memberikan pilihan,apapun yang sedang kita alami saat ini, itulah kenyataan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima fakta itu,kemudian carilah celah kebaikan disana.
      Do’akan istri yang sedang membantu anda, semoga sehat dan dapat menunaikan masa kerja sesuai kontrak,simpanlan hasil kerja dia yang mungkin ditransfer kerekening anda. Sedapat mungkin minimkanlah memakai uang dia,karena kebanyakan suami2 yang ditinggal istrinya kerja ke luar negeri sering mengandalkan gaji istri untuk biaya hidupnya,bahkan tak sedikit yang menggunakannya untuk berfoya-foya.
      Andai pun harus memepergunakannya untuk modal usaha,jangan lupa selalu minta persetujuan istri.
      semoga dengan modal itu kehidupan anda sekeluarga menjadi lebih baik lagi kedepannya. aaminn.

      Reply to this comment
  49. ichsan
    ichsan January 07, 10:43

    makasih atas saran dan kritik nya,semoga apa ug saya dan istri cita2kan segera di kabulkan allah yg Esa,rumah tangga yg sakinah,mawaddah,warohmah

    Reply to this comment
  50. Sarang
    Sarang January 10, 14:26

    Aslmk…

    Saya seorang Akhwat berusia 27 tahun, sampai saat ini masih belum berkeluarga, setiap kali terjadi ta’arup, selalu tidak berjalan lancar, kadang Ikhwannya yang tidak cocok sama saya, kadang sayanya sendiri tidak cocok sama dia. Nah sekarang saya lagi menyukai seorang ikhwan, dia sudah datang kerumah saya, adakah do’a agar dia ( ikhwan ) yang saya sukai menjadi jodoh saya, atau adakah do’a agar dimudahkan saya bertemu dengan jodoh saya. Terima kasih.

    Wasalammualaikum…

    Reply to this comment
  51. ibn khasbullah
    ibn khasbullah January 10, 15:29

    Adik Sarang yang lagi kasmaran.
    Kami do’akan kali ini dia akan benar benar menjadi jodoh anda.

    Ambillah air wudhu, sholat dua rokaat, bacalah do’a ini, didahului dengan Alhamdulillah dan sholawat:

    اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْئَلُكَ لِسَانًا ذَاكِرًا وَقَلْبًا شَاِكرًا وَزَوْجًا صًالِحًا يُعِيْنُنِىْ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ

    “Ya Allah, Aku mohon kepada Mu lidah yang selalu berdzikir, hati yang selalu bersyukur, seorang suami saleh yang dapat mendukungku dalam urusan agamaku dan dunyawiku.” Amiin.

    Reply to this comment
    • Sarang
      Sarang January 11, 11:11

      Amiin….
      Terimakasih atas do’anya, mau tanya kalau untuk shalat 2 rokaatnya itu niatnya sholat apa ya?

      Terima kasih.

      Reply to this comment
  52. ibn khasbullah
    ibn khasbullah January 11, 13:03

    Sholat hajat.Rasulullah bersabda:” Barang siapa berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian dia sholat dua rokaat dan menyempurnakan rakaatnya, Allah akan mengabulkan HAJAT permintaannya, cepat atau lambat” (HR.Ahmad). Lihat pula QS Al- Baqoroh 45:
    “Kalian hendaklah minta pertolongan dengan melakukan ke- Shobaran dan Sholat”.

    Reply to this comment
  53. ony
    ony February 18, 16:50

    assalammualaikum wr wb
    bagaimana caranya dan doa nya agar cepet dapet jodoh yg sholehah dan pekerjaan yg halal dan cukup

    Reply to this comment
  54. fatimah lasut
    fatimah lasut February 19, 12:11

    “Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfa’at bagi orang-orang yang beriman.”
    (Al Qur’an 051:55)

    “Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dilaknati Allah dan dilaknati (pula) oleh semua (makhluk) yang dapat melaknati.”
    (Al Qur’an 002:159)

    “F A K T A”

    SIAPAPUN PRESIDEN DAN WAKILNYA – PANCASILA IDEOLOGINYA
    APAPUN AGAMA PRESIDEN DAN WAKILYNA – KUHP HUKUM-HUKUMNYA

    ISLAM DAN BERIMANKAH KITA DI HADAPAN ALLAH SWT?

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang seiman.

    Siapakah yang dinyatakan oleh Allah Swt orang-orang yang beriman, yang mereka itu diseru untuk mematuhi Allah dan rasul-Nya secara kaffah?

    – Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-Nya; kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang benar beriman. (Q. Al Hujurat 15)

    Dan siapakah pula yang dinyatakan oleh Allah Swt orang-orang yang kafir?

    – Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak akan beriman. (Q. Al Baqarah 6)

    – Hai orang-orang yang beriman, ber-Dinnul Islam-lah kamu secara kaffah (secara keseluruhan), dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. Tetapi jika kamu menyimpang (dari Dinnul Islam) sesudah datang kepadamu bukti-bukti kebenaran, maka ketahuilah, bahwasanya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q. Al Baqarah 208-209)

    – Pada hari ini, telah Aku sempurnakan Agamamu (Pedoman Hidup dan Kehidupanmu) untukmu. Telah Aku cukupkan nikmat-nikmat-Ku untukmu. Dan telah Aku ridhai (Aku setujui dan Aku restui) Islam sebagai Pedoman Hidup dan Kehidupanmu. (Q. Al Maidah 3)

    – Siapa saja yang mencari (apalagi yang memakai) pedoman hidup dan kehidupan selain Dinnul Islam, maka tidaklah akan diterima (tidak dinilai ibadah) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi. (Q. Ali Imran 85)

    Bagi seluruh umat manusia, tidak terkecuali bangsa Indonesia yang telah bersyahadat menyatakan diri mereka Islam dan beriman, tentu mengimani Kebenaran Ketetapan Allah Swt yang tersebut di atas. Jika tidak, tentu mereka bukan orang-orang yang beriman.

    Intinya adalah, tidak ada agama atau pedoman hidup dan kehidupan yang lain bagi mereka, selain Dinnul Islam dan Nabi Muhammad Rasulullah Saw adalah panutan, contoh dan tauladan bagi mereka di dalam menata dan mengatur semua aspek hidup dan kehidupan mereka, baik di kala mereka hidup sendiri-sendiri berpribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara.

    Berdinnul Islam secara kaffah dengan mematuhi segala perintah adalah Perintah Allah Swt yang wajib dipatuhi oleh seluruh umat Islam yang beriman, sebagaimana realisasinya yang benar telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah Saw pada masanya.

    Rasulullah Saw berpribadi, Rasulullah Saw berkeluarga, Rasulullah Saw bermasyarakat, Rasulullah Saw berbangsa, dan Rasulullah Saw bernegara. Bahkan, Beliau adalah kepala negaranya. Semua aspek hidup dan kehidupan Beliau berserta umat Islam yang beriman, begitu juga yang belum beriman yang berada di bawah naungan Daulah Khilafah Islamiyah pada saat itu, ditata dan diatur berazastunggalkan Dinnul Islam seutuhnya atau yang lazim disebut dengan “secara kaffah”.

    Nabi Muhammad Rasulullah Saw tidak pernah mengajak bangsa Arab, baik yang kafir maupun yang beriman, dengan seruan Beliau yang seperti ini, misalnya: “Wahai saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Demi persatuan dan kesatuan bangsa Arab, marilah sama-sama kita rekayasa suatu ideologi yang baru, selain Dinnul Islam, kemudian kita lengkapi ideologi tersebut dengan hukum-hukum dan undang-undang serta peraturan-peraturan yang kita butuhkan. Kemudian, kita jadikan dan kita pergunakan ideologi kita tersebut berserta hukum-hukumnya sebagai satu-satunya azas pedoman hidup dan kehidupan kita berbangsa dan bernegara, baik bagi yang beriman maupun yang kafir, agar kita semua dapat selamat dan sejahtera di dunia dan akhirat”.

    Pernahkah Rasulullah Saw mencontohkan ber-Dinnul Islam seperti misal ajakan Beliau yang tersebut di atas?

    Bukankah misal ajakan Rasulullah Saw itu seperti kita beragama, berbangsa dan bernegara di Indonesia?

    Kalaulah kita, seluruh bangsa Indonesia yang telah bersyahadat menyatakan diri kita islam dan beriman, dan kita beriman sesuai dengan Ketetapan Allah Swt dan sesuai pula dengan apa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw, tentu kita tidak akan pernah berideologi yang lain, selain Dinnul Islam, Pancasila misalnya, di dalam kita menata dan mengatur semua aspek hidup dan kehidupan kita, baik di kala kita beragama, berbangsa maupun bernegara. Seluruh aktifitas hidup dan kehidupan kita, bahkan mati kita pun hingga cara penguburan mayat kita haruslah berazas-tunggalkan Al Qur’an dan Sunnah Rasul. Itulah Ketetapan Allah Swt bagi seluruh manusia yang mau digolongkan sebagai orang-orang yang beriman, yang imbalannya, adalah Jannah. Beriman dulu yang benar sesuai dengan Ajaran-Nya, barulah kemudian beramal saleh, yang harus juga sesuai dengan Bimbingan Allah Swt dan contoh serta tauladan yang telah diberikan oleh Rasulullah Saw. Maka barulah hidup dan kehidupan kita bernilai ibadah di sisi-Nya. Sebagaimana KetetapanNya atas penciptaan diri manusia.

    – Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk mengabdi kepada-Ku.
    (Q. Az-Zaariyaat 56)

    Apakah Hukum-Hukum Allah atau Syariat Islam memang tidak berlaku atas umat Islam Indonesia?

    Ataukah kita, Umat Islam Indonesia yang jumlahnya mayoritas di Indonesia ini, telah mendapatkan dispensasi atau keringanan dari Allah Swt untuk tidak berhukum dan berhakim kepada Hukum-Hukum Allah atau Syariat Islam tetapi kita masih dianggap beriman oleh Allah Swt di hadapan-Nya?

    Ataukah kita, umat islam Indonesia, yang tidak mau ber-Syariat Islam karena kita merasa berat mematuhinya, walaupun itu untuk kebaikan kita? Dan kalaupun kita mau ber-Syariat Islam, bagaimana mungkin kita dapat melaksanakannya karena kita masih tetap ber-Pancasila? Bukankah Pancasila juga mempunyai hukum-hukumnya sendiri yang harus dipatuhi oleh kita-kita yang ber-Pancasila? Sementara Allah Swt, yang kita imani dengan Dinnul Islam-Nya, juga mewajibkan kita, Umat Islam Indonesia, berhukum dan berhakim kepada Hukum-Hukum-Nya atau Syariat Islam. Bahkan, Dia mengkafirkan siapa saja manusianya yang tidak mau, dan juga yang menolak atau tidak setuju atas pelaksanaan Syariat Islam.

    Bagaimanakah kita berpedoman di dalam menata dan mengatur semua aspek hidup dan kehidupan kita sebagai orang-orang yang telah bersyahadat menyatakan diri kita Islam dan beriman di dalam berbangsa dan bernegara?

    Siapa yang harus kita patuhi? Tuhan kita, Allah Swt, dengan Syariat Islam-Nya, ataukah Pancasila kita Nan Sakti dengan hukum-hukum thaghutnya?

    Bukankah ini artinya kita berdualisme dalam berpedoman, alias beragama “suka-suka”? Kita beragama sesuai dengan selera kita. Mana yang cocok dengan selera kita, kita patuhi. Dan mana yang tidak sesuai dengan keinginan hawa nafsu kita, kita ingkari. Kita beriman akan sebagian isi Al Qur’an dan kufur akan sebagian yang lainnya. Seperti inikah Rasulullah Saw mengajarkan dan mencontohkan kepada kita ber-Dinnul Islam? Koq kita tidak bermalu mengklaim diri kita sebagai umat Beliau?

    Hukum-Hukum Allah atau Syariat Islam tidak berlaku di Negara Republik Indonesia, karena NKRI bukanlah Negara Islam. Padahal, kabarnya, mayoritas penduduknya beragama Islam (?). Apakah ada Allah Swt memerintahkan dan meridhoi kita, seluruh Umat Islam Indonesia, untuk mendirikan suatu negara yang berideologikan ideolgi manusia dan berhukum serta berhakim kepada hukum-hukum buatan manusia alias hukum-hukum thaghut?

    Sewaktu berjuang merebut kemerdekaan kita berteriak, “Allahu Akbar!” Tetapi, setelah merdeka, di mana kita letakan Ideologi dan Hukum-Hukum Allah? Koq malahan ideologi manusia dan hukum-hukum thaghutnya yang kita jadikan pedoman hidup dan kehidupan kita berbangsa dan bernegara? Dengan cara seperti inikah kita bersyukur kepada Allah Swt?

    Wahai saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang seiman.

    Ini adalah FAKTA cara kita beragama. Kita ber-Dinnul Islam dengan cara kita, berdualisme dalam berpedoman, bukan dengan cara Rasulullah Saw yang hanya ber-Dinnul Islam secara kaffah. Beliau tidak berideologikan yang lain, selain Dinnul Islam, dan begitu juga para sahabat serta umat Islam yang beriman lainnya pada saat itu.

    Dan yang sangat naïfnya bagi kita adalah, kita selalu berdo’a memohon dan mengharapkan syafa’at beliau di kemudian hari. Tetapi ironinya adalah, disuruh beriman sebagaimana Rasulullah Saw beriman sajapun kita tidak mau. Koq, bisa-bisanya kita mengharapkan syafa’at beliau dan menginginkan Surga Allah?

    Oh, alangkah rancunya kita ber-Dinnul Islam karena kita berdualisme dalam berpedoman. Kita buat tandingan bagi Ideologi Allah Swt, yaitu Ideologi Panca Sila. Dan kita anugerahkan Pancasila kita itu dengan ungkapan yang hebat, yaitu “Nan Sakti” atau Yang Sakti, walaupun kita tahu Pancasila kita Nan Sakti itu tidak bisa menciptakan apa-apa, walau sehelai rambutpun, karena memang Pancasila itu bukan apa-apa, kecuali ideologi manusia yang membawa pengikutnya ke jurang neraka.

    Tidakkah cukup Allah (Al Qur’an) dan Rasul (Sunnahnya) menjadi pedoman hidup dan kehidupan bagi orang-orang yang beriman?

    Ini adalah suatu perbuatan syirik yang tidak akan pernah diampuni oleh Allah Swt, baik di dunia maupun di akhirat, kecuali kita bertaubat nasuha dengan meninggalkan Pancasila untuk selama-lamanya, dan kembali ke Dinnul Islam secara kaffah.

    Apakah orang-orang yang beriman seperti kita-kita ini yang dimaksud oleh Allah Swt sebagai pewaris surga? Surga itu milik siapa? Milik Allah Swt, atau milik Pancasila kita Nan Sakti? Atau memang ada Pancasila kita Nan Sakti memiliki Surga sehingga kita mau berhukum dan berhakim kepadanya? Ataukah kita yang memang tidak mempergunakan akal sehat kita? Tetapi yang jelas, kita mendahului hawa nafsu kita yang tidak terbimbing oleh Bimbingan Allah, yaitu Al Qur’an dan Sunnah Rasul, sehingga kita tidak saja beragama suka-suka, tetapi ternyata, kita juga berbangsa dan bernegara sesuka-suka kita. Ini adalah FAKTA yang ada di depan mata kita. Maukah kita kafir selamanya sampai ajal tiba menjemput kita?

    – Menetapkan Hukum itu hanyalah Hak Allah. Dia menerangkan yang sebenarnya dan Dia Pemberi Keputusan yang paling baik. (Q. Al An’am 57)

    – Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki? Namun (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin? (Q. Al Ma’idah 50)

    – Siapa saja yang kafir sesudah beriman (karena tidak mau berhukum kepada Hukum-Hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi. (Q. Al Ma’idah 5)

    – Siapa saja yang memutuskan (suatu perkara) tidak menurut apa yang diturunkan Allah, berarti mereka adalah orang-orang kafir. (Q. Al Ma’idah 44)

    Saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang seiman.

    Orang-orang kafir atau masyarakat kafir, bangsa-bangsa kafir, negara-negara kafir, pemerintahan-pemerintahan kafir dan pemimpin-pemimpin kafir di seluruh penjuru bumi Allah ini tentu mereka semuanya tidak berhukum dan berhakim kepada Hukum-Hukum Allah atau Syariat Islam karena mereka memang kafir atau tidak beriman kepada Dinnul Islam. Mereka berhukum dan berhakim kepada hukum-hukum thaghut, yaitu hukum-hukum yang dibuat oleh mereka sendiri, sesuai dengan apa yang mereka kehendaki, yang mereka anggap benar dan adil. Mereka tidak diperintahkan oleh Allah Swt untuk menata dan mengatur semua aspek hidup dan kehidupan mereka dengan berhukum dan berhakim kepada Hukum-Hukum Allah atau Syariat Islam karena mereka memang tidak beriman kepada Dinnul Islam. Dan bagi mereka, Allah Swt telah menetapkan Ketetapan-Nya, yaitu Jahannam tempat kembali mereka. Itulah seburuk-buruknya tempat kembali.

    Hanya orang-orang yang beriman atau masyarakat yang beriman, bangsa-bangsa yang beriman, negara-negara yang beriman dan para pemimpin yang beriman yang tidak berideologikan yang lain, selain Dinnul Islam, yang mau dengan ikhlas karena iman, menata dan mengatur semua aspek hidup dan kehidupan mereka dengan berhukum dan berhakim kepada Hukum-Hukum Allah atau Syariat Islam sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw.

    Dan ber-Dinnul Islam secara kaffah dengan mematuhi segala Perintah, termasuk berhukum dan berhakim kepada Hukum-Hukum Allah atau Syariat Islam hanya dapat dilaksanakan di suatu Negara atau Pemerintahan yang berazas-tunggalkan Al Qur’an dan Sunnah Rasul, yaitu yang lazim disebut dengan Daulah Khilafah Islamiyah. Dan Daulah Khilafah Islamiyah tersebut tidaklah mungkin terbentuk dengan sendirinya atau orang-orang kafir yang mendirikannya kemudian dipersembahkan kepada Umat Islam Indonesia untuk mengelolanya. Ini adalah suatu hal yang mustahil. Tetapi sayang, sedikit sekali di antara kita yang memikirkannya. Padahal, Allah Swt telah mengisyaratkan dan Rasulullah telah mencontohkan kepada orang-orang yang beriman untuk memiliki suatu wadah pemerintahan yang berazas-tunggalkan Al Qur’an dan Sunnah Rasul.

    – Wahai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul(Nya), dan ulil amri (pemimpin) di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (Q. An Nisa’ 59)

    Bahkan di dalam tatanan Pemerintahan Islam sekalipun di mana ada orang-orang kafir atau non muslim yang di lindungi oleh Pemerintah atau Negara Islam, Allah Swt telah memperingatkan kita untuk berhati-hati di dalam memilih para pemimpin, jangan sampai Pemerintahan Islam tercemar dengan unsur-unsur kafirun dan munafikun.

    – Hai orang-orang yang beriman, jangan kamu jadikan orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpinmu, sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Siapa saja di antara kamu memilih mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang dzalim. (Q. Al Ma-idah 51)

    – Janganlah orang-orang beriman menjadikan orang-orang kafir sebagai pemimpin, melainkan orang-orang beriman. Siapa saja yang berbuat demikian, niscaya dia tidak akan memperoleh apa pun dari Allah, kecuali karena (siasat) memelihara diri dari sesuatu yang ditakuti dari mereka. Dan Allah memperingatkan kamu terhadap diri (siksa)-Nya. Dan hanya kepada Allah kembalimu. (Q Ali Imran 28)

    – Wahai orang-orang yang beriman!
    Janganlah kamu jadikan bapak-bapakmu dan saudara-saudaramu menjadi pemimpin-pemimpinmu, jika mereka memilih kekafiran daripada keimanan. Siapa saja di antara kamu yang menjadikan mereka pemimpin, maka mereka itulah orang-orang yang zalim. (Q. At-Taubah 23)

    Akankah kita beriman di kala kita berbangsa dan bernegara sesuai dengan Petunjuk dan Ketetapan Allah Swt seperti apa yang disampaikan di atas agar kita tidak tergolong orang-orang yang merugi di kemudian hari, ataukah kita harus selamanya beragama seperti nenek moyang kita beragama walaupun mereka tidak berada di atas Kebenaran Illahi?

    Oleh sebab itu, marilah kita semua, Bangsa Indonesia yang telah bersyahadat menyatakan diri kita Islam dan beriman, bertaubat nasuha dengan meninggalkan semua ideologi yang bukan Ideologi Allah, Pancasila misalnya, dan kembali ke jalan yang benar, yaitu Ideologi Allah – Dinnul Islam – Al Qur’an dan Sunnah Rasul agar kita semua dapat selamat di dunia dan akhirat.

    – Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menta’ati orang-orang yang kafir, niscaya mereka mengembalikan kamu ke belakang (menjadikan kamu kembali kafir), lalu jadilah kamu orang-orang yang merugi. (Q. Ali Imaran 149)

    – Ta’atilah Allah dan Rasul-Nya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir. (Q. Ali Imran 32)

    – Sesungguhnya yang mewajibkan atasmu (melaksanakan hukum-hukum) Al Qur’an, benar-benar akan mengembalikanmu ke tempat kembali. (Q. Al Qasas 85)

    Wahai saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang seiman.

    Sebagai Bangsa Indonesia yang telah bersyahadat menyatakan diri kita Islam dan beriman, maka haruslah kita sadari dan kita insyafi bahwasanya:

    1. Pancasila bukanlah Agama Islam. Bahkan, bukan pula agama Bangsa Indonesia. Dan Agama Islam tentu bukan pula Pancasila karena Pancasila memang bukan Agama. Maka benarlah pernyataan para pancasilaist, “Pancasila bukan agama!”.

    2. Pancasila adalah ideologi manusia, sedangkan Dinnul Islam adalah Ideologi Tuhan Yang Maha Esa, yaitu Allah Swt, Tuhannya orang Islam yang benar-benar beriman, yang beriman sesuai dengan Petunjuk dan Ketetapan-Nya.

    3. Ber-Pancasila bukanlah berarti ber-Dinnul Islam ataupun beragama yang lain karena tidak ada satupun agama yang dianut oleh bangsa Indonesia yang berakidahkan Pancasila. Berdinnul islam bukanlah berarti berpancasila karena memang tidak ada sangkut pautnya diantara Dinnul Islam dengan Pancasila. Sungguh sangat nyata perbedaannya. Bagaikan siang dengan malam. Yang satu adalah Ideologi Allah Swt, Yang Haq, dan yang lain adalah ideologi manusia atau Yang Bathil. Al Qur’an adalah pembeda diantara yang Haq dan yang Bathil.

    4. Berpancasila berarti harus berhukum dan berhakim kepada hukum-hukum Pancasila, yaitu hukum-hukum yang dibuat oleh manusia. Diberlakukan atas seluruh bangsa Indonesia. Suka atau tidak suka, wajib dipatuhi oleh seluruh warganegara Republik Indonesia yang berazastunggalkan Pancasila. Kalau tidak dipatuhi, tentu ada sanksi atau hukumannya, baik pidana maupun perdata.

    5. Beragama Islam berarti harus pula berhukum dan berhakim kepada hukum-hukum Islam atau Syariat Islam, yaitu Hukum-Hukum yang Diciptakan dan Diwajibkan oleh Allah Swt atas seluruh umat manusia yang telah bersyahadat menyatakan diri mereka Islam dan beriman agar dapat diakui oleh Allah Swt, sesuai dengan Ketetapan-Nya, sebagai orang Islam yang benar-benar beriman. Dengan kata lain, bagi manusia yang telah bersyahadat menyatakan dirinya Islam dan beriman, dengan suka rela ataupun terpaksa, mereka harus berhukum dan berhakim kepada Hukum-Hukum Allah, karena kalau tidak, berarti mereka bukanlah orang-orang yang beriman. Dan fakta membuktikan, memang orang-orang yang tidak beriman alias orang-orng kafir yang tidak berhukum dan berhakim kepada Hukum-Hukum Allah atau Syariat Islam di dalam mereka menata dan mengatur semua aspek hidup dan kehidupan mereka di dunia ini.

    6. Allah Swt mengkafirkan siapa saja manusianya yang tidak mau beriman kepada Dinnul Islam, dan yang memutuskan suatu perkara tidak menurut apa yang telah diturunkan-Nya. Dia juga menjadikan kembali kafir di hadapan-Nya, siapa saja manusianya yang telah bersyahadat menyatakan dirinya Islam dan beriman, tetapi tidak mau menerima atau menolak Hukum-Hukum Allah atau Syariat Islam diberlakukan atas dirinya, atas keluarganya, atas masyarakatnya, atas bangsanya dan atas negaranya. Maka hapuslah amalannya, dan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi.

    7. Sesungguhnya Allah Swt telah memberi kebebasan kepada manusia untuk menentukan pilihannya, di antara keimanan dan kekafiran, agar tidak ada penyesalan di kemudian hari seperti apa yang telah menjadi Ketetapan-Nya berikut ini.

    – Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu, maka siapa saja yang ingin (beriman) silahkan ia beriman dan siapa saja yang ingin (kafir) silahkan ia kafir. (Q. Al Kahf 29)

    8. Dan apabila kita mengikuti dan mematuhi dengan senang hati alias ridho kepada para pemimpin dan pembesar negeri yang kafir, yang memimpin tidak berazastunggalkan Al Qur’an dan Sunnah Rasul, maka kita akan menerima balasan seperti apa yang telah menjadi Ketetapan Allah Swt berikut ini.

    – Tidakkah kamu perhatikan orang-orang (para pemimpin) yang telah menukar nikmat Allah (Bimbingan Allah) dengan kekafiran (yang bukan Bimbingan Allah) dan menjatuhkan pengikutnya (rakyatnya) ke lembah kebinasaan? Yaitu neraka Jahanam; mereka masuk ke dalamnya; dan itulah seburuk-buruknya tempat kediaman.
    (Q. Ibrahim 28 – 29)

    – Orang-orang (para pemimpin) kafir itu telah menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah (tandingan bagi Ideologi Allah) supaya mereka menyesatkan (rakyatnya) dari Ideologi-Nya. Katakanlah: “Bersenang-senanglah kamu karena sesungguhnya tempat kembalimu adalah neraka.” (Q. Ibrahim 30)

    – Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu? Tetapi mereka masih mau berhakim kepada thaghut, padahal mereka telah diperintahkan untuk mengingkari thaghut itu. Dan syaitan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) kesesatan yang sejauh-jauhnya. ( Q. An Nisa’ 60)

    – Dan apabila dikatakan kepada mereka, “Marilah (patuh) kepada apa yang telah diturunkan Allah dan (patuh) kepada Rasul,” niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati)mu.
    (Q. An Nisa’ 61)

    – Maka demi Tuhanmu, mereka tidak beriman sebelum mereka menjadikan engkau (Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, (sehingga) kemudian tidak ada rasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang engkau berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya. (Q. An Nisa’ 65)

    – Apakah kamu beriman (mendengar dan mematuhi) kepada sebahagian Al Kitab (Bimbingan Allah) dan kafir (mendengar dan mengangkangi) terhadap sebahagian yang lain? Maka tidak ada balasan (yang pantas) bagi orang yang berbuat demikian di antara kamu selain kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari Kiamat mereka dikembalikan kepada azab yang paling berat. (Q. Al Baqarah 85)

    – Sesungguhnya orang-orang yang ingkar kepada Allah dan rasul-rasul-Nya, dan bermaksud membeda-bedakan antara (keimanan kepada) Allah dan rasul-rasul-Nya, dengan mengatakan, “Kami beriman kepada sebagian dan kami mengingkari sebagian (yang lain),” serta bermaksud mengambil jalan tengah (iman atau kafir), mereka itulah orang-orang yang kafir sebenar-benarnya (dedongkot kafir). Kami telah menjadikan untuk orang-orang kafir seperti itu siksaan yang menghinakan. (Q. An Nisa’ 150-151)

    – Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan pintu-pintu kesenangan untuk mereka, sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa. Maka orang-orang yang dzalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam. (Q. Al An’am 44 – 45)

    – Siapa saja yang kafir kepada Allah sesudah dia beriman (dia mendapat kemurkaan Allah), kecuali orang yang dipaksa kafir padahal hatinya tetap beriman (dia tidak berdosa), akan tetapi orang yang melapangkan dadanya untuk kekafiran, maka kemurkaan Allah menimpanya dan baginya azab yang besar. Yang demikian itu disebabkan karena sesungguhnya mereka mencintai kehidupan di dunia lebih dari akhirat, dan bahwasanya Allah tiada memberi petunjuk kepada kaum yang kafir.
    (Q. An Nahl 106-107)

    – Di antara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan Hari Kemudian”, padahal mereka itu sesungguhnya bukanlah orang-orang yang beriman.
    (Q. Al Baqarah 8)

    – Dan (di antara orang-orang munafik itu) ada yang mendirikan masjid untuk menimbulkan bencana (pada orang-orang yang beriman), untuk kekafiran dan untuk memecah belah (persatuan dan kesatuan) di antara orang-orang yang beriman, serta untuk menunggu kedatangan orang-orang yang telah memerangi Allah dan Rasul-Nya sejak dahulu. Mereka dengan pasti bersumpah, “Kami hanya menghendaki kebaikan.” Dan Allah menjadi saksi bahwa mereka itu pendusta (dalam sumpahnya).
    (Q. At Taubah 107)

    – Jangalah engkau melaksanakan sholat dalam masjid itu selama-lamanya. Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan sholat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang-orang yang bersih (akidahnya).
    (Q. At Taubah 108)

    – Demi masa.
    Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh serta saling menasehati untuk menta’ati kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran. (Q. Al ‘Asr 1-3)

    – Dan ta’atilah Allah dan Rasul, supaya kamu diberi rahmat.
    (Q. Ali Imran 132)

    Wahai saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang seiman.

    Jadi sudah jelaslah bagi kita, seluruh Umat Islam Indonesia, bahwasanya kalau ada di antara kita, siapa pun dia adanya dan apa pun status sosial dan profesinya, yang telah bersyahadat menyatakan dirinya Islam dan beriman, tetapi pada kenyataannya, dengan suka rela dan senang hati mengambil dan menjadikan Ideologi Pancasila berserta undang-undang dan hukum-hukumnya sebagai pedoman hidup dan kehidupannya, baik untuk dia berpribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara, maka dia sesungguhnya bukanlah tergolong orang-orang yang beriman di hadapan Allah Swt.

    – Katakanlah: “Apakah perlu Kami beritahukan kepadamu tentang orang yang paling merugi perbuatannya?”. Yaitu orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka mengira telah berbuat sebaik-baiknya. Mereka itu adalah orang yang mengingkari ayat-ayat Tuhan mereka dan (tidak percaya) terhadap pertemuan dengan-Nya. Maka sia-sia amal mereka, dan Kami tidak memberikan penimbangan terhadap (amal) mereka pada hari Kiamat.

    – Berkatalah orang yang beriman,
    “Wahai kaumku!
    Ikutilah aku, aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang benar.

    Wahai kaumku!
    Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal.

    Siapa saja mengerjakan perbuatan jahat, maka dia akan dibalas sebanding dengan kejahatan itu. Dan siapa saja mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan sedangkan dia dalam keadaan beriman, maka mereka akan masuk surga, mereka diberi rezeki di dalamnya tidak terhingga.

    Dan wahai kaumku!
    Bagaimanakah ini, aku menyerumu kepada keselamatan, tetapi kamu menyeruku ke neraka?

    (Mengapa) kamu menyeruku agar kafir kepada Allah dan mempersekutukan-Nya dengan sesuatu yang aku tidak mempunyai ilmu tentang itu, padahal aku menyerumu (beriman) kepada Yang Maha Perkasa, Maha Pengampun?

    Sudah pasti bahwa apa yang kamu serukan aku kepadanya bukanlah suatu seruan yang berguna baik di dunia maupun di akhirat. Dan sesungguhnya tempat kembali kita pasti kepada Allah, dan sesungguhnya orang-orang yang melampui batas, mereka itu akan menjadi penghuni neraka..

    Maka kelak kamu akan ingat kepada apa yang kukatakan kepadamu. Dan aku menyerahakn urusanku kepada Allah. Sungguh Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya”. (Q. Al-Mu’min 38 – 44)

    – Dan tidaklah pantas bagi laki-laki yang mukmin dan perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu Ketetapan, akan ada pilihan (yang lain) bagi mereka tentang urusan mereka. Dan siapa saja mendurhakai Allah dan Rasul-Nya, maka sungguh, dia telah tersesat, dengan kesesatan yang nyata.
    (Q. Al-Ahzab 36)

    – Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

    Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya sebelum datang azab kepadamu, kemudian kamu tidak dapat ditolong (lagi).

    Dan ikutilah sebaik-baiknya apa yang telah diturunkan kepadamu (Al Qur’an) dari Tuhanmu sebelum datang azab kepadamu secara tiba-tiba, sedang kamu tidak menyadarinya”. (Q. Az-Zumar 53 – 55)

    Wahai saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang seiman.

    – Sungguh, orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan dan petunjuk, setelah Kami jelaskan kepada manusia dalam Kitab (Al Qur’an), mereka itu dilaknat Allah dan dilaknat (pula) oleh mereka yang melaknat, kecuali mereka yang telah bertaubat, mengadakan perbaikan dan menjelaskan(nya), mereka itulah yang Aku terima taubatnya dan Akulah Yang Maha Penerima Taubat, Maha Penyayang. (Q. Al Baqarah 159-160)

    – Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, kemudian ia berpaling dari padanya?
    (Q. As-Sajdah 22)

    PEMILU 2014 telah di depan mata
    Saat yang tepat untuk kita bertaubat nasuha
    Kalau kita memang masih beriman kepada-Nya
    Tentu kita tidak akan dapat menyertainya, karena Allah Swt melarangnya.

    Para pemimpin yang dipilih
    Dan semua rakyat yang memilih
    Semua mereka wajib berhukum dan berhakim kepada hukum-hukum Pancasila
    Itulah yang membuat kita menjadi kembali kafir di hadapan-Nya

    Membersihkan qalbu setiap hari
    Setelah bersih, dengan apa diisi?
    Apakah diisi dengan Pancasila Nan Sakti
    Ataukah diisi dengan Wahyu Illahi?

    Inilah fakta hidup dan kehidupan kita
    Bangsa Indonesia yang telah menyatakan diri kita Islam dan beriman
    Ternyata di hadapan Allah kita belum beriman
    Karena kita masih mau berideologi yang lain selain Dinnul Islam, yang membuat kita tidak berhukum dan berhakim kepada Syariat Islam

    Ini hanyalah sebuah peringatan
    Yang disari dari kitab suci Al Qur’an.

    Mau beriman, silahkan beriman
    Mau kafir, silahkan kafir
    Sudah jelas mana yang haq dan mana yang bathil
    Orang lain tidak menanggung dosa orang lain

    Maha Suci Allah Yang Mengkafirkan manusia yang tidak mau berhukum dan berhakim kepada hukum-hukum-Nya. Dan hukum-hukum-Nya hanya dapat dilaksanakan di Pemerintahan Islam, suatu pemerintahan yang berazastunggalkan Al Qur’an dan Sunnah Rasul. Dan Pemerintahan Islam tidak akan pernah ada sampai hari kiamat kalau umat islamnya tidak pernah mau mengadakannya.

    Ikutilah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu dan janganlah kamu mengikuti pemimpin-pemimpin selain Dia. Amat sedikitlah kamu mengambil pelajaran (dari padanya). (Q. Al A’raf 3)

    Sesungguhnya orang-orang yang mendatangkan cobaan kepada orang-orang mu’min laki-laki dan perempuan, kemudian mereka tidak bertaubat, maka bagi mereka azab Jahannam dan bagi mereka azab (neraka) yang membakar. (Q. Al Buruj 10)

    Dan siapa saja yang membunuh seorang mu’min dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal dia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutuknya serta menyediakan azab yang besar baginya. (Q. An Nisa’ 93)

    Sesungguhnya orang-orang kafir kepada Allah dan rasul-rasul-Nya, dan bermaksud membedakan antara (keimanan kepada) Allah dan rasul-rasul-Nya, dengan mengatakan: “Kami beriman kepada yang sebahagian dan kami kafir terhadap sebahagian (yang lain)”, serta bermaksud (dengan perkataan itu) mengambil jalan (tengah) di antara yang demikian (iman atau kafir), merekalah orang-orang yang kafir sebenar-benarnya. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir itu siksaan yang menghinakan. (Q. An Nisa’ 150-151)

    Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. Tetapi jika kamu menyimpang (dari jalan Allah) sesudah datang kepadamu bukti-bukti kebenaran, maka ketahuilah, bahwasanya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Q. Al Baqarah 208-209)

    Apakah kamu beriman (mendengar dan mematuhi) kepada sebagian Al Kitab (Bimbingan Allah) dan kafir (mendengar dan mengangkangi) terhadap sebagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari Kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat. (Q. Al Baqarah 85)

    Reply to this comment
  55. ivon kamila
    ivon kamila February 23, 14:56

    aamiin, trims atas artickle rahasia do’a nya, mudah2an membawa qt kepada ketenangan hati, n menjadikan qt qolbun salim.

    Reply to this comment
  56. ciung
    ciung February 24, 08:46

    Menurut pendapat saya, komentar Ukhti Fatimah lasut walau menarik, kurang tepat nyelonong di artikel do,a. Lebih pas seandainya komentar tersebut di pasang pada artikel “Relativitas Claim Kebenaran” misalnya,Atau artikel lain yang bernuansa politik. Tidak apa- apa sih, tapi rasanya kurang sreg saja.

    Reply to this comment
  57. Yusuf
    Yusuf April 06, 13:10

    Assalamu’alaikum Ustadz
    Saya seorang Ikhwan berusia 30 tahun, sampai saat ini masih belum berkeluarga, sekarang saya punya seorang pacar tapi hubungan kami agak renggang karena beberapa bulan yang lalu saya terlalu disibukkan dengan pekerjaan saya sehingga dia merasa seolah-olah saya melupakannya. Dia akhirnya marah ustadz, saya sudah minta maaf dan berusaha memperbaiki kesalahan saya, tetapi sampai sekarang dia masih tetap menjauhi saya, katanya sudah telat. Pertanyaan saya adakah do’a yang dapat saya amalkan agar hubungan kami kembali membaik??

    Wasalammualaikum…

    Reply to this comment
    • admin
      admin Author April 06, 15:54

      Wa’alaikumussalam …..
      Saya ikut prihatin dengan yangsedang anda hadapi.
      Ada banyak cara bagi Allah untuk menaikkan derajat atau kadar keimanan & kedewasaan hamba-hamba-Nya,kebanyakan diuji dengan sesuatu yg tidak kita harapkan kehadirannya, ada yg menarik dari cobaan2 itu,ketika hal-hal yg tdk kita senangi itu datang dengan didahului kesalahan kita (datangnya krn akibat kesalahan kita) ,maka ada 2 hal yang harus dilakukan ;
      1. meminta maaf dan meyakinkan dengan bukti perbuatan dan pastikan kesalahan itu tdk akan terjadi lagi.
      2. perbanyak banyak sholawat Nabi, semoga dengan berkah Syafa’at beliau Allah berkenan membukakan dan melunakkan hatinya untuk anda.

      wassalam

      Reply to this comment
  58. heri
    heri April 18, 08:53

    ass…pak ustad sy mau tny,sy sdng ada mslh rmhtngga sy tdk prnh mengucapkan kata c…i kpd istri sy,tp sy sdh mengembalikan istri sy kpd ortu nya,dan sy sdh membuat srt pernyataan ikrar talak 1 kpd istri dan di tandatangani oleh istri sy dan ortunya,selang 1 hari istri mau balik sma sya dan dia tidak mau pisah dengan sy,tpi abang ipar sy bilang harus melalui 4 tahap klu mau blk lg krn sy sdh bkn srt pernyataan talak itu,tlg bantuan solusi nya spy sya bisa menghadapi abang ipar sy

    Reply to this comment
  59. nahrowisamsuri@yahoo.com(Ilham Alamudi)
    nahrowisamsuri@yahoo.com(Ilham Alamudi) April 22, 20:10

    omong kosong pendapatmu pak yai : karena bukan sekedar puasa aja, istihfar sudah, bersukur sudah, wirid sudah,mungkin bersukurnya pak ustad ini gag ada secuilnya rasa sukur saya kepada allah. karena sangking rasa bersukurnya tadi saya malu meminta kepada allah. dan air mataku keluar tanpa henti karena derita batinku/ HAJAT KAMI namun sampai sekarang tak terjawab juga. yaitu: ingin menebus tanah orang tua yang kami jual seharga 300jt. kyai atau ustad tanbihun ini seperti orang yang dangkal pengalaman rokaninya. tahunya cuma baca praktek kosong nol putul. sama sekali gak mempunyai pengalaman batin tersendiri. seperti orang yang masih kosong kosong mlompng. YAITU : tong kosong berbunyi yaring.

    Reply to this comment
  60. indra
    indra April 27, 11:18

    aswb salam hormat kpd seluruh baraya di form mulia ini kita semua tdk perlu resah semua tindakan perbuatan ada yang mencatatnya baik sipulan laki2 atau sipulan perempuan dst, bila kita peduli umat dan bangsa dan pribadi 1. marilah kita intropeksi 2.mawasdiri 3,sempurnakan ibadah kita masing2 4.pelihara istri-suami anak2 dan orang tua dari kemudaratan (kesalahan yang tidak perlu) dengan sering bersilaturahmi bekali mereka dengan alquran 5.kunjungi dan nafkahi keluarga terdekat sesuai kemampuan mintaakan doanya 5.kirimi hadiahi orangtua kita, para guru, sesepuh, leluhur, waliallah dst, para pemimpin berilmu yang peduli bangsa dan rakyatnya seperti syaidina Muhamad saw dan 4sahabatnya dst dan orang yang terpilih menurut kita yang layak didoakan karena tidak terlalu mementingkan dirinya kelompoknya tetapi sudah menyenangkan hati membuat kita sadar dan menjadikan kita kembali beryukur dan kembali kepada Nya apapun silahkan 6,bersihkan jiwa raga dari perbuatan yang membatalkan niat ……yaitu dari semua perbuatan iblis dan dari semua jenis najis kotoran biasakan kita bersih dan wangi 7.mohon pertolongan Nya agar cepat terkabul bacalah doa syukur 100x doa tobat 100x doa salawat 100x dan permintaan 100x kalau belum bisa bahasa arab pake bahasa indonesia jawa sunda dst alangkah baik dan sempurna bila kita umat muslim ataupun bukan berdoa dengan pasrah, kontinue, dan yakin bahwa cuma ada satu(1) Tuhan yang mengabulkan doa kita bagaimana kita bisa menembus waktu Tuhan yaitu saat orang lagi terlena dengan kemarahannya, kesenanganya, kekayaanya, kedurhakaannya dst,.yaitu dari satu titik yaitu kita dab diri kita bahagialah bagi orang yang sudah tau siapa dirinya maka dia akan tau siapa Tuhannya oleh karena itu, dimanapun kapanpun kita bisa berdoa dengan cepat dikabulkan dan berusahalah berkepanjangan tingkatkan terus doa2 kita dan pilihlah doa2 yang mudah difahami sebenarnya cuma dengan diam dengan bahasa bathin Tuhan akan mengabulkan doa kita untuk itu saringlah semua doa2 mulia kalau ingin mempelajari bacalah Alquran dan terjemahannya secara rutin oleh semua umat manusia bandingkan disana banyak sekali doa2 pilihan yang sudah pasti
    doa itu bukan buatan manusia dan agar kita membacanya berulang2 mudah2an kita semua mendapat pelajaran berharga catatan ahir doa yang benar bila dilantunkan oleh hati dihadirkan oleh hati dan dipasrahkan sepenuhnya oleh hati kepada yang memiliki hati menjeritlah dengan hatimu maka Tuhan yang punya Nama2 Mulia mengabulkan doa kita dan perbaiki terus doa kita setiapwaktu, beruntung orang2 yang shalih yang tidak meninggalkan dirinya kepada Tuhannya mudah2an mendapat pertolongan amin Tuhanku Cuma satu an tidak punya anak dan family Dia menguasai duniaku dan mahluk hidup sejagad raya hebatnya Tuhanku, bila bangsa ini ingin damai sejahtera maka mulailah dengan diri kita berjuanglah terus menerus untuk kebahagian yang menyenangkan di dunia dan diaheratpun kita menatanya dengan perbuatan yang terpuji contoh bila jadi petani petani yang pandai jadi pegawai pandai pedagang pandai dst tapi bukan yang iblis korunglah iblis yang dibadan kita jangan dikasihani biar dia kurus dan tidak menguasai kita agar doa kita jadi dan tewujud karena pertolongan Tuhan YME maaf panjang ya ….. oya jangan lupa setiap kita berdoa hadirkan jiwa raga kita saat berdoa wasalam dari si indra yang sok tau hehehe oya kalau berkesan silahkan pilih dan ingat2 kalau tidak silahkan ingat supaya kita tidak ditipu iblis bapak ibu mohon maaf ya…dan indra berdoa semoga doa sekalian dikobul amin bila jadi ibu suami anak family tetangga pemimpin rakyat teman dst jadilah yang menyenangkan hati yah menyenangkan hati dan tidak berbuat seperti iblis tamat

    Reply to this comment
  61. suta
    suta May 22, 22:00

    asslmualaikm..
    maaf pak saya mau tanya??
    saya baru saja mengirimkan demo lagu ke slh satu label,,tapi lewat tmn saya,dan alhmdllh katanya demo’y di sukain ma label..tp msh ada proses utj smpai kntrak.kira2 bacaan do’a apa yg bsa mbntu saya?

    Reply to this comment
  62. ibn khasbullah
    ibn khasbullah May 23, 08:31

    Nahrowisamsuri yang sedang gundah.

    Terimakasih atas kritikannya. ” The critic is vitamin”. Mudah- mudahan kritik anda dapat memperkaya hati dan wawasan kami dan dapat menjadi wasilah turunnya maghfiroh Allah kepada kami. amin. Kami tetap berdo’a agar masalah anda dapat diatasi dengan baik,

    Bagi mas Suta, syarat do’a itu haruslah sesuatu yang diridhoi Allah.dan dilakukan dengan ikhlas dengan sepenuh keyakinan, disertai ikhtiyar yang tak kenal kata menyerah – “Fa- atba’a sababaa..”

    Bila- lagu- lagu anda ber- isikan sesuatu yang diridhoi Allah, mudah- mudahan do’a anda terkabul dan lagunya disetujui produser. Berdo’alah dengan do’a biasa yakni: Alloohummarzuqnaa rizqon halaalan thoyyiban waasi’an mubaarokan lithoo’atik yaa Robbal ‘Aalamiin. “

    Reply to this comment
  63. tin
    tin May 25, 17:49

    pak ustadz..suami sy pernah nikah siri dg perempuan lain.tp kata slh seorang ustadz suami sy kena pengaruh magic…wallahualam.. memang sikapnya berubah sekali… stelah di rukyah n dbw ke habib alhamdulillah membaik sikap nya dan memperhatikan sy walaupun terbagi dg istri sirinya… tp hdpnya tdk tenang… capek dan dia inginkan istrinya satu saja… alhamdulillah br bbrp saat yg lalu suami sy lepas dr istri sirinya artinya dia memilih saya tp blm 24 jam sikap dia makin liar.. tdk mau menghargai saya sbg istri… tdk mau makan di rumah.. tdk mau berbicara dg sy…bhkan ingin lepas dari saya… bgm sebaiknya sy pak ustad.? adakah amalan wirid yg bs sy amalkan agar cinta suami sy kembali lg ke saya?hati sy sakit sekali pak ustad, lebih sakit ketika sy di poligami… ketika itu suami sy masih kasih sy harapan2 dan janji2.. tp malah di patahkan nya begitu saja… sy jg tdk inginkan perceraian.. sy ingin bahagia dan membina keluarga yg sakinah mawaddah warohmah dg suami sy ini.. dy sudah sakiti sy… insyaALLAH sy ikhlaskan… tolong sy pak ustadz…. makasih…

    Reply to this comment
  64. Dilaga
    Dilaga May 29, 21:53

    Buat kita orang awam seperti saya ini, ga usah banyak amalan yg penting cukup istiqomahkan stiap hari bacaan:
    1. Allahumma sholli ala sayyidinaa Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad 1000x
    2. Astagfirullah 1000x
    Kalau kita sudah bisa mengistiqomahkannya Insya Allah akan terasa manfaatnya LUAR BIASA. Wallahu A’lam.

    Reply to this comment
  65. arie
    arie May 30, 10:05

    Pak kyai, saya mau tanya. Istri dan ibu mertua saya memaksa minta cerai. Ibu mertua juga slalu membanding-bandingkan ekonomi saya dg teman sekerja saya. Krn saya sudah tdk kuat lagi, maka dg terpaksa saya luluskan permintaan mereka. Sekarang kami sedang dlm proses cerai di pengadilan agama. Tp sebenarnya saya tdk ingin terjadi perceraian tsb, dg alasan kasihan dg anak kami satu-satunya yg masih umur 6 th, saya juga masih sayang dg istri saya. Yang saya takutkan, istri dan keluarganya kena pengaruh guna-guna, krn kejadiannya begitu singkat hanya dlm 1 bln. Apalagi skrg di rumah mertua ada orang yg dianggap sbg anaknya. Latar belakangnya, dia dulu seorang pencuri, pernah menelantarkan istri dan anaknya. Yang mau saya tanyakan, apakah ada amalan/doa/wirid khusus agar istri dan keluarga istri bs segera menyadari kesalahannya minta cerai. Dan gmn caranya agar istri segerah plg kerumah.

    Reply to this comment
  66. khodijah
    khodijah May 31, 22:40

    Ass.ww. Maaf pak sy mengganggu.sy sdh 2mlm ini bnr2 bingung,anak sy ovita 12th kabur dr rmh,dan sy takut anak sy kenal dgn org jahat. Yg memanfaatkn anak sy,anak sy sdh yatim dr usia 2th.mhn doa nya agar anak sy bs sgr pulang,selamat lahirbatin dan di jauhi dr perbuatan zina dan maksiat. Sblm nya trimaksh bnyk pak..

    Reply to this comment
  67. monida
    monida June 25, 16:09

    Ya….Allah, izinkan hamba untuk selalu dekat dengan Mu, dekat lagi, dekat lagi sampai akhir hayatku, walau Engkau telah menguji diriku melalui kejadian yang menimpa anak ku yang pertama, aku yakin itu semua karena sayangMu pada diriku dan keluargaku, Ya…. Allah, Engkau telah menyadarkan akan dosa dan kesalahan yang telah aku lakukan, aku menangis atas dosa dan kesalahan yang sudah aku lakukan, aku mohon ampun karena hanya Engkaulah yang Maha Pengampun, ampunkan aku Ya… Allah. Untuk keluar dari masalah yang kuhadapi memang berat, tetapi aku selalu mengingat Mu dengan berzikir dan berzikir, membaca AlQuran sepuas hatiku, solat Tahajud setiap malam,berdo’a, berdo’a dan berdo’a untuk keselamatan hidup di dunia dan di akhirat, Ya… Allah hanya pada Mu aku meminta, dan hanya pada Mu, aku serahkan segalanya….Aku yakin engkau pasti akan memberikan kemudahan kepadaku dan keluarga dalam segala permasalahan. Dan untuk orang yang telah menzalimi keluarga kami mudah”an diberi petunjuk jalan yang benar. Amin Ya Rabbal Alamin.

    Reply to this comment
  68. sari
    sari June 27, 12:00

    assalamualaikum,mhn bantuannya bagaimana cara mengatasi agar suami selalu berada di jalan Allah ( khususnya sholat berjamaah ), Tks

    Reply to this comment
    • Pengelola Tanbihun
      Pengelola Tanbihun June 28, 02:50

      Wa’alaikumussalam wr. wb.
      Banyak cara yang bisa dilakukan, diantaranya ;
      – mulai dari diri sendiri terlebih dahulu
      – ajaklah suami untuk berjama’ah di rumah terlebih dahulu, katakan padanya “saya ingin sekali menjadi makmum suami sendiri” katakan ini dengan lembut dan penuh harap,jangan seperti orang menggurui, ya…seakan2 kitalah yang butuh dia menjadi imam.
      – do’akanlah dia, hidayah Alloh akan membukakan hati suami.
      dan yang perlu digaris bawahi, lakukan semua nasihat dengan hati-hati, bagaimana pun baik niat kita, kalau caranya kurang pas, maka akan berakibat salah paham.
      semoga kelarga anda selalu dalam naungan taufiq,hidayah-Nya. amiin.

      Reply to this comment
  69. santi
    santi August 13, 16:36

    assalammualaikum pak sya mau tnya doa agar suami sya plang krena 3blan suami sya tdak plang dan terakhir hubungi sya suami sya mnta cerai atas permintaan ibuny dengan alasan sya menyakiti adiknya padahal sya tdak pernah lkuin tu semua
    terima kasih wassalam

    Reply to this comment
  70. ariel bondan
    ariel bondan September 18, 23:10

    ass pak kyai. mohon pncerahannya

    wass

    Reply to this comment
  71. no name
    no name September 30, 19:31

    Assalamu alaikum wr..wb..secara tak sengaja menemukan website ini,saya tertarik banyak pelajaran spiritual dan hikmah yang di dapat dari sini..
    Pa ustadz izinkan saya berkeluh kesah tentang permasalahan bathin ini…
    Saya merasa selalu susah hati,karena begitu banyak problem di hidup ini yang sellau menerpa,khusus nya diri saya saya . mulai perasaan was-was dan khawatir,perlu di ketahui setelah saya terkena sakit yang teramat lama hmpir bulan lama nya dgn pnyakit yang tdk jelas,itu terjadi beberapa tahun yang lalu,hingga kini membuahkan trauma dan selalu takut,tak percaya diri,selalu gagal meraih jodoh,keuangan yang selalu saja boros,orang2 pinjam uang kadang lupa mengganti nya,kalah dalam persaingan cari pacar,Banyak sekali orang yang butuh bantuan ke uangan pada saya dan saya gak pernah tegaan sama orang,namun mereka susah banget untuk mengembalikan nya..yah itu hanya sekedar curhat saja ,pada inti nya saya ingin minta di berikan satu do’a saja untuk ketenangan hati,karena saya tahu jika hati tenang secara otomatis aura positip akan menjadi cerah,jika aura cerah keberuntungan pasti akan berpihak kpd saya,Walaupun saya uraikan problem di atas Jujur saya ikhlass mungkin sudah jalan hidup saya,tapi tentu nya semua penyakit ada obat nya atau syare’at nya,Mohon Do’a nya pa ustdz…mohon jwbn nya bila perlu ke email saya.terimakasih wassalam,mhn maaf nama saya samarkan ,

    Reply to this comment
  72. no name
    no name October 26, 17:06

    ASS.WR.WB
    PAK saya mau tanya wirid apa yang bisa ayah saya sadar dan taubat, karna keluarga saya sudah berantakkan, ayah saya nikah sirih hampir 3 tahun ini, akhir-akhir ini hidupnya berantakkan sampai-sampai punya hutang 700jutaan itu pun keluarga tidak tahu, suatu hari dia pulang kampung. saat ayah saya pulang kampung semua orang yang dihutangi datang kerumah.keluarga kaget, terutama ibu saya, setelah dari kampung tiba-tiba dia mau jual semua hartanya, tapi keluarga tak terima, saya bela ibu dan adik2 tapi jawaban bapak saya” kamu anak durhaka liat aza besok pasti ada musibah yang menimpa kamu”hampir tiap hari kami bertengkar.bapak saya memilih hidup dengan istri mudanya, sedangkan ibu saya sakit-sakitan apa yang dibilang bpk nurut. tapi ada orng yg ngomong ibu saya diguna2 sedangkan adik saya msh kecil2 saya sendiri sudah berkeluarga. saya mau ninggalin rumah saya ga tega. tempat usaha dikuasai bpk semua ibu saya nanggung biaya sekolah serta hutang2 bapak. saya sedikit membantu ibu saya tapi suami saya berpikiran lain. saya serba salah dimata keluarga bapak.saya dituduh mau nguasain harta orang tua,anak durhaka, sampai2 bapak tidak ingat anak2. usaha ibu saya ju sepi. tapi saya selalu menenangkan ibu saya rizki ga akan jauh dari orang-orang yng slalu bersyukur ma. tapi hati saya bimbang antara suami dan keluarga
    saya minta doa dan wiridnya agar bapak saya sadar dan taubat, usaha ibu saya lancar serta doa agar ibu saya dan adik2 jadi orang yang ikhlas menerima keadaan.
    wirid agar suami saya tidak berpikiran macam2 serta sayang anak dan istri, serta keluarga saya selalu diberi keberkahan,keharmonisan. doa dimudahkan segala urusan untuk suami dan keluarga saya. terima kasih.WSS.WR.WB

    Reply to this comment
  73. no name
    no name October 26, 17:07

    SAYA MOHON PENCERAHANNYA. SAYA BINGUNG….TERIMA KASIH
     

    Reply to this comment
  74. Asep S
    Asep S November 09, 16:57

    Ijin menyimak dulu gan…

    Reply to this comment
  75. edi
    edi November 15, 07:19

    ass.wr.wb
    ma’ap pak kyai.saya seoang laki-laki,mencintai seorang gadis,dulu keluarganya menjodoh kn sya padanya.krna sya masih kuliah sambil kerja .dan baru skripsi ,insya Allah wisuda januari 2012.dan usiagadis itu masih muda umur 16 th.pada sa’at sy minta orang tua sy untuk meminangnya ,ternyata telah di dahului laki-laki lain.dn sy mengurungkan niat saya untuk meminang sementara waktu,tapi orang tuanya tlah menerima pinangn itu.dan melangsungkan akad nikah kamis tanggal 16 .10 2011 besok.sy menyukainnya dan serius.sy harus bagai mana pak kyai dalam situasi seperti ini.sy juga berdo’a untuk perkara ini .mohon nasehat pak kyai.dan apa pelaksanaan pernikahan ada larangan untuk pemahaman orang ada tahun wawu (wau)tidak boleh melangsungkan pernikahan ato hajat lain untuk dirayakan seperti biasanya.sebelumnya sy ucapkan terima kasih.

    Reply to this comment
  76. devi
    devi November 23, 10:55

    assallamuallaikum ,
    nama saya devi,usia saya 21 tahun tapi saya masih kuliah di akademi kebidanan dan tahun depan insyallah saya akan wisuda..,saya bercita2 setelah lu2s nanti saya ingn bekerjadan ingin menjadi sukses untuk membahagiakan orng tua dan membantu adik2 saya.tetapi didalam hati saya masih banyak kebimbangan pak ustad.sekarang lapangan pekerjaan sulit sekali.
    pak ustad saya mohon do’anya dan saya minta amalan2 atau tirakat dan do’a2 yang harus saya lalukan agar saya bisa meraih cita2 saya di masa depan???

    Reply to this comment
  77. muji
    muji December 04, 12:49

    cpt apa doanya semoga nilai tesnya bagus?
     

    Reply to this comment
  78. supriono
    supriono December 23, 06:43

    insya allah setelah baca blog ini aku jadi orang yg pandai bersyukur insya allah.

    Reply to this comment
  79. apri
    apri January 18, 23:48

    assalamualaikum wr.wb
    pak kyai saya seorang pria saya suka sama perempuan dy juga suka sama saya pd awalny,dia seorang guru ngaji sdangkan saya br bljr.dia pernah di lmar sampe 6x tp d tolak semua pak kyai,trus skrng dia d jdhin am orang tuanya cwo itu hbis dari pondok pada awanya dia ga suka am cwo itu tp lma lama dia jd ada perasa,an suka am cwo itu.pdhl saya uda mrencanakan pngen nkah skrng saya br bkin rumah jga tp dya mlh kya gtu,emang sich saya blm prnah ktmu sama dia tp saya uda bnran suka sama dia.dia bisa mrbah hdup saya dr yg dlu jarang sholat skrng alhamdulillah bisa 5wktu.pdhal saya uda jalan am dia 1th lbh tp lum prnah ktmu tp sama yg d jdhin am orang tua dah jalan ber2 ea kadang saya cmburu lo tau dia jalan am cwo itu tp saya ga bisa brbuat apa apa pak kyai,apa ada do’a yang bisa buat dia jd suka sama saya lge pak kyai.tp lo dia bnar bnar mau ninggalin saya ea insya Allah saya akan ikhlasin tp setidaknya saya pngen berusaha dlu pak kyai.tolong pak kyai lo ada doanya kalo bisa di krim mlalui sms di hp saya pak kyai soalnya saya jarang bnget ke warnet,kalo bisa scpatnya di sms maaf pak kyai dah ngrepotin sblmnya sayau ucapin terima ksh sbsar besarnya.085694966669

    Reply to this comment
  80. ibn khasbullah
    ibn khasbullah January 26, 13:31

    Untuk saudara- saudaraku semuanya yang kami kasihi. Ada kata hikmah yang perlu kita renungkan. Kata- kata hikmah tersebut sejatinya resume dari beberapa ayat Al- Qur’an dan Hadist oleh Syekh Ibnu Atho’illah As- Sukandari. Bunyinya: ” Al- Man’u Huwa ‘ainul atho’ “arti bebasnya: ” Anugerah terbaik dari Allah itu (kadangkala) dengan cara TIDAK DIBERI”. Sebagaimana seorang bapak/ ibu yang anaknya sedang sakit DIAREE, tatkala sang anak dengan merengek dan terus menangis minta dibelikan jajanan ES MAMPO, maka sang ayah dan ibu MENOLAK MEMBELIKANNYA SEBAGAI BENTUK KASIH SAYANG SEJATI orang tua kepada anaknya yang masih sakit itu agar tidak bertambah parah sakitnya. Demikian pula tatkala seseorang tidak tercapai cita- citanya atau perjuangan cintanya kandas ditengah jalan, itu mungkin saja Allah sedang MEMBERIKAN YANG TERBAIK BUAT KITA dan sedang memilihkan jodoh yang lebih tepat buat kita, karena Allah Maha Tahu apa yang paling pas buat kita. Allah berfirman dalam Surat Al- Baqoroh 216: “Adakalanya kalian benci sesuatu padahal itu baik buat kalian, dan adakalanya kalian menyenangi sesuatu padahal itu berakibat buruk bagi kalian…”
    Maka jalan terbaik bagi seorang hamba Allah yang baik adalah: “Bersyukur tatkala mendapatkan anugerah Allah dan bersabar tatkala gagal atau terkena musibah”. Yang sudah menjadi milik orang lain jangan kita ganggu, do’akan agar mereka hidup rukun bahagia, dan kita terus bangkit tanpa putus asa mencari RIDHO ALLAH dan menggapai yang Allah telah persiapkan untuk kita. Penulis tak hanya sekedar bicara, tapi pernah merasakan betapa pahitnya putus tali cinta, namun dengan kesabaran Allah telah menggantinya dengan yang lebih baik, bahkan sekarang anak- anak sukses,  dan cucunya sudah 12 (dua belas)!. Alhamdulillah. Yakinlah bahwa: PEMBERIAN TERBAIK ITU KADANG DENGAN CARA TIDAK DIBERI.

    Reply to this comment
  81. Rum
    Rum February 02, 10:33

    Assalamualaikum Ustad saya rum umur saya 23 tahu, saya ingin konsultasi, begini ustadz … kenapa doa saya tidak kunjung terkabul, padahal saya puasa karena Allah, sholat tahajud dan lain sebagainya. saya hanya memohon untuk di pertemukan dengan pacar saya. saya sangat mencintai dia bahkan kami hubungan kami sangat serius. dia berjanji akan mencari saya n melamar saya. tapi di pertengahan jalan ibu dri pacar saya tidak merestui hubungan saya sama dia dan saya sakit hati sekali knp semuanya seperti ini. dan bahkan dia di jodohkan dngan pilihan ibunya. dan itu membuat saya lebih sakit, padahal pacar saya sudah menjelaskan bahwa hubungan kami serius tapi apa lah daya sbgai seorang anak pacar saya takut dngan ibuny krn dia anak tunggal, ustad setiap malam saya berdoa memohon agar dia kembali n menemui saya. sudah setahun lebih saya berpisah darinya tanpa kabar, tapi hati saya berkata dia akan kembali dan masih menyimpan persaan ke saya. saya sedih sekali ustadz, saya harus bagaimana saya sudah mencoba untuk tegar ikhlas, sabar dan bertawakkal. tapi hati ini tidak bisa di bohongi, saya bener2 g bisa jauh darinya ustad, krn dia semangat saya selain orang tua saya. Terima Kasih

    Reply to this comment
  82. dyah
    dyah February 04, 19:38

    ass…pak kiyai,,mohon doanya nggak agar suami saya jadi imam yang baik dan lebih bertanggung jawab,,,trimakasin…

    Reply to this comment
  83. Dadang Permana
    Dadang Permana February 23, 13:31

    Assalamu alaikum wr..wb..secara tak sengaja menemukan website ini,saya tertarik banyak pelajaran spiritual dan hikmah yang di dapat dari sini..
    Pa ustadz izinkan saya berkeluh kesah tentang permasalahan, anak saya yang telah rumah tangga, punya anak1 umur 2thun, suaminya menyerahkan pada keluarga saya( saya dan istri), sebenarnya ini lantaran kesalah pahaman keluarganya, tetapi mertua istri dari pihak suami selalu mencapuri urusan anaknya yang sudah berkeluarga, malah mertuanya (ibu dari suami istri anak saya itu bilang ke tetangga bahwa nikah sama anak saya adalah malapetaka) kata ibunya (suami anak saya),
    karena anak saya ada 3, perempuan semua, no 1 sudah menikah juga dan punya anak 1,malah kakanya sudah aja jangan diteruskan hubungannya, karena suaminya tidak sayang sama keluarga, apa lagi selalu berat sama ibunya, dan ibunya sendiri dia suka membantu, dengan do’a2 yang menjerumuskan ke batilan, bapak ustad bagaimana menanganinya, dan do’a apa agar do’a yang selalu menjerumuskan ke jelekan mertuanya dapat dikembalikan ke yang membuat do’anya, mohon sebelumnya, dan terima kasih sebelumnya atas jawaban pak ustad sebelumnya
    wassalamuaikum ww wb.

    Dadang Permana

    Reply to this comment
  84. Maulana
    Maulana March 04, 09:57

    ass… wr… wb…
    pak kiai apakah ada doa agar org yg menipu kita mau mengembalikan uang kita…

    Reply to this comment
  85. Ira
    Ira March 13, 12:29

    Assalamualaikum,Wr.Wb
    Saya Ira, saya punya suami seorang ekspatriat, suami saya muallaf, kami tidak tinggal serumah, dikarenakan dia kerja diluar kota, dia pulang kerumah 2X dlm seminggu, namun suami saya banyak berubah sifatnya, dia banyak berbohong, dan senang datang ke tempat2 hiburan malam. kalau saya bertanya dia marah2,dan saya juga sudah meminta utk mencari tempat tinggal di dekat tempat dia bekerja, namun dia selalu menolak, dan dia juga tidak mau mempublikasikan saya dengan teman2 kerjanya yang diluar kota sekarang. Apa yang harus saya lakukan pak ustadz, saya benar2 sakit hati dengan perilaku dia, dan saya juga merasa hampa, menjalani rumah tangga yang semu. saya punya suami, tapi seperti tdk bersuami. Saya mohon Sarannya…?? Terima Kasih
    Wassalam

    Reply to this comment
    • admin
      admin Author March 13, 15:59

      wa’alaikumussalam,
      semua keputusan berada ditangan anda ibu ira,tapi tak ada salahnya jika anda menanyakan “apa alasannya koq suami anda menolak untuk mencarikan tempat tinggal didekat tempatnya bekerja?” sakit hati hanya akan menambah penderitaan anda,prinsip orang berumah tangga,jika diantara suami-istri tidak lagi pada jalur yang benar,salah satunya atau keduanya tidak bisa memberikan hak pasanganannya,tidak bisa menghadirkan ketentraman,kenyamanan dalam Rumah Tangga. ada bebarapa langkah yang bisa ditempuh,salah satunya seperti sudah saya sebutkan,silahkan tanya suami.
      kedua; meminta bantuan konseling atau orang2 yang disegani oleh suami.

      semoga problem anda segera ketemu solusinya.
      wassalam.

      Reply to this comment
  86. susy
    susy March 20, 22:50

    Asslammualaikum Wr_wb
    Saya seorang istri yang sering di hianati suami,,ia sering selingkuh,,mohon bantuin aku doany agar suami tdk selingkuh lg,,dan semakin betah di rumah .terimah kasih !

    Reply to this comment
  87. Opa
    Opa March 21, 15:58

    Ass slm sejahtra buat smua..mhn maaf sy pendatang bru dlm blok ini,mhn pencerahan doa2 yg mustajab..trm ksh wslm..

    Reply to this comment
  88. iin
    iin March 21, 16:16

    Ibu saya kehilangan perhiasan dan uang. Saya mau tanya doa dan zikir apa yg mesti saya amalkan supaya orang yg mencuri mengaku dan kalau masih jadi rezekinya barang akan kembali tapi jika tidak kembali yg penting pencurinya mau mengaku

    Reply to this comment
  89. deni
    deni March 22, 22:06

    pak tlg, bri solusi bgaimana cra menghdapi hdp ini

    Reply to this comment
  90. yuda
    yuda March 23, 02:08

    dulu sampe skarank aku bkan anak yg baik aku suka mabok2 kan berkelahi berjinah apakah manusia sperti ku bisa bertobat..???

    Reply to this comment
  91. agus budiman
    agus budiman March 26, 13:31

    Ass.wr.wb.
    pak kyai sy mau bertanya, seandainya sy berdo’a bgmn bs di rasakan bahwa doa sy di terimah/di tolak, trus seandainya di terimah smpai brapa lama waktunya, tiga bula atau kah smpai satu tahun trims, wassallam.

    Reply to this comment
  92. Galileo
    Galileo March 27, 07:28

    Gimana cakk,,,carax biar juaalan saya bisa laku??????????

    Reply to this comment
  93. Ibn khasbullah
    Ibn khasbullah March 28, 08:45

    Mas Galileo yang sedang bersiap menjadi pedagang sukses:

    Segala usaha yang kita lakukan bila ingin berhasil DAN SUKSES seharusnya memenuhi 3- I, yaitu:

    I- yang pertama adalah ISTIKHOROH = minta dulu ilham dari Allah tentang apa yang akan kita usahakan. Ilham positif akan muncul melalui mimpi positip, atau bahkan tak ada mimpi sedikitpun.

    I- yang kedua ISTI’ANAH, mohon pertolongan Allah- yakni dengan melakukan usaha dengan penuh kesabaran, tahan uji dan pantang mundur. Jadikan tantangan menjadi kesempatan – dan banyak melakukan sholat sunnah (sholat hajat). Ingat:” Wasta’iinuu biss shobri was- sholaah”

    I- yang ketiga adalah IKHTIYAR:

    – Toko/ warung jangan sering tutup
    – Tata letak barang harus menarik.
    – Tarik pembeli dengan promosi. Rokok yang makruh saja di promosikan, apalagi dagang yang halal dan baik.
    – Keramahan adalah SEPAROH DARI PROMOSI. Walau sedang ngantuk atau sedang marahan dengan istri dan ada seorang yang akan beli rokok hanya sebatang, jangan disambut dengan muka cemberut!

    Be a succesful trader

    Reply to this comment
  94. suroto
    suroto April 04, 22:01

    artikelnya luar biasa…..
    rumah buku

    Reply to this comment
  95. Bulan Ramadhan
    Bulan Ramadhan April 11, 10:41

    Tiang pya mslh ne

    Reply to this comment
  96. noeyvhie tyas
    noeyvhie tyas April 18, 12:29

    smoga qt bs mengamalknx,,,,,, amiiiiiinnnn,,,,,
    & Alloh senantiasa mendengar serta mengabulkn doa2 qt…..aamiiiiiin ya Robb,,,

    Reply to this comment
  97. Ryanto
    Ryanto May 06, 13:11

    ass.wr.wb pak kyai umur saya sudah 31 th tapi sampai sekarang saya belum punya istri,sebenarnya saya udah punya pacar tapi lain agama,pacar saya diajak ikut agama saya nggak mau sedangkan saya mau meninggalkan dia rasanya berat karena kami sudah berhubungan lama 6 th dan dia sudah banyak menolong saya,saya sempat frustasi dan mau melakukan bunuh diri agar terlepas dari semua masalah itu,kami sudah sering bermusyawarah tapi tetap aja nggak ada jalan keluarnya,saya mohon do’a dan petunjuknya? terima kasih. wassalamu’alaikum

    Reply to this comment
  98. Ibn khasbullah
    Ibn khasbullah May 07, 12:09

    Mas Riyanto yang sedang gundah.
    Mencintai itu bukan berarti harus memiliki. Ketika kita punya anak perempuan dan diambil seorang perjaka untuk menjadi istrinya, bukan berarti cinta kita habis, kita tetap dapat mencintainya sepanjang masa. Kalau anda mencintai seorang wanita lain agama dan dia tak mau masuk kedalam agama anda, relakan dia dimiliki orang lain, tapi anda masih berhak mencintainya melalui hati anda. Karena keharmonisan keluarga (termasuk keharmonisan antara keluarga besar anda dan keluarga besarnya serta anak- anak anda nantinya), terlalu mahal kiranya bila dipertaruhkan hanya agar anda dapat memiliki dia secara jasmani yang tidak kekal.
    Bunuh diri itu bukannya menyelesaikan masalah. justru itu awal masalah bagi yang ditinggalkan dan masalah bagi anda sendiri tatkala anda harus mempertanggung jawabkan perbuatan anda dihadapan Allah. Bersabarlah, Allah akan memberikan ganti yang sepadan atau bahkan lebih baik darinya secara fisik dan secara nilai kehormatan bagi keluarga anda. Kami berdo’a untuk anda. Amiin.

    Reply to this comment
  99. Ryanto
    Ryanto May 07, 20:38

    Terima kasih banyak pak kyai atas saran dan do’a nya, saya do’a kan semoga blog/website ini bisa sukses selamanya dan bermanfaat bagi orang banyak,Tuhan akan memberikan pahala yang banyak bagi orang yg suka memberikan nasihat baik kepada orang yg kesusahan. Terima kasih

    Reply to this comment
  100. arya ardinata bustomy
    arya ardinata bustomy May 09, 17:38

    ass, pak yai, , ,sebelum ya saya mu nanya ni apakah saya berhak mengatur se orang istri ,, tapi istri yng saya atur gak suka di atu atur ,, malah istri saya ngomng mau ceraiin saya,,,karna saya suka mengatur ,, tapi saya mengatur ke jalan yang positif ,,,ada jga ke salahan saya ke istri ,, saya gak nemenin dia di saat dia sakit jadi saya tgl gara ra saya gk enak ma tamu saya apakah cuma msalah kya gitu istri berhak gak ceraiin saya pak,,,,minta penjelasan ya pak kia yi?????

    Reply to this comment
  101. Ryanto
    Ryanto May 09, 20:01

    ass.wr.wb pak kyai saya mau tanya dzikir ma’tsur dari Nabi Saw itu yang bagaimana ? mohon penjelasannya,terima kasih

    Reply to this comment
  102. Ibn khasbullah
    Ibn khasbullah May 10, 16:32

    Yth.Mas Riyanto: Doa’ dan dzikir ma’tsur itu semua doa dan dzikir yang pernah dibaca Nabi, pernah diajarkan Nabi atau ada seseorang yang sedang membaca do’a atau berdzikir, kemudian do’anya disetujui dan dibenarkan Nabi. Seperti dzikir: “Subhaanalloh Wabihamdih, subhaanalloh al Adhim” H.r. Bukhori dan Muslim.

    Untuk mas Arya:
    “Fashobrun jamiil” = “bersabar itu jalan terbaik”
    Wanita itu memang emosinya sering tak terkendali. Karena itu menurut Islam, mereka tak punya HAK MENCERAIKAN, tapi mereka bisa menuntut perceraian melalui pengadilan. Bersabarlah, “mengalah itu bukan berarti kalah”. Tak ada ruginya mengalah untuk istri tercinta. Berdo’alah kepada Allah agar emosinya cepat turun dan keluarga anda bisa rukun kembali. Amiin.

    Reply to this comment
  103. ima
    ima May 31, 12:29

    gimana cara temen temen pada suka sama saya.. dan gmna cara nya agr pintar ,, dan minta doanya ,,

    Reply to this comment
    • admin
      admin Author June 01, 20:47

      Mungkin maksudnya agar teman2 suka sama anda (ima)? jawabannya; apa yang membuat anda suka pada teman2 anda,insya Alloh itu juga yang mereka sukai dari anda,maka berlakulah seperti teman yang anda menyukainya. Untuk agar pintar,salah satunya adalah belajar,banyak membaca,mendengar dan bertanya jika ada yang belum diketahui. Untuk do’a bisa diperbanyak membaca “YA FATTAHU YA ‘ALIIM” 100 kali setiap habis sholat atau semampunya.

      Reply to this comment
      • Gilzam
        Gilzam July 05, 11:52

        afwan ustd.
        mau tanya ….
        Untuk do’a bisa diperbanyak membaca “YA FATTAHU YA ‘ALIIM” 100 kali setiap habis sholat atau semampunya.
        apakah ada hadist sohih yg mnyebutkan doa itu?
        siapa yg meriwayatkan & bgmn bunyinya?
        atas jwbnnya ana ucapkan jazakumullah bi khoir.

        Reply to this comment
  104. Sukana
    Sukana June 20, 16:41

    Doa yang dpt diterima oleh Alloh Swt dan cepat terkabul

    Reply to this comment
  105. andromeda
    andromeda July 07, 14:37

    syukron… tips yang sagat logis dan sederhana tapi sarat akan pelajaran agama dan penuh makna.

    Reply to this comment
  106. tekattyas
    tekattyas August 01, 23:03

    AsWbWr. Pak mengapa hidup saya selalu ketiban sial.kerja tidak pernah bertahan lama , tiba 2 di phk sepihak. Sudah 3x saya melamar pekerjaan belum juga di panggil . saya benar 2 sangat sedih sekali .Saya sangat mengharapkan bantuan dari Pak Kyai, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. Wasalam.

    Reply to this comment
  107. ibn khasbullah
    ibn khasbullah August 02, 17:04

    Sdr. Tekattyas. Ambilllah Hikmah darimanapun ia bersumber,,,,
    Pernahkah anda masuk ke KFC (Kentucky Fried Chicken)? Apakah anda pernah lihat ada patung orang tua berjenggot? Siapakah dia? Dia adalah Kolonel Sanders. Ditaruh didepan KFC karena dia adalah symbol keuletan dalam usaha dan bisnis makanan cepat saji itu. Ceriteranya ber- awal ketika masa pensiunnya sebagai American Army tiba. Dia bingung setelah pensiun dia harus kerja apa? Teman- temannya seangkatan menganjurkan ia menawarkan resep masakan ayam gorengnya yang pernah ia sajikan ketika dinas, karena dirasa rasanya khas. Maka Kol. Sanders pun mulai menawarkan resepnya dari restoran ke restoran…. tapi tiap dia tawarkan, resep itu selalu dianggap terlalu sederhana dan selalu ditolak, demikian terus, namun dia tak pernah menyerah karena dia yakin rasa masakannya khas…. 1 x….2x…. 100 x ditolak dia tidak mundur!. 200 x 300 x 500 kali ditolak dia tak menyerah!!… restoran ke 1000… 1010…1020, tetap belum ada yang memandang sebelah mata terhadap masakannya!!!. Baru pada restoran ke 1083 resepnya diterima dan…..boom!!!, masakan itu kini mendunia!!! Sdr Tekattyas, Lamaran anda sudah ditolak berapa kali? sudah 100 kali? Belum? jangan menyerah doong!

    Reply to this comment
  108. Mtia bungas
    Mtia bungas August 08, 09:15

    ass…
    pak kyai,ap org yg prnah mlkukan mksiat,brzina msih bsa mndpat ampunan dr Allah??
    bgaimna cra mngambil kptusan yg bnar tnpa mnyakiti hti org lain??trimaksih sblmnya.

    Reply to this comment
  109. Mariya
    Mariya August 13, 10:19

    yth,………..
    Bapak saya adalah seorang pegawai negeri,
    sudah berkeluarga
    alhamdullillah saya mempunyai fisik yang baik…..
    dan alhamdullilah juga dari segi fikir dan pergaulan juga bagus…..
    dan terus terang di sektor temen laki laki banyak yang suka…. ( saya tetep membatasi),
    bahkan sampe meneror ( bagi saya spt sebuah teror) ……………… dan ini membuat risih kami sekeluarga
    dari karyawan wanita banyak yang cemburu pak………….
    dan terus terang laki laki yg jahil tsb dan wanita wanita yg cemburu itu akhirnya banyak menyebar
    namun fitnah…………..dan beberapa orang yg berpengaruh dan yg tidak tahu saya mempercayainya……….. dan bagai sebua penzaliman hal itu terhadap saya….. sungguh benar benar sangat menyakitkan…… saya hanya bisa pasrahkan ini kepada Allah …………….saya harus bagaimana pak kiai……………

    Reply to this comment
  110. Luthfan
    Luthfan August 13, 21:09

    Maaf mas admin, kok mas admin nulis “Allah” jadi “Alloh” padahal pada bahasa Arab ga da huruf hijayah “o”. trus kita hrus mengucapkan kalimat Allah dengan benar. Maaf atas kekurangan saya, saya cuma mengingatkan….

    Reply to this comment
    • admin
      admin Author August 14, 07:47

      terima kasih koreksinya,menurut EYD memang di tulis Allah dan di baca Alloh (bukan alah),namun demikian memakai Alloh (dengan “O”) juga tidak salah apalagi terlarang,karena mengacu pada bacaannya (suara “o”) dalam kalimat الله.

      Reply to this comment
  111. andy
    andy August 13, 22:04

    doa agar wanita yg kita suka jatuh cinta sama kita

    Reply to this comment
  112. sukma khan
    sukma khan August 19, 23:34

    hw if i will marry with indian person bt i think thats person…smart bt not handsome

    Reply to this comment
  113. Evi liana
    Evi liana August 21, 18:48

    Assalamu’alaikum Pak….tlg Anda berbagi dgn saya do’a utk jodoh dan rejeky yg halal,berkah,bermanfaat,berguna juga menyenangkan hati orang tua seperti Sayyidina Ali dan Fatimah binti Rassulullah wlpn dgn kondisi yg pas2an tp yakin dgn kebesaran NYA.terima kasih,Wassalam…

    Reply to this comment
  114. agus miswandi
    agus miswandi September 14, 20:10

    Alhamdulillah…..insyaalloh aku mencoba nya.terima kasih

    Reply to this comment
  115. ENI
    ENI September 20, 12:19

    ASKM.Saya ucpkan bnyak trmaks ats kspatn ini mg tetap exis

    Reply to this comment
  116. Ukuwah
    Ukuwah October 09, 17:00

    Wow terimakasih sharingnya

    Reply to this comment
  117. ikhsan
    ikhsan November 13, 16:40

    bpk sya ini skrang punya mslh dngan hti saya..
    1 bulan yg lalu sya ptus ma pcar sya.
    rsanya tuh skit skli kna hati,krna saya merasa msih syang ma dia..
    adakah ada do’a2 atau amlan agar sya g skit hati sma bsa ngilangin rsa sayang saya??
    terimaksih bnyak.

    Reply to this comment
  118. cantik
    cantik November 23, 13:10

    Ass. Doa apa untuk membantu melancarkan usaha suami agar jauh dari halangan, sebelumnya suami saya mendapatkan proyek tetapi terhalang karena sakit. sekarang setelah membaik ingin melobi lagi agar bisa lancar. dan doa apa yang bisa menyembuhkan penyakit agar tidak dioperasi.

    Reply to this comment
  119. Ihsan
    Ihsan December 15, 07:31

    @Pak Ustad… Saya baru saja kurang lebih 1 minggu di tipu orang jutaan rupiah. Saya beli hp lewat online saya udah transfer uang ke rekening si penjual. Tapi si penjual meminta uang terus menerus. Padahal uang buat hp tersebut dah saya kirim… Terus saya sadar saya ketipu..
    Doa amalan apa yang mustajab, supaya orang itu minta maaf dan mengembalikan hak saya?
    tolong doanya pa
    terimakasih pa ustad

    Reply to this comment
    • alif indah
      alif indah January 11, 10:02

      @ pak ihsan
      sama pak saya baru satu hari ini juga kena tipu
      saja juga dimintai dana terus menerus
      sekarang dr pihak itu tidak mau respon
      pdhl kata nya uang akan di ganti
      saya bahkan seperti terhipnotis pak
      saya juga bingung
      sekira nya ada yg bisa bantu kita pak
      amin

      Reply to this comment
  120. Zulaikho tuty
    Zulaikho tuty December 24, 22:45

    Salam a’lainaa……
    Mas mau tanya do’a untuk memperkuat hafalan alqran,soalnya kalau mnghfl mdh lupanya padahal kadang sudah lancar dan lanyah tp kalau ditinggal untuk mnghfl yg lain mudah lupanya……
    Apa mngkin aku msh suka brma’siat hingga sulit sekali tuk mlncrkn hafaln……….
    Mohon jalan keluarnya…….

    Reply to this comment
  121. ibn khasbullah
    ibn khasbullah January 13, 07:01

    Ukhty Zulaikho Tuty

    Maaf anda sudah lama menunggu jawaban. Kami sebenarnya juga menunggu para ahli yang berkenan menjawab pertanyaan ini, namun sampai saat ini belum ada yang berkenan memberikan jawaban anda.
    Maka dengan segala kerendahan hati, kami berusaha menjawab pertanyaan anda.

    Kami sampaikan do’a dan amalan agar mudah hafal dan tak gampang lupa baca AlQur’an, di nuqil dari sebuah hadist riwayat Turmudzi dan al- Hakim dari kitab: “Ad- Du’a Al- Mustajab Minal Hadist Wal Kitab”, ta’lif ustadz Ahmad Abdul Jawwad pada halaman 110, demikian:…….ketika sahabat Abdullah bin abbas yang mengeluhkan hafalannya yang mudah hilang, Rasululloh memberikan wejangan:
    “Ketika berada pada malam Jum’at, jika kamu mampu bangunlah pada sepertiga malam yang terakhir karena itu adalah waktu yang disaksikan(oleh malaikat) dan berdoa saat itu mustajab. Sungguh saudaraku Nabi Ya’qub telah menasehati anaknya: Nanti aku akan memohonkan ampunan untuk kalian kepada Rob ku… dia menasehati sampai datang malam Jum’at… Maka jika kamu tak mampu bangun sepertiga malam yang akhir, bangunlah pada tengah malam. Jika tidak bisa, bangunlah sholat di awal malam, maka sholatlah 4 roka’at, bacalah di rokaat awal dengan al Fatikhah dan surat Yasin dan pada rokaat yang kedua alFatikhah dan Ha- Miiim Ad- Dukhon, pada rokaat yang ketiga alFatikhah dan Assajdah, pada rokaat keempat alFatikhah dan Tabarok Al- Fashl. Ketika selesai Tasyahhud maka bertahmidlah dan pujilah Allah dengan sebaik- baik pujian, bacalah sholawat untukku dan baguskanlah dan juga sholawat untuk segenap nabi . Mintakan ampunan untuk segenap mukminin mukminat dan saudara- saudaramu yang telah mendahului kita dengan membawa iman. Kemudian pada bagian akhir berdo’alah dengan do’a in:
    اللهم ارحمني بترك االمعاصي ابدا ما ابقيتني وارحمني ان اتكلف ما لا يعيني وارزقني حسن النظر فيما يرضيك عني اللهم بديع السموات والارض ذالجلال والاكرام والعزة التي لا ترام اسألك يا الله يا رحمن بجلالك ونور وجهك ان تلزم قلبي حفظ كتابك كما علمتني وارزقني ان اتلوه على النحو الذي يرضيك عني اللهم بديع السموات والارض ذالجلال والاكرام والعزة التي لا ترام اسألك يا الله يا رحمن بجلالك ونور وجهك ان تنور بكتابك بصريوان تطلق به لساني وان تفرج به على قلبي وان تشرح به صدري وان تستعمل به بدني فإنه لا يعييني على الحق غيرك ولا يؤتيه الا انت ولا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم
    “Wahai Abal Hasan, bacalah tiga kali sekaligus, atau lima atau tujuh sekaligus, atas izin Allah akan di ijabah. Demi Allah yang mengutusku seorang mukmin tak akan salah sedikitpun (dalam hafalan Qur’an)………..Ibn Abbas berkata, …”Maka (setelah do’a dan amalan yang aku lakukan) ketika aku membaca Qur’an, seakan Qur’an ada didepan mataku….”

    Reply to this comment
  122. shalwa jr
    shalwa jr January 20, 12:23

    bagus banget ,

    Reply to this comment
  123. Zona Pengusaha
    Zona Pengusaha February 09, 11:03

    Betul sekali, apapun yg kita dapatkan sekarang harus kita syukuri. Kalaupun Allah belum mengabulkan do’a kita semua itu adalah yg terbaik buat kita. Karena belum tentu yg kita minta itu akan mendatangkan kebahagiaan yg hakiki bagi kita.

    Reply to this comment
  124. mashul ma'arif
    mashul ma'arif March 19, 20:45

    Assalamu’alaikum,yai,,saya ini uda umur 39th,tp kok smp skrg blm di kasih jodoh sm alloh,sedangkan saya ini yatim piatu,sementara alloh uda kasih rizqi cukup bt saya.tp hnya 1 perminta’an yg blm di kasih,istri yg sholikhah,kadang kala saya menyesal jd anak pendiam,sementara temen” yg nakal smua uda lengkap dan sempurnah hidupnya,mohon tuk sarannya

    Reply to this comment
  125. ibn khasbullah
    ibn khasbullah March 28, 08:27

    Akh Mashul Ma’arif yang sedang “sorangan” (seorang diri).
    Ada dua cara untuk mendapatkan jodoh.

    1. Minta tolonglah pada sesepuh yang arif untuk carikan jodoh yang “sekufu”/ setimpal. Insyaalloh akan segera dapat asal jangan mintanya yang berlebihan. Karena wanita yang sempurna adanya nanti di sorga.

    2. Surati wanita yang anda minati. Maka 50% ditolak dan 50% diterima (fifty- fifty). Jika anda takut ditolak sehingga takut mengirim surat, itu sama saja dengan 100% ditolak. 50% kemungkinan itu besar, jadi jangan takut ikhtiyar. Bila ditolak jangan sakit hati. Tenteramkan pikiran dan surati lagi wanita yang lain. Dunia tidak sedaun kelor. Insyaalloh kalau Alloh sudah menghendaki, surat anda akan tembus. Bismillah………..

    Reply to this comment
  126. Khoirul Anam
    Khoirul Anam May 22, 22:15

    Belajar mengaji…!!

    Reply to this comment
  127. luqman
    luqman October 31, 22:58

    Aslkm,…..
    Setuju sekali…selain tigal tersebut kita juga harus berusaha mewujudkan keinginan kita dengan usaha dan di iringi dengan sikap tawakkal

    Reply to this comment
  128. muslimin. b
    muslimin. b February 02, 02:40

    assalamu alaikum wr. wb
    kepada yth pak ustadz
    saya saat ini sedang dililit utang pak ustadz saya mohon petunjuknya pak rasanya sy hampir tiap saat saya berdo’a namun Allah belum mengabulkan doa saya untuk dpt melunasi utang utang saya … sekali kami mohon petunjuk wss muslimin. b

    Reply to this comment
  129. Deni
    Deni February 03, 01:17

    Assalamu’alaikum Wr.wb
    Mohon maaf pak Kiai mengganggu waktu nya
    Pak, saya ada masalah dengan kakak saya. sudah 7 bulan ini kakak saya tidak mau berbicara dengan saya yang tadinya sering curhat sekarang berubah drastis. gara2 rebutan ponsel sampai saya marah2.saya sempat baca isi pesan dalam ponselnya banyak pesan singkat dri laki laki yang menjurus ke perselingkuhan padahal laki laki itupun sudah punya istri.singkat kata kakak saya mencoba untuk selingkuh padahal kakak sudah mempunyai suami.saya mengerti mungkin kakak depresi karena suaminya yang meperlakukan nya tidak adil,hutang menumpuk suaminya pun jadi tanggungan kakak dan saya pun baru tau kakak saya istri mudanya karena suaminya punya istri 3.apa yang harus sya lakukan pak kiai berbicarapun sekarng sulit memhubungi lewat ponsel pun susah karena gk ada yg aktif dan jarak tempuh saya dengan kakak lumayan jauh,sempat saya datang kesana malah saya dicuekin.saya melang pak kiai dlu juga sempat kakak mau jadi korban asusila oleh kaka iparnya suami dari kakak tirinya.mohon pencerahanya pak kiai,jika ada amalan amalan apa yang harus saya lakukan.sebelumnya terima kasih banyak pak kiai

    Reply to this comment
  130. enna
    enna February 09, 07:33

    terimakasih atas sarannya

    Reply to this comment
  131. H,HABIB
    H,HABIB April 18, 22:14

    pak yai aku punya isri yg terlalu cembur yg berlebihan sampai saya kesal pak yai kada membuat aku merasa stres ku mohon minta do,a nya biar kami rukun tak ada kecemburuan lagi,terima kasih yai

    Reply to this comment
  132. Rere Rahayu
    Rere Rahayu April 25, 14:18

    ass… pak kiai saya punya msalah berat, saya pengen keluarga bs menghargai saya, dan saya pngen hidup tenang…

    Reply to this comment
  133. erina
    erina May 17, 07:39

    Nice

    Reply to this comment
  134. heriwansyah sampit
    heriwansyah sampit May 27, 14:19

    Asalamuaalykum.pa kia i.sya mohon doa .kiai.agar usaha sya membawa berkah.sya bisa menunaykan ibadah.hj

    Reply to this comment
  135. RAHMA TIA
    RAHMA TIA June 16, 12:01

    Ass.pak aq mohon bantuanx,sy pengen suamiku berubAh supaya lbh baik lagi,sox suka marah ngk jlas,sy ♍ªªůů [d̲̅i̲̅a nurut Kªlªu [d̲̅i̲̅] tnx,kan untuk kebaikan kami berdua

    Reply to this comment
  136. roydi
    roydi June 18, 15:06

    Yg butuh bantuan silahkan krm email kalian ke no hp 089673477005
    Makasih!!!!

    Reply to this comment
  137. nur isdan
    nur isdan July 15, 00:04

    sy mau curhat embah hidup sy skrg ini tak habis 2dari hutang sy coba bertahan bertahun tahun mungkin dugaan yg tuhan beri pada hambanya tapi sampai kapan ………!

    Reply to this comment
  138. maliah
    maliah July 16, 14:54

    tlong dikirim doanya, terimakasih sebelumnya.

    Reply to this comment
  139. siswanto
    siswanto August 17, 23:13

    Saya ingin di kirim kan do’a2 makbul k email saya terima kasih wassalam

    Reply to this comment

Write a Comment

Latest Comments

Melu nimbrung... amber Olih tambah ilmu ...

Assalamu'alaikum W W Kepada Admin Yth. ini sangat bagus sekali karena masyarakat luas bisa menikmati hasil karya...

maaf izin share, terima kasih :) ...