TANBIHUN ONLINE

Iman Menenangkan Hati Dan Menentramkan Jiwa

 Breaking News
  • Keistimewaan Senior Atas Yunior “Qod Yuujadu fil Mafdhuul Maa Laa Yuujadu Fil Faadhil” (Kadang ditemukan keistimewaan bagi yunior yang tidak ada bagi senior) Tanbihun.com- Kaidah ini yg digunakan menjawab ulama ketika ditanya: mengapa Isa...
  • Petunjuk Nabi saw Tentang Konflik Yaman (antara hijrah dan iqomah) Tanbihun.com- al iimaanu Yamaanun wal hikmatu Yamaniyyatun, Yaman adalah poros dan gambaran kuatnya iman dan hikmah.. Hingga Nabi saw pun menegaskannya Ditengah konflik perang “saudara seislam”, banyak ijtihad ulama dalam...
  • Kartini apa ‘Aisyah? Tanbihun.com- Jika Kartini dianggap mendobrak kejumudan berpikir wanita, Aisyah yg jauh-jauh hari melawan mainstream Jahiliah yang mendiskreditkan wanita. sampai beliau mengatakan: وقالت عائشة نعم النساء نساء الأنصار لم يمنعهن الحياء...
  • Pengajian Bab Nikah ...
  • Video: Rebana Sifate Murid ...
October 01
08:45 2011

Tanbihun- Manusia kadang takut dan cemas karena berbagai sebab. Masalah rizki kadang mendorong orang untuk berbuat kelewat batas. Menipu, korupsi, mencopet, merampok, membunuh dan sebagainya. Masalah itu mendorong orang tua memfokuskan pendidikan anak-anaknya pada bidang-bidang yang kelak memberikan income sebanyak-banyaknya tanpa diimbangi pendidikan dan pengetahuan agamanya.

Orang beriman yakin bahwa rizki ada pada Alloh yang maha kaya. Maka ia tidak terpukau untuk memusatkan segala aktifitasnya untuk rizki. Bertebaran ayat-ayat Al-Qur’an yang menegaskan jaminan rizkinya. Diantaranya firman Alloh :

“Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu. Maka demi Tuhan langit dan bumi, sesungguhnya apa yang dijanjikan itu adalah benar-benar (akan terjadi) seperti perkataan yang kamu ucapkan.”(QS Adz-Dzariyat [51]:22-23)

Berkata Imam Al-Basri: “Allah melaknat  orang yang tidak percaya bahwa Alloh telah bersumpah menjamin rizki mereka.”

Berkata Ues Al-Qarni ra. “Andaikata engkau beribadah kepada Alloh sebanyak ibadahnya penghuni langit dan bumi, tidak akan diterima ibadahmu sebelum engkau percaya kepada Allah akan jaminan-Nya.”

Berkata Imam Al-Ghazali: “Kami dapat berita bahwa ada seorang Nabbas (pencuri kain kafan di kuburan) tobat didepan imam Abu Yazid Al-Bustomi ra. Maka Abu Yazid berkata:“‘Syukur engkau taubat, tapi apa sebab maka engkau bertaubat?’ Berkata orang itu: “Kurang lebih aku sudah menggali 1000 kuburan. Semua mukanya berpaling dari kiblat, hanya ada dua mayit yang tetap menghadap kiblat.” Maka berkata Imam Yazid: “Kasihan mereka, karena ragu-ragu tentang rizki sehingga memalingkan muka mereka daripada kiblat”.(zid)

Tags
Share

Artikel Terkait

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Latest Comments

Maaf, link downloadnya koq kosong. keterangannya file deleted.. . ...