TANBIHUN ONLINE

Rahasia Do’a 999% Mustajab

 Breaking News
  • May Day 2015 Buruh Wacanakan Pembentukan Partai Tanbihun.com- Pengusaha dan Buruh adalah dua sisi keping mata uang yang tak mungkin dipisahkan. Buruh butuh pengusaha dan pengusaha butuh buruh. Tapi dalam perjalanan waktu sering buruh tidak setara dan...
  • Mary Jane Ditunda Eksekusinya, Bagaimana Penundaan Hukuman Ini Menurut Islam? Tanbihun.com- “Eksekusi Mary Jane ditunda” ujar Kapuspenkum Kejagung Tony Spontana saat dihubungi, Rabu (29/4/2015). Keputusan ini diambil setelah Presiden Filipina menelpon Presiden Jokowi, bahwa perekrut Mary Jane telah menyerahkan diri...
  • Keistimewaan Senior Atas Yunior “Qod Yuujadu fil Mafdhuul Maa Laa Yuujadu Fil Faadhil” (Kadang ditemukan keistimewaan bagi yunior yang tidak ada bagi senior) Tanbihun.com- Kaidah ini yg digunakan menjawab ulama ketika ditanya: mengapa Isa...
  • Petunjuk Nabi saw Tentang Konflik Yaman (antara hijrah dan iqomah) Tanbihun.com- al iimaanu Yamaanun wal hikmatu Yamaniyyatun, Yaman adalah poros dan gambaran kuatnya iman dan hikmah.. Hingga Nabi saw pun menegaskannya Ditengah konflik perang “saudara seislam”, banyak ijtihad ulama dalam...
  • Kartini apa ‘Aisyah? Tanbihun.com- Jika Kartini dianggap mendobrak kejumudan berpikir wanita, Aisyah yg jauh-jauh hari melawan mainstream Jahiliah yang mendiskreditkan wanita. sampai beliau mengatakan: وقالت عائشة نعم النساء نساء الأنصار لم يمنعهن الحياء...
May 12
18:36 2009

do'a ampuhTabihun.com – Do’a atau berdo’a tidak asing lagi bagi telinga kita. Hampir semua agama dan kepercayaan mengajarkan kepada pengikutnya untuk senantiasa bedo’a. sebab do’a adalah pengingat ketika keberhasilan dapat diraih,maka kita sadar itu merupakan karunia Alloh, jika kegagalan yang datang, maka do’a sebagai benteng dari putus asa, karena dari situ kita tahu betapa lemahnya kita,tanpa pertolongan-Nya mustahil kita mampu menjalani hidup ini.

Sebagian orang menggap do’a sebagai “pesugihan” yang halal, mungkin anda sudah mencari do’a manjur,do’a paling mujarab,do’a paling ampuh, atau juga mendatangi tempat berdo’a yang maqbul, mungkin juga sudah menyempatkan waktu untuk memasuki waktu mustajabnya do’a.

Pernahkah kita merasa kalau do’a kita ditolak oleh Alloh?

Berbagai do’a sudah dilantunkan, bermacam cara bahkan tidak jarang kita meluangkan waktu, mencari saat dan tempat yang konon mustajab untuk berdo’a, namun semua itu nyaris tidak membawa hasil, bahkan yang lebih tragis, nikmat yang kita harapkan malah laknat yang datang. Kehidupan yang layak, rejeki yang melimpah,isteri yang cantik,kendaraan mewah selalu kita panjatkan agar itu berpihak pada kita, namun bukannya mendekat, malah menjauh.

Rahasia do’a makbul

Setelah bertahun-tahun terombang-ambung diantara harapan dan putus asa, kadang pertanyaan- pertanyaan datang bertubi-tubi. Kenapa Alloh masih enggan mengabulkan do’aku? Apa salahku? Kurang apalagi? Puasa sudah,berdo’a sudah,beramal sudah, tapi koq masih begini saja.

Ada 3 tahapan yang harus kita lakukan agar do’a kita maqbul, bahkan dijamin pasti insya Alloh manjur ;

1. Syukur

Mungkin kita bertanya, hidup saja susah apa yang mau disyukuri? Inilah kesalahan kita. Coba kita renumgkan ! andai kita mempunyai anak, anak kita minta mobil-mobilan, karena kita sayang kita kasih, tapi anak itu lupa membawa pulang mainannya ketika bermain dengan kawan-kawannya. Hilanglah mainan itu. Keesokan harinya dia merengek minta dibelikan lagi,kita pun membelikannya, dan kejadian pertama terulang lagi. Lantas jika anak kita itu minta lagi apa jawab kita? Apa akan langsung membelikannya? Tentu kita akan marah bukan?

Memang Alloh tidak seperti kita, namun kita hendaknya tahu diri, bagaimana Alloh akan mengabulkan do’a kita jika nikmat yang sudah ada saja tidak pernah disyukuri, ini namanya tidak tahu berterima kasih.

Dan yang paling penting adalah ; do’a itu bisa di ijabah atau ditolak oleh Alloh, tapi syukur pasti akan diterima ( bagaimana syukur yang benar? akan dilanjutkan dalam tulisan berikutnya , insya Alloh).

Jika kita bersyukur, maka Alloh akan menambahi anugerah-Nya kepada kita tanpa kita minta sekalipun. Alloh berfirman ; “Jika kamu menghitung-menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan dapat menentukan jumlahnya (menghitungnya). Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.” QS. An Nahl : 18.

2. Malu

Sepantasnya kita malu, mungkin kita tidak diberi harta lebih, tapi kita masih diberi akal, tangan, kaki dan yang lebih penting kita masih hidup, tapi kenikmatan2 itu sekan tidak berarti apa-apa bagi kita, kita mendefinisikan nikmat itu hanya berupa harta,tahta,wanita.

3. Istighfar

mohonlah ampun kepada Alloh, atas kesalahan-kesalahan yang telah kita lakukan dengan sebenar-benarnya.

Insya Alloh dengan di awali dan dilandasi 3 hal tersebut do’a kita akan di kabulkan oleh Alloh. Dengan catatan semua itu dilakukan dengan benar tanpa direkayasa.

Baca Juga:

 

Artikel Terkait

0 Comments

  1. chamid
    chamid May 12, 23:00

    Deal !!

    Reply to this comment
    • putri
      putri December 11, 14:59

      pak, saya ada masalah dg suami saya. saya dulu pernah meminjamkan uang kpd saudara tp saya tidak ngmng sama suami saya hingga akhirnya suami saya tahu, klo saya pernah meminjamkan uang sebesar 5jt kepada saudara saya, suami saya marah sampai mau menceraikan saya. sebenarnya saya tidak bermaksud melancangi suami saya, niat saya cm mau menolong katanya mau buat usaha pak setelah 1bln atau 2bln uangnya mau dibalikin ternyata sampai 1th uangnya blm dibalikin, gmn ya pak jln keluarnya padahal saya sudah berusaha menagih hutang sama saudara saya dan saya minta kasihkan doa supaya orang-orang yang berhutang sama saya bisa cepat mengembalikan uang saya.  sebelumnya terima kasih pak.
       

      Reply to this comment
      • dea
        dea February 23, 05:30

        intinya sabar lan nerimo …………….

        Reply to this comment
      • yans
        yans March 06, 09:49

        ass. wr.wb
        pak kiai saya pengin kaya orang lain yang sukses,badan sehat, istri sholehah,anak sholeh/sholehah, mobil mewah, rumah mewah dan punya tetangga yang baik. apakah keinginan saya berlebihan?mohon pencerahan?

        Reply to this comment
      • Abdul rochim
        Abdul rochim April 03, 00:41

        Assalmualykum pk yai..saya mhon saran pk yai: saya tlah berbisnis sma mertua,ternyata saya tlah di rugikan sepihak dibohongi puluhan juta:mungkin mdal masuk belum ada !/4 nya smpai skrang mdal tdk kmbali sdh saya ikhlaskn tpi klu pas kehimpit kdang kesal ingi mmaki2 mertua msalhnya mdal sya di pakai berbuat hura2 ma,af untuk maksiat oleh mrtua sya,mau mki2 mrtua tpi saya tkut klu saya nnti dilaknat oleh mrtua bgaimnakah yg haru sya lkukan mhon do,a dan jlan keluarnya agr sya bsa menyelesaikn msalh sma mrtua ini pak yai..?

        Reply to this comment
        • admin
          admin Author April 03, 09:30

          Wa’laikumussalam
          Saran saya;kalau bisa dikhlaskan,kalau belum bisa dan berharap dikembalikan.silahkan mertua diajak dialog.tapi dalam banyak kasus pinjam-meminjam,apalagi yang minjam org tua,patokannya dalah “apakah kemungkinan uang itu dikembalikan ada?bisa dilihat dari kemampuan+i’tiqad mengembalikan,jika kedua hal ini tidak kita lihat,sebaiknya mulailah berusaha mengikhlaskan atau melupakannya,kalau tidak anda akan dimakan SAKIT HATI,dan ini menjadi beban tersendiri.

          wassalam….

          Reply to this comment
    • u'ull
      u'ull February 13, 12:58

      gimana caranya agar pacar say mau melepas saya.diya itu tidak mau sy putus2.

      Reply to this comment
  2. widodo mranggen
    widodo mranggen July 02, 22:21

    semoga input2 nya biosa membawa kita kepada ketenangan hati dan jiwa.
    semoga tetap beraklakul karimah

    Reply to this comment
  3. gladys
    gladys July 14, 12:36

    tambahan do’a do’a nya dong….
    saya seorang istri yang ditinggal bekerja oleh suami ke luar negeri,saya minta masukkan do’a untuk suami saya supaya dimudahkan jalannya mencari rejeki bagi anak&istri,dan saya supaya tenang,lahir&bathin…

    Reply to this comment
    • em.yazid
      em.yazid July 14, 12:44

      @gladys, Coba amalkan sholat dhuha+do’anya, dan ditambahi do’a sesuai hajat, dengan bahasa yang anda pahami,karena berdo’a tidak harus dengan bahasa arab.

      Semoga keluarga anda menjadi sakinah,mawaddah wa rahmah. Amin

      Reply to this comment
    • roni
      roni October 07, 21:07

      hai gladis salam kenal

      Reply to this comment
  4. Darmanto
    Darmanto August 02, 18:19

    Terima kasih atas ilmunya,semoga Alloh SWT membalas kebaikan Saudara

    Reply to this comment
  5. edyll
    edyll August 16, 04:15

    terima kasih,semoga apa yang ada di artikel bisa Saya kerjakan sebagai intropeksi diri aminn.

    Reply to this comment
  6. denobonk
    denobonk February 22, 11:12

    Bpk… sy saat ini sedang digugat cerai oleh istri sy tp sy tdk mau menceraikannya krn mencitai istri & anak sy, dan tdk mau mengecewakan Allah SWT, istri sy sdh minggat & ybs memusuhi sy… Adakah amalan yg hrs sy lakukan agar istri sy bisa berbalik pikir untuk menarik gugatannya? sy kasihan melihat anak sy perempuan depresi berat, sy ingin belajar menata kembali rumah tangga sy.. trima kasih

    Reply to this comment
    • admin
      admin February 23, 15:30

      @denobonk,
      Sebelumnya saya ikut prihatin dengan cobaan yang sedang anda&keluarga hadapi.
      yang terpenting sebelum berdo’a adalah mohon ampun kepada Alloh SWT, tengah malam adalah waktu yang baik untuk menyampaikan segala hajat, berdo’alah dengan bahasa yang anda pahami, Alloh Maha mengerti.
      sedikit saran, setiap letupan masalah pasti ada pemicunya, tidak terkecuali dlm Rumah Tangga, coba bermusyawarahlah dulu dengan isteri, anak merupakan salah satu alasan kuat untuk merekatkan kembali anyaman yang sempat terkoyak.
      yang terakhir, perbanyak membaca shalawat Nabi, semoga keluarga anda akan kembali utuh & mendapatkan rahamah serta berkah dari Alloh SWT. amin

      Reply to this comment
  7. fanny
    fanny March 24, 20:18

    bagaimana caranya agar saya tidak menjadi orang yang kuatir atas apa yang saya mohokan kepada allah terutama soal rizki

    Reply to this comment
    • em.yazid
      em.yazid March 25, 23:08

      @fanny,
      barengi do’a dengan usaha maksimal dan yakinlah bahwa Allah Maha Kaya,Maha Pemberi, tak satupun makhluk didunia ini yang tidak dikasih rizki.
      Dan bersyukur atas apa yang sudah dikaruniakan,niscaya rizki itu akan membuahkan keberkahan pada diri kita&keluarga,akhirnya berujung pada ketenangan.
      salam tanbihun

      Reply to this comment
  8. Devi
    Devi April 03, 09:10

    umur suami 1,5thn lagi mau 40th, saya jalan 35 thn.Tp suami sekarang kasar sama saya dan anak2…suka marah2…kalo diingatkan sholat marah…tidak menunjukkan rasa sayang terhadap saya dan anak2….adakah amalannya agar suami lembut tutur kata dan makin dekat dengan Allah, sholatnya rajin dan bisa menjadi contoh yg baik bagi anak2 saya. Sampai saat ini 3 anak saya sering bertengkar dan ibu saya yg sudah sendiri tinggal dgn saya…sekarang juga suka marah2…saya merasa dirumah tangga saya tidak ada keharmonisan.Dan dalam memenuhi pendidikan anak2, semua saya sendiri yg memenuhinya, suami tidak mau tau apa kebutuhan mereka.Adakah solusinya untuk saya?Amalan apa yg bisa saya baca?

    Reply to this comment
    • Lilis S Tambak
      Lilis S Tambak April 04, 05:46

      @Devi,

      Mbak Devi sekedar berbagi pengalaman,kita di jadikan sebagai perempuan sudah saatnya berperan aktif dalam keluarga kalau zaman dulu perempuan hanya bertugas sebagai KONCO WINGKING (masak,macak,manak)falsafah jawa itu sekarang sudah tidak relevan lagi di zaman sekarang.

      Konflik dalam keluarga adalah hal yang wajar sepanjang kita dapat menyelesaikan masalah itu .Sebab kalau dalam keluarga itu monoton artinya tanpa ada masalah kita tidak akan dewasa.Dan boleh jadi konflik dalam keluarga adalah sebagai bumbu penyedap keharmonisan.

      – What does the water without sugar taste?
      + It tastes unsweetened.

      _ Bagaimanakah rasanya air tanpa gula?
      + Rasanya tawar.

      Setidaknya itulah contoh kecil yang dapat kita pahami.Dan itulah pengalaman saya hingga saat ini,tapi saya bersyukur suami saya orangnya rajin sholat bahkan sering mengingatkan saya untuk sholat malam.

      Saya pernah konflik sama suami namun saya redam agar tidak terdengar oleh tetangga apalagi terdengar oleh banyak orang .
      Pada saat yang tepat saya berkunjung ke salah seorang kyai saya sampaikan semua masalah kepada beliu,hingga pada akhirnya saya di beri sebuah wirid yang harus saya amalkan walaupun saya tidak tahu artinya.Saya hanya percaya apa yang di berikan kyai adalah sebagai perantara untuk bisa keluar dari sebuah masalah.Sehingga sampai saat ini kalau setiap ada masalah saya selalu membaca wirid itu.

      YA LATHIIF 3 kali….ULTHUF BII KAMA TUHIBBU WA TARDHO.

      Kalimat ini kata kyai di baca 25 kali setiap habis sholat fardhu dan 21 kali sehabis sholat malam di saat di butuhkan (setiap ada masalah dengan suami).

      Hanya allah yang tahu setiap masalah hambanya mudah-mudahan mbah devi cepat mendapat pertolongan dari allah bisa menata kembali hubungan keluarga hingga lebih baik dari sebelumnya.

      A MAN BECOMES LEARNED BY ASKING QUESTIONS…………………..PATI

      Reply to this comment
    • agus miswandi
      agus miswandi September 14, 20:19

      As.Ww.Wb….ikut nimbrung.Mba devi…dulu aku pernah bgt sm istri saya.semakin aku disuruh sholat,aku semakin jengkel….marah..dan benci.tp istriku..sabar dan sabar.istriku selalu sholat dan mendoa kan suaminya,agar dekat sama Alloh.Alhamdulillah….aku sekarang tau.semua itu jgn di paksakan.tp beri contoh yg baik.berdoa dan berdoa….

      Reply to this comment
  9. rudi
    rudi April 03, 22:56

    ass wrwb,
    saya ingin memohon bantuan, saya saat ini gundh karena masalah hutang. yang berhutang adalah klient saya dan saat ini malah marah marah dan memaki seakan saya yang paling salah karena sampai saat ini sebelum dia membayar saya, sebagian pekerjaan yang dipesan ke saya saya tunda pengirimnnya. Semua ucapan yang keluar dari dia (perempuan) kotor dan bau. Saya berusaha menjawab dengan sabar dan selalu mengingatkan kalau dia masih belum menyelesaikan tagihannya. Setiap saat saya dan keluarga di maki dengan kata2 kotor dan tidak bertanggunga jawab. Adakah amalan yang dapat saya baca agar dia menydari kekelirunnya serta mau menyelesaikan tagihannya dengan secepatnya dan sebaik baiknya. Terima kasih

    Reply to this comment
  10. ibn khasbullah
    ibn khasbullah April 05, 13:10

    Saya turut prihatin dengan apa yang sedang dialami oleh ibu Devi. Komentar ibu lilis sungguh tepat dan sangat membantu. Saya ingin juga membawakan sebuah pepatah: “Smooth seas do not make skillful sailor”= Laut yang tenang tak akan menciptakan nakhoda yang mumpuni”. Do’a ibu lilis juga sangat tepat, karena hanya Kepada Dia yang Maha lembut, kita memohon agar Allah menjadikan suaminya menjadi lebut dan sayang kepada kita. Akhirnya jangan lupa juga lakukan SELF CORECTION (Muhasabah), adakah yang perlu diperbaiki dari perilaku diri kita sendiri. Sudah sesuaikah perilaku kita? Sudah layakkah ucapan dan bahasa kita? sudah memadaikah sikap kita?……..
    Kami semua juga berdo’a agar masalah ibu Devi segera sirna. Amin.

    Reply to this comment
  11. eko hendarto
    eko hendarto May 14, 02:24

    assalamu’alaikum

    Pak Kiai, saya baru saja kena tipu puluhan juta pak.. astaghfirullah..
    apakah ada pak doa untuk penipu supaya sadar dan taubat.. maaf melenceng dari topik,,

    terimakasih banyak kiai

    wassalamu’alaikum

    Reply to this comment
  12. ibn khasbullah
    ibn khasbullah May 14, 10:18

    Subhaanalloh!
    Hati anda begitu putih dan bersih. Kebanyakan seseorang yang mengalami nasib seperti anda meminta diberikan do’a agar mereka para penzalim dihukum Allah. Tentu saja permintaan mereka saya tolak. Semoga keikhlasan dan kebersihan serta kesabaran anda akan menyebabkan musibah yang menimpa anda berbalik dan diganti oleh Allah dengan kemuliaan, kebahagiaan dan kesehatan serta kekayaan lahir dan bathin, dan kiranya harta anda yang hilang bernilai shodaqoh sesuai dengan beberapa makna hadist Nabi SAW. Membandingkan firman Allah:” Wala-in shobartum lahua khoirun lis shoobirin= dan jika kalian bersabar, maka tentu kesabaran itu lebih baik bagi kalian” , dan firmannya:”Fa’fu ‘anhum wastaghfirlahum = dan maafkanlah mereka serta mohonkanlah ampun untuk mereka”.. serta menilik do’a Nabi tatkala beliau dianiaya oleh kaumnya:”Allohummahdi qoumii fa innahum laa ya’lamuun= Ya alloh tunjukilah kaumku, sesungguhnya mereka belum mengerti tentang kebenaran”, maka do’a anda adalah: “Allohummahdi- Wa’fu- waghfir li Fulan wa fulan (sebut nama2 nya), fa-innahum laa ya’lamuun..”
    dimulai dengan membaca Sholawat kepada baginda Nabi dan ditutup dengan kalimat” Walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin”…….Mabruuk insyaAlloh.

    Reply to this comment
  13. eko hendarto
    eko hendarto May 17, 07:05

    Terimakasih banyak sebelumnya.. klo boleh post saya yang diatas dihapus aja kyai..
    wassalam

    Reply to this comment
  14. ibn khasbullah
    ibn khasbullah May 17, 08:25

    Sebaiknya tidak usah dihapus, agar manjadi i’tibar bagi orang lain, karena kesucian hati dan jiwa itu perlu keteladanan dam bisa ada dimana- mana dan berada dihati siapapun yang mendapatkan anugerah dan diberkati Allah.

    Reply to this comment
  15. sugih
    sugih May 17, 21:09

    mf pak ustad nama saya sugih umur 28 thn ”saya pnya kluhan masalah usaha padahal saya sudah bekerja di salah satu perusahaan asing milik orang japan..tapi anehnya tiap kali gajian uang saya slalu tdk cukup untuk biaya 1 bulan..gak tahu napa ko saya selalu ingin menghabiskan uang gajian saya.trus tadinya saya gk pernah pnya hutang ko sekarang aku jadi punya utang sampe belasan juta..dan uangnya gk tahu kemana habis gak karuan”’ padahal sbelum saya bekerja di perusahaan tersebut saya selalu punya uang..gak pernah sampe pinjem sana sini buat biaya sehari hari.dalam hati saya selalu bertanya tanya apakah saya harus keluar dari perusahaan tsb?.. apa yang harus saya lakukan ?
    dan minta doanya supaya saya kembali seperti dulu…apakah saya tidak mensyukuri nikmat yang telah ALLOH SWT berikan..tapi dalam perasaan saya selalu bersyukur apa yang lelah ALLOH berikan….sampe saat ini saya bingung harus berbuat apa???dalam hal apa yang perlu saya perbaiki supaya saya bisa berkecukupan dalam masalah biaya sehari hari..padahal saya masih lajang…terimakasih sebelumnya..saya mohon bantuannya/?

    Reply to this comment
  16. ibn khasbullah
    ibn khasbullah May 18, 13:20

    Mas Sugih yang semoga di”sugih”kan batin nya oleh Allah. Anda sekarang sedang mengalami masalah yang dalam bahasa keren nya disebut “Financial management’s problem”, masalah tata cara pengelolaan keuangan. Masalah ini banyak dialami oleh para pekerja “lajang”, bahkan sebagian besarnya mengalami hal yang sama. Mereka mulai punya uang, namun tidak mampu mengelolanya dengan baik. Banyak dari mereka yang bertanya tentang masalah yang sama kepada kami/admin, maka jawaban kami kepada mereka hampir senada:” Wahai anak muda, kalau kalian sudah mampu BAYAR SPP (sandang, pangan, papan) untuk istri, hendaklah kalian segera menikah!”. Carilah istri yang baik dan saleh (syukur- syukur cantik), biarlah mereka yang mengelola keuangan.Insyaallah secara naluriyah mereka lebih ahli dibanding anda. Bayangkan, uang Rp. 30.000 untuk orang lajang seperti anda tidak ada nilainya. Ke Mc Donald saja pasti nggak cukup. Tapi kalau dipegang istri yang baik, Rp. 30.000 untuk makan berdua insyaallaoh cukup:

    Untuk beras 1 liter = Rp 4.000
    Daun sayur = Rp 4.000
    Telur 1 kg = Rp 12.000
    Tahu tempe = Rp 5.000
    Gula = Rp 5.000
    Total = Rp 30.000
    Jadi kalau gaji anda satu juta (UMR), untuk makan berdua cukup (walau mepet).Masih bisa nabung Rp.100.000/ bln. Kami yakin anda gajinya jauh diatas satu juta! Jangan lupa setiap mau makan anda berdo’a agar kehidupan anda diberkahi dan diberikan kecukupan: “Alloohumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa waqinaa adzaaban naar”.

    Jangan lupa bergaullah dengan orang saleh, agar hatinya tenang, tidak hura- hura.

    Alhamdulillah, banyak dari mereka yang pernah mengeluh kepada kami,kini telah memiliki rumah walau harus mencicil dan barang berharga lain serta keluarga yang bahagia……
    Selamat mencari jodoh yang salehah!

    Reply to this comment
  17. Mochamad
    Mochamad June 24, 01:05

    ass wr wb,pak kiyai tolong saya,saat ini istriku kabur dari rumah,dan ini yang ketiga kalinya,dan istri saya orangnya keras kepala,sukar dinasehati ,saya minta tolong bapak gimana mengembalikan istri saya dengan wirid apa pak ,agar istri saya bisa pulang dan tidak keras kepala.

    Reply to this comment
  18. holilah
    holilah June 25, 17:49

    ass, saya sedang menghadapi cobaan yang sangat berat rumah yang saya tempati mau dilelang BTN karena ga sanggup bayar saya sudah berdoa tetapi sampai saat ini ga ada jalan keluarnya saya memohon Allah mengabulkan doa saya , saya sudah berusaha punya warnet tapi warnet saya selalu sepi ,saya mohon bantuan doa apa yang pantas saya panjatkan karna saya sudah menjalankan puasa sunah,sholat malam mohon jawabannya.

    Reply to this comment
  19. ibn khasbullah
    ibn khasbullah June 28, 11:16

    Mas Mochamad,

    kami ikut prihatin dengan apa yang anda alami. Tetaplah yakin akan karunia Allah. Ambillah air wudhu dengan sempurna, sholatlah dua rokaat, dan setelah itu bacalah do’a ini berulang- ulang:
    ” Innalladziina farodho alaikal qur’aana larooodduuka ilaa ma’aad”. Kemudian lakukanlah MUHASABAH/ instrospeksi diri: Apakah selama ini aku terlalu mendomonasi? apakah selama ini aku terlalu ingin mengatur dan menguasai? apakah selama ini aku terlalu keras dan nyinyir (maaf) dalam memberikan nasehat? apakah…..
    Insyaalloh kedepannya anda akan menemukan kehidupan yang lebih manis. amiin.

    Untuk Ibu/ Sdr Holilah.

    Saya khawatir anda juga mengalami Financial management problem sebagaimana dialami mas Sugih.
    Kalau anda dapat mengambil BTN, maka hampir dapat dipastikan anda kini sedang (pernah) bekerja, tapi setelah gaji dipotong- sana sini, menjadi tak cukup sehingga lupa/ tak bisa bayar angsuran BTN.
    Atau anda mungkin memiliki beberapa kartu kredit yang digunakan dengan tidak terukur? Kalau ya anda dapat menghubungi bank bersangkutan dan anda katakan anda tak mampu bayar dan minta di dep.

    Sudahkah anda mencoba berdagang makanan matang? Makanan matang untungnya 200%. Bila ada lebih tak terjual bisa dinikmati keluarga. Keluarga aya pernah mengalami keadaan dimana ayah saya mengalami kesulitan financial. Ibu segera turun tangan dan berdagang makanan matang. Hasilnya cukup untuk kebutuhan minimal sehari- hari keluarga sambil menunggu ayah bangkit dari keterpurukan. Ingat tatkala kolonel Sanders dari Kentucky, US mencoba untuk berdagang ayam goreng setelah dia pensiun dari dinas militer dan tetap harus menghidupi keluarga. Setelah 1009 kali gagal dan dihina dimana- mana tapi terus berjuang tak kenal lelah akhirnya dia meraih sukses, bahkan kini dagangannnya mendunia dengan merek KFC (Kentucky Fried Chicken)nya itu.

    Pepatah mengatakan:

    Berdo’a tanpa berusaha adalah bukti kemalasan
    Berikhtiyar tanpa berdo’a adalah bukti kesombongan
    Berikhtiyar disertai doa adalah pangkal keberhasilan.

    Reply to this comment
  20. devi
    devi July 04, 16:18

    ass.wr.wb
    pak kyai saya sekarang sangat seddiiih sekali.. karna ayah saya sekarang jadi berubah , ayah saya kasar sama saya dan adik saya .. karna mungkin ini beban ato masalah krisis ekonomi karna ekonomi keluarga saya kini menjadi turun.. p.kyai tolong apakah ada do’a yang paling manjur agar ayah saya bisa tabah dan sabar menjalani semua ini dan mengikhlaskannya ,,

    Reply to this comment
    • em.yazid
      em.yazid July 05, 19:32

      @devi,
      wa’alaikumussalam
      saya turut prihatin dengan cobaan yang sedang keluarga anda hadapi.
      sering kali masalah ekonomi menjadi beban berat dan sangat berpengaruh terhadap mental serta emosi seseorang,dia jadi mudah marah, sensitif banget,hal-hal yang tadinya sepele akan mudah membuatnya tersinggung.
      cobalah untuk menerima keadaan ayah anda,jangan melakukan sesuatu yang dapat menyinggung perasaan beliau.
      do’akan ayah anda sehabis shalat fardhu/sunnah, sebenarnya banyak do’a2 yang bisa dibaca,bacalah surah alfatihah dan shalawat Nabi diakhiri permohonan kepada Allah SWT, semoga ayah bisa sabar & ridho dengan keadaan yang sekarang dan tetap tegar, semangat merajut kembali cita2 demi keluarga tercinta.
      semoga ujian yang Allah berikan kepada keluarga anda segera berakhir dengan hikmah dan kemenangan bagi keluarga anda. amin

      Reply to this comment
  21. SENA
    SENA July 25, 22:00

    ass pa kyai ,sy sedang dalam masalah terbelit hutang,karena saya alhamdulillah buka pabrik,tp saya saat ini sedang dlm masalah jalan saya seakan2 tertutup,mgkn karena kesombongan sy,dosa2 saya selama ini .saat ini sy sangat ingin memohon ampun kepada ALLAH SWT.tolong kasih saran kepada saya doa atau apapun supaya ALLAH menolong saya .tq

    Reply to this comment
  22. ibn khasbullah
    ibn khasbullah July 26, 09:35

    Ada seninya “melihat peluang”, dan ada seninya “mengubah masalah menjadi kesempatan emas”.

    Seseorang kadang melihat peluang dihinggapi “Aji mumpung”. Mumpung ada kesempatan kredit “murah yang tak murah” dari Bank, langsung disamber tanpa pikir panjang. Maka dilakukanlah investasi yang seharusnya belum waktunya investasi. Maka terjadilah aliran “Hot Money” yang menyebabkan investor pusing tujuh keliling karena yang mereka hitung biasanya hanya nilai harga mesin tanpa menghitung MODAL KERJA. Padahal modal kerja itu nilainya bisa 3- 5 kali harga mesin. Coba pernahkah anda pikir saat tambah mesin, berapa modal yang diperlukan agar mesin itu jalan? Berapa modal bahan baku yang harus dipersiapkan digudang bahan? Berapa nilai barang jadi yang harus ngendon di gudang sebelum dikirim? Berapa lama barang itu dalam proses delivery? Berapa lama barang tersebut ditempat Customer sebelum dibayar? dll- dll. Kemudian seseorang yang akan melakukan investasi harus yakin dulu “market ” yang ada. Jangan MENAMBAH investasi sebelum yakin ada market. Jangan mencari market setelah punya mesin. Barang sudah jadi dan menumpuk, baru cari kesana kemari siapa yang mau membelinya. Karena itu jangan kaget kalau banyak sekali pengusaha yang GAGAL dan bangkrut justru setelah menambah investasinya, padahal sebelumnya mereka cukup maju.

    Baiklah, sekarang anda sudah punya pabrik, tapi terbelit hutang.
    Alhamdulillah anda sekarang telah melakukan muhasabah terhadap kemungkinan dosa- dosa yang pernah anda lakukan. Itu sangat baik. Itulah mungkin rahasia Allah untuk mengingatkan anda.

    Hutang- hutang yang membelit anda jadikanlah sebagai PEMACU agar anda berusaha lebih keras dari sebelumnya. Kurangi pengeluaran yang tak perlu, seperti kebiasaan jajan di warung, jalan- jalan ke mall atau bahkan kurangi langganan majalah surat kabar anda.

    Maaf saya agak berpanjang- panjang sedikit karena saya melihat beberapa teman mengalami hal yang sama dengan anda….

    Berdo’alah sebagaimana do’a yang diajarkan Rasululloh kepada Abu Dzar Al- Ghiffari. Kata Rasululloh:” Hai Abu Dzar, maukah kamu saya ajari kalimat yang bila kamu baca, akan hilanglah kesedihan kamu dan akan rontoklah hutang- hutang kamu? Abu Dzar menjawab: Tentu ya Rasul. Rasululloh bersabda:
    “Ucapkanlah: Allohumma inni a’uudzubika minal Hammi wal hazan, wa a’uudzubika minal ‘Ajzi wal Kasal, Wa a’uudzubika minal jubni wal bukhli.Wa a’uudzubika min gholabati dain wa qohrir rijaal” Hadist Shohih. = (Ya Alloh, aku berlindung kepada Mu dari Rasa sedih dan gundah, dan aku berlindung kepada Mu dari rasa tak berdaya dan malas, dan aku berlindung kepada Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan aku berlindung dari TERLILIT HUTANG dan pemaksaan kehendak seorang laki- laki).

    Reply to this comment
  23. widi
    widi August 07, 13:55

    saya saat ini sedang terlilit hutang yang jumlahnya 60 juta, adakah rekan2 yang dapat membantu doa u saya. semoga doa anda usaya akan berbalik kebaikn anda.

    Reply to this comment
    • merky
      merky May 03, 15:02

      shubhanallah…..
      saya juga lagi mengalami hal serupa,
      intinya tetap usaha bekerja keras,maksimalkan semua kemampuan kita,dan berdo’a slalu mohon diberi kemudahan2….

      Reply to this comment
  24. mr jay
    mr jay August 10, 16:13

    sobat saya juga sedang terlilit hutang ada ga ya bisa membantu, thanks ya sebelumnya dan salam aciton

    Reply to this comment
  25. davina
    davina September 14, 00:43

    Assw wrwb, Pak kyai yth, saat ini saya sedang ikhtiar dengan membuka toko yang menjual makanan (kue2 dan snack), saya mohon bantuan kiranya doa apa yang mustajab agar toko saya maju dan mendatangkan rezeki yang bermanfaat bagi saya dan keluarga, mengingat saya sdh 2 kali gagal, (waktu itu saya buka rumah makan, modalnya sdh habis2an tapi tdk balik sama sekali), beberapa teman pernah mengajak saya untuk mngunjungi “org pintar”,karena kalo usaha itu hrs`ada pegangan katanya tidak boleh kosong, Astaghfirullah…saya takut krn mengejar harta dunia saya kehilangan harta akhirat… naudzubillah… tp saya juga khawatir kalo usaha saya kali ini mengalami kegagalan… mohon bantuannya pak kyai… jazakillah khairan khatsira…

    Reply to this comment
    • admin@Tanbihun
      admin@Tanbihun Author September 14, 16:59

      Wa’alaikumussalam wr wb,
      amalkanlah shalat dhuha dan bacalah surah alwaqi’ah sehabis shalat isya’, kalau memungkinkan sehabis shalat 5 waktu maupun sunnah membaca ayat ” hasbunallah wa ni’mal wakil ” sebanyak 150/450 kali diteruskan dengan do’a ” ya ghoniyyu ya hamidu, ya mubdi’u ya mu’idu, ya rohiimu ya wadudu waghninii bi halalika ‘an haromika, wa bitho’atika ‘an maksiatika, wa bi fadhlika ‘an man siwaka.
      Pegangan orang mukmin adalah do’a, sebagaimana yang diajarkan rasul dan ulama shalafus shalih. kalau ada yang kurang paham bisa ditanyakan ke email : admin@tanbihun.com
      yang saya sebutkan ini hanya salah satu contoh do’a.

      Reply to this comment
      • davina
        davina September 15, 09:25

        Syukron ustadz, mohon doa nya juga agar usaha saya berjalan lancar dan manfaat, amin

        Reply to this comment
  26. ruspandi
    ruspandi September 17, 16:05

    jangan putus asa atas kegagalan,obat yg p